Sambut Masa Depan, Mercedes-Benz Luncurkan 4 Mobil Listrik Baru

06/09/2021

Mobil baru

6 menit

Share this post:
Mercedes-Benz menampilkan kesiapannya untuk menghadapi era mobilitas baru dengan meluncurkan 4 mobil listrik di ajang IAA Mobility 2021 di Munich, Jerman.

Pabrikan berlambang three-pointed star ini tampak serius untuk menjadi yang terdepan di era mobilitas baru. Mereka memperkenalkan 4 mobil listrik baru yang mewakili tiap elemen dari Mercedes-Benz.

Mercedes sudah mulai memproduksi EQS, sedan flagship di jajaran mobil listrik mereka yang berbasis S-Class. mitra listrik untuk S-Class. Di IAA Mobility 2021, Mercedes memamerkan gerakan besar mereka untuk mejadi produsen mobil listrik secara penuh di akhir dekade ini.

Gambar Mercedes-Benz IAA Mobility 2021

Booth Mercedes-Benz di ajang IAA Mobility 2021

Mari kita lihat ketiga mobil listrik baru yang diperkenalkan oleh pabrikan asal Stuttgart, Jerman yang akan menghiasi jajaran produk mereka dalam waktu dekat.

>>> Mengenang Lahirnya Mercedes AMG yang Bermula dari Trek Balap

1. Mercedes-Benz EQE350

EQE adalah jawaban dari Mercedes-Benz bagi para konsumen yang menginginkan EQS namun tak mampu membelinya. Sedan ini dibekali dengan motor listrik tunggal yang akan menghasilkan 288 HP dengan torsi 531 Nm.

Gambar Mercedes-Benz EQE

EQE350 dengan desain one bow khas jajaran produk EQ

Dengan baterai 90 kWh, EQE dapat menempuh jarak hingga 660 kilometer, dan dapat menambah jarak 250 kilometer dalam waktu 15 menit pengisian cepat.

Mercedes-Benz EQE banyak meminjam fitur unggulan sang kakak, EQS. Seperti sistem driver assistance yang canggih, pintu depan yang terbuka secara otomatis, dan sistem infotainment multi-layar MBUX Hyperscreen yang tersedia sebagai opsi.

Tak hanya itu, Mercedes-Benz juga mengembangkan teknologi baru pada EQE yang memungkinkan penumpangnya untuk menonton film dari layar Hyperscreen saat bepergian.

>>> Mercedes C-Class All-Terrain, Wagon Berkemampuan Off-road

Meskipun bodinya sedikit lebih kecil, mobil ini memiliki interior yang tak kalah lapang dengan sang kakak. Dibanding E-Class hari ini, EQE memiliki ruang bahu kursi depan 27mm lebih banyak, posisi duduk 65 mm lebih tinggi, dan panjang kabin keseluruhan 80mm lebih besar.

Gambar Interior Mercedes EQE

Tampilan interior mobil listrik baru EQE dengan MBUX Hyperscreen

Menurut Ola Källenius, Ketua dewan Manajemen Daimler AG, mobil ini akan membuka pangsa pasar mobil listrik Mercedes-Benz menjadi lebih luas. Saat ini saja, ia menyebut 1 dari 10 konsumen sudah memilih varian EV (Electric Vehicle) saat membeli Mercedes baru.

EQE adalah mobil EQ keempat yang akan diluncurkan tahun ini, dan akan segera diikuti oleh versi SUV dari EQS dan EQE, Produksi akan dilakukan di Bremen untuk pasar dunia dan Beijing untuk pasar Cina. Peluncuran global mobil ini akan dilakukan secara bertahap pada pertengahan 2022.

>>> Deretan Mobil Listrik Baru Siap Debut di IAA Mobility 2021 Munich

2. Mercedes-AMG EQS 53 4MATIC+

Mercedes-AMG EQS 53 4MATIC+ adalah mobil dengan nomenklatur AMG pertama dengan motor listrik dan baterai yang didasari oleh arsitektur EQ. Dibuat di Affalterbach, mobil ini merupakan perwujudan kendaraan tanpa emisi yang tetap memiliki tenaga dan kemewahan.

Gambar Mercedes-AMG EQS

Versi AMG dari EQS dengan tenaga mencapai 761 HP dan torsi 1020 Nm

Untuk meningkatkan pengalaman berkendara yang sporty, EQS 53 dibekali dengan piranti khusus di dalam dan di luar mobil dengan sistem audio yang mengeluarkan suara menderu saat dikendarai. Hal tersebut memberikan rasa AMG yang otentik kepada orang-orang di dalam dan di luar mobil.

