Subaru WRX Gen 5 Dirilis, Lebih Bertenaga dan Canggih

11/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Subaru akhirnya merilis generasi kelima dari sedan Subaru WRX dengan membawa platform dan mesin baru yang lebih bertenaga serta tambahan trim GT yang baru.

Akhirnya sedan legendaris Subaru resmi dirilis. Subaru WRX generasi kelima debut dengan tampilan baru di dalam dan di luar dengan platform dan mesin baru. Desainnnya memang tak berubah secara signifikan, namun Subaru membuat beberapa perubahan untuk meningkatkan performa berkendara dan perkenalan trim GT sebagai varian tertinggi

Dengan platform baru

Beberapa media menyebutkan ubahan desainnya termasuk evolusioner. Lampu depan LED baru menghadirkan grille heksagonal khas Subaru yang dibuat lebih besar dari versi sebelumnya. Tampilan gaya dibuat sleek berbalut aksen berwarna hitam di sisi bawah hingga ke belakang, termasuk lampu belakang baru yang dibuat lebih stylish.

Subaru WRX 5th gen terbaru berwarna cokelat
Generasi baru mempertahankan gaya lama WRX

Peningkatan lainnya termasuk penggunaan material aluminium untuk spatbor depan guna memangkas bobot kendaraan 2.2 kg. Mobil ini juga dilengkapi dengan opsi velg 17 inci dan 18 inci. Sedang Subaru WRX GT menawarkan velg matte grey 18 inci eksklusif dengan ban performa 245/40 R18.

>>> Kakek 80 Tahun Ngebut Hingga 180 Km/Jam Naik Subaru Impreza Gen 1

interior Subaru WRX generasi kelima berwarna hitam
Head unit 11,6 inci di dalam menjadi pusat teknologi Subaru WRX

Di dalamnya, terjadi perubahan cukup signifikan namun tetap memberikan rasa khas WRX yang lama. Subaru masih mempertahankan kontrol fisik pada head unit yang sudah dibekali layar sentuh Starlink bergaya portrait berukuran 11,6 inci. Roda kemudi flat bottom dan pedal aluminium membawa kesan sport WRX ke ruang kabin.

>>> Versi Produksi Subaru Solterra EV Terungkap, Bakal ke Indonesia?

Fitur lebih canggih

Tenaganya berasal dari mesin boxer 4-silinder berkapasitas 2.4 liter turbocharged yang mampu menghasilkan 271 hp dan torsi 350 Nm. Besaran yang 3 hp lebih kecil dibandingkan versi 2.0 liter yang dipasarkan sejak tahun lalu maupun 300 hp yang diprediksi oleh media.

Subaru mengatakan bahwa struktur bodi baru memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah dibandingkan edisi sebelumnya. Memberikan kekakuan torsi 28% lebih banyak dan memiliki titik pemasangan suspensi 75% lebih kaku dibandingkan generasi keempat. Ditambah sistem kemudi elektrik twin-pinion baru yang diklaim menawarkan nuansa mengemudi yang lebih natural.

Subaru WRX terbaru sedang berkendara di jalan
Platform dan fitur baru dipercaya menawarkan rasa berkendara yang lebih natural

Ada Subaru Symmetrical All-Wheel Drive dengan fitur Active Torque Vectoring. Transmisi dua pedal diklaim bergerak 30% lebih pada perpindahan gigi atas dan 50% pada gigi turun. Dan untuk WRX GT, ada peredam adaptif yang dikontrol secara elektronik, pertama kali digunakan pada WRX.

Sayangnya masih belum ada kejelasan mengenai harga Subaru WRX generasi terbaru ini. Sekadar gambaran, model 2021 dibanderol sekitar $ 27.000 di Amerika (sekitar Rp 384 jutaan). Dengan persiapan kembalinya Subaru ke Indonesia semakin dekat, tak menutup kemungkinan mereka akan membawa edisi terbaru ini ke Indonesia tahun depan.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top