Sebelum Meluncur, Mobil China Chery Bakal Cicipi Jalanan Indonesia

13/10/2021

Mobil baru

3 menit

Mobil China Chery baru saja rampung melakoni ragam uji coba. Sebelum masuk ke Indonesia, Chery juga bakal cicipi jalanan di Tanah Air sejauh 100.000 km.

Tak bisa dipungkiri, mobil China masih suka dipandang sebelah mata. Apalagi kalau bicara soal kualitas. Tidak sedikit yang menyangsikan apakah mobil China bisa tahan lama. Ya, kualitas tentu menjadi pertimbangan penting sebelum seseorang menentukan pilihan akan mobil yang dibelinya. Bagi para produsen, membuktikan bahwa mobil yang dimiliki memiliki kualitas tinggi penting agar bisa menarik hati konsumen.

Untuk itu, salah satu produsen mobil China Chery mempunyai standar pengujian tersendiri guna memastikan kondisinya kuat dan tahan lama. Mobil China Chery yang disebut bakal masuk Indonesia ini juga siap mencicipi jalanan Tanah Air.  Demi memberikan jaminan akan performa produk Chery bagi konsumen Indonesia, Chery juga akan melakukan uji jarak tempuh bagi seri Tiggo di Indonesia, dengan target jarak tempuh mencapai lebih dari 100.000 kilometer. 

Perlu diketahui, sebelum menguji mobilnya di Indonesia seri Tiggo yang terdiri Tiggo 8 Pro, Tiggo 7 Pro, Tiggo 4 Pro dan Tiggo 2 Pro, telah melalui uji ketahanan di berbagai medan ekstrem di seluruh penjuru dunia. Mobil Chery tidak hanya lulus uji coba di jalanan pengunungan, tapi juga telah lolos uji coba di dataran tinggi, gurun pasir, tanah rawa, jalan tanpa aspal dan medan kompleks lainnya.

mobil China Chery

Mobil China Chery sudah lakoni ragam pengujian untuk membuktikan kualitasnya 

>>> Inikah Mobil Listrik Chery yang Bakal Dijual di Indonesia?

Mobil China Chery Uji Coba di Suhu Ekstrem

Uji ketahanan suhu tinggi dilakukan untuk menguji fungsi operasional mobil di lingkungan dengan suhu tinggi. Temperatur suhu yang berbeda membawa dampak yang berbeda pada bagian mobil seperti suku cadang non-metal, bagian eksterior yang berlapis kromium dan berbagai bagian mobil lainnya. Maka dari itu, diperlukan lingkungan dengan suhu tinggi yang ekstrem untuk menjalankan uji ketahanan mobil terhadap suhu tinggi. 

Sebagai kota yang berlokasi di tengah padang gurun Arab Saudi, di mana pada musim panas suhunya bisa mencapai 55 derajat Celsius, Riyadh merupakan lokasi yang sangat sesuai untuk menjalankan uji ketahanan mobil terhadap suhu tinggi. Dalam rangka menyesuaikan performa mobil Chery dengan situasi jalanan lokal dan juga memeriksa performa mobil Chery ketika dipadankan dengan bensin yang diproduksi di daerah bersuhu tinggi, Chery secara khusus menggunakan bensin hasil produksi Arab Saudi dengan level oktan 91.
 
Melalui uji coba, komponen elektrik dari mobil China Chery mampu bertahan menghadapi lingkungan dengan suhu di atas 55 derajat Celcius. Setelah terpapar selama empat jam di lingkungan yang suhunya hampir mendekati titik didih, dengan teknologi pengelolaan suhu yang baik, mobil Chery terbukti mampu untuk beradaptasi dengan suhu lingkungan yang ekstrem.

mobil China Chery

Chery 'siksa' mobilnya melintasi gurun pasir

 

>>> Chery Indonesia Siap Hadirkan SUV Canggih Dan Irit BBM

Dipacu Melintas di Segala Medan Jalan

Dataran Tinggi Tibet merupakan dataran tinggi tertinggi di dunia. Maka dari itu, Golmud yang terletak di Provinsi Qinghai (Cina) dipilih sebagai lokasi uji coba peforma mobil di dataran tinggi. Daerah ini merupakan dataran tinggi dengan pegunungan yang berselimutkan salju, Gurun Gobi, lahan rawa dan berbagai lingkungan ekstrem lainnya. Selain itu karena tingginya permukaan tanah, mobil yang melaju di daerah ini seringkali mengalami sindrom “penyakit ketinggian”.
 
Dalam uji coba dataran tinggi ini, setiap harinya mobil Chery melaju sejauh ratusan kilometer sepanjang dataran tinggi dengan ketinggian 4.500 meter. Mobil Chery berhasil memberikan performa yang memuaskan di tanjakan tajam yang menukik sejauh 20 derajat di Pegunungan Kunlun yang terletak 4.700 meter di atas permukaan laut. 

Uji coba dataran tinggi ini dilakukan di jalanan menanjak dan juga jalanan menurun yang curam, dengan beban penuh dan berbagai kondisi lainnya. Hasilnya, performa mobil Chery di dataran tinggi terbukti tidak berbeda dengan performa di dataran rendah. Berdasarkan hasil uji coba ini, Chery memberikan jaminan bahwa penumpang tidak akan merasakan perbedaan yang besar saat melaju di dataran tinggi ataupun di dataran rendah.

Chery selalu mengusung kualitas sebagai dasar dari keberlangsungan bisnisnya. Tanpa kualitas, Chery tidak akan bisa bertahan dalam industri mobil. Maka dari itu, sebelum memasuki pasar internasional, Chery selalu berupaya untuk menyesuaikan mobilnya dengan iklim, suhu, keadaan lalu lintas dan juga kebutuhan individual dari setiap daerah. 

mobil China Chery

Sebelum meluncur, Chery juga bakal cicipi jalanan Indonesia

Mobil China Chery juga telah melalui serangkaian tes dan uji coba yang ketat. Selain telah lolos uji ketahanan suhu tinggi di Timur Tengah, mobil Chery juga sudah lolos uji ketahanan suhu rendah di Rusia dan juga uji ketahanan di medan ekstrem seperti dataran tinggi Amerika Selatan. 

Bagi Anda yang penasaran untuk membuktikan kualitasnya langsung, harap sedikit bersabar. Mobil SUV seri Tiggo (Tiggo 8 Pro, Tiggo 7 Pro, Tiggo 4 Pro) yang sudah melakoni uji kualitas itu rencananya bakal diluncurkan di Indonesia dan memang dirancang khusus untuk masyarakat di Tanah Air. 

>>> 5 Produk Chery Ini Siap Lawan Toyota Raize Hingga Mobil Hybrid Toyota

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top