Sebar Teaser Sedan Listrik i4, BMW Sentil Tesla

26/01/2021

Mobil baru

4 menit

BMW mulai menebar ancaman di segmen sedan listrik performa tinggi, dalam teaser terbaru i4, brand Bavaria itu menyentil Tesla yang dinilai cuma mengandalkan akselerasi semata.

Pertama kali debut di Live Streaming pengganti Geneva Motor Show 2020 yang batal karena Covid-19, BMW mengonfirmasi sedan listrik i4 akan meluncur tak lama lagi.

Prototype BMW i4 yang akan launching sebagai model tahun 2022

BMW i4 akan launching akhir tahun ini sebagai model tahun 2022

Hal ini diyakini juga oleh teaser BMW i4 terbaru, di mana sedan dengan model Gran Coupe itu kembali diupload saat melakukan tes dinamis, yang sekaligus membeberkan beberapa detail tambahan terkait sasis.

>>> Penasaran bagaimana tampilan i4 versi produksi? Temukan jawabannya di sini

Janjikan pengendalian khas BMW

Seperti kita ketahui, dari teaser BMW i4 sebelumnya telah diumumkan beberapa spesifikasi kunci. Contohnya, i4 akan hadir dengan tenaga 522 HP, lebih dari M3 dan M4 Competition, dan bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4 detik.

Untuk jarak tempuh, BMW mengklaim i4 dapat melaju sejauh 600 km untuk satu kali pengisian dalam tes berstandar WLTP. Hal ini terbantu oleh baterai lithium-ion berkapasitas 80 kWh dengan bobot sekitar 550 kg.

Prototype mobil listrik BMW i4 saat melakukan drifiting

BMW akan membuat sebuah mobil listrik yang enak untuk dikendarai

Meski akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4 detik itu terhitung cepat, namun itu tidak sebaik sedan listrik lainnya, sebagai contoh Tesla Model S dapat berlari dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,8 detik dalam varian Long Rang Plus, dan naik jadi hanya 2,5 detik dengan trim performance.

Namun demikian, BMW akan mempertahankan reputasi sebagai “Ultimate Driving Machine” pada sedan listriknya, dan secara tidak langsung menyentil Tesla dengan mengatakan akselerasi yang eksplosif saja tak cukup untuk sebuah BMW.

>>> Harga Mobil BMW dan MINI di Malaysia Didiskon, Indonesia?

Spesifikasi kaki-kaki BMW i4

Untuk menghandle tenaga dan bobot mobil yang sangat tinggi dan memastikan ciri khas BMW menempel di sebuah sedan listrik, BMW i4 dipasangkan damper yang menahan hentakan mobil saat akselerasi, dan juga traction control yang juga dipakai di i3, 1 Series dan 2 Series Gran Coupe.

Wheelbase yang panjang, tapak roda lebar, ukuran roda yang besar, rigiditas tinggi, titik gravitasi yang rendah, dan distribusi bobot mobil yang seimbang meningkatkan kelincahan mobil saat menikung dan juga lebih presisi.

Integrasi powertrain dan suspensi BMW i4 diklaim menghasilkan kontak ke jalanan yang lebih optimal, serta menghasilkan pengemudian yang lebih halus bahkan di kecepatan tinggi.

Dua buah prototype BMW i4

BMW juga tengah menyiapkan i4 M yang lebih kencang

Dan dari prototype yang nongol di teaser BMW i4 terbaru, terlihat modelnya masih sama seperti spyshot sebelumnya, dengan tampilan depan dan belaakng mobil sama seperti 4 Series, tentu termasuk kidney gril berukuran besar itu.

Dan selain jenis body, perbedaan antara i4 dengan 4 Series adalah gagang pintu model flush, yang juga diadopsi oleh 4 Series Gran Coupe. Dan menurut rumor yang berkembang, dikatakan BMW akan menghadirkan i4 M.

Nantinya, mobil yang digadang-gadang sebagai EV pertama dari BMW M itu hadir dengan motor listrik paling bertenaga. Dan dibedakan dengan velg 20 inci yang lebih lebar, selain itu juga akan memakai rem M Sport seperti M440i, bukan seperti M4.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda simak di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top