Mercedes-AMG EQS 53 memiliki dua motor listrik AMG yang menawarkan tenaga 658 HP. Namun, saat menyalakan mode "race start", mobil ini dapat menghasilkan tenaga hingga 761 HP dengan torsi 1020 Nm.

>>> Mercedes-AMG GT 4 Pintu Terbaru Usung Mesin Hybrid Bertenaga 831 HP

Dengan tenaga tersebut, mobil listrik baru Mercy ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,4 detik dengan kecepatan tertinggi mencapai 250 km/jam.

Sistem pengereman regenerasi pada mobil ini dapat mengirimkan energi yang terbuang kembali ke baterai berkapasitas 108 kWh. Mercedes-AMG EQS 53 dapat menempuh jarak hingga 580 kilometer dalam sekali pengisian daya.

Gambar Interior Mercedes-AMG EQS

Tampilan interior mobil listrik baru Mercy ini lebih sporty dibanding EQS biasa

Mobil ini sedang diproduksi di "Factory 56" yang netral karbon di komplek pabrik Mercedes-Benz yang berada di Sindelfinge. Mercedes berencana untuk meluncurkan sedan listrik performa tinggi ini ke pasar pada akhir tahun 2021.

>>> Audi Grandsphere Concept, Mobil Listrik Baru bergaya Grand Tourer

3. Mercedes Concept EQG

Seperti yang telah kami tulis sebelumnya, Mercedes-Benz juga memperkenalkan konsep G-Class versi listrik bertajuk EQG. Meski dibekali dengan teknologi masa depan dan kemewahan progresif dari model EQ, mobil ini tampil dengan karakter kuat dari Gelandewagen.

Gambar Mercedes-Benz EQG

'Dinosaurus' pun harus mengikuti perkembangan zaman dengan bertransformasi menjadi mobil listrik

Mercedes-Benz belum memberikan banyak detail mengenai G-Class listrik ini, namun yang kami tahu mobil ini akan dibekali dengan empat motor listrik (AWD) dengan tenaga besar yang dapat dikontrol secara individual. Mobil ini juga dirumorkan memiliki girboks dua kecepatan untuk berkendara di aspal dan medan off-road.

>>> Mercedes-Benz Perkenalkan Mobil listrik baru G-Class di Munich

Mercedes akan menguji ketangguhan mobil ini di medan off-road pada jalur uji Mercedes-Benz di gunung Schöckl setinggi 1.445 meter di Graz pada akhir pengembangannya sebelum diluncurkan dalam versi produksi.

Kami sangat penasaran dengan jangkauan dari mobil yang jauh dari kata aerodinamis seperti mobil listrik pada umumnya. Namun, salah satu sumber dari Mercedes menyebut bahwa EQG akan memiliki jangkauan di kisaran 500 kilometer.

Gambar Mercedes-Benz EQG Off-Road

Mercedes akan melakukan pengetesan berkendara di medan off-road dalam waktu dekat

4. Mercedes Maybach Concept

SUV konsep ini akan menjadi Maybach listrik pertama dalam sejarah panjang merek yang sebenarnya cukup tradisional. Maybach EQS memiliki fitur klasik dari model old school mereka seperti cat two-tone yang dikombinasikan dengan teknologi penggerak progresif dari jajaran EQ.

Gambar Mercedes Maybach EQS

Tampil hiper futuristik dengan grille besar dan desain velg yang radikal

Membawa nama Maybach, tentu mobil ini memiliki kemewahan yang luar biasa. Mobil ini dibekali dengan interior berwarna putih dengan desain mewah yang menjadi ciri khas dari merek premium Mercedes-Benz ini.

Maybach EQS dibuat untuk menjadi kendaraan yang nyaman untuk bekerja atau beristirahat dalam mobilitas sehari-hari, terutama jika Anda memilih opsi "executive seats" dan "chauffeur package".

Gambar Interior Maybach

Interior mewah dengan nuansa putih khas Maybach

SUV ini akan dipasarkan pada tahun 2023, namun mereka akan meluncurkan Mercedes-Benz EQS SUV yang akan menjadi platform mobil ini terlebih dahulu.

Britta Seeger, Marketing dan Sales dari Daimler AG menyebutkan bahwa Maybach S-Class dan GLS mengalami kenaikan penjualan sebanyak 17% selama tahun 2021. Sehingga, kami tak ragu bahwa para konglomerat yang ingin beralih ke mobil listrik akan mengantre untuk membeli Maybach EQS.

>>> Harga mobil Mercedes-Benz terbaru dan promo menarik ada di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top