Sama-sama K15B, Ini Beda Mesin Jimny Sierra dan All New Ertiga

30/08/2018

Mobil baru
Share this post:
Sama-sama K15B, Ini Beda Mesin Jimny Sierra dan All New Ertiga
Jimny Sierra diketahui menggunakan mesin yang sama digunakan Suzuki All New Ertiga, K15B. Lalu apa bedanya mesin kedua mobil tersebut?

Foto All New Ertiga tampak dari samping depan

Suzuki All New meluncur di IIMS 2018 dibekali mesin terbaru K15B

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan All New Ertiga di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) akhir April 2018 lalu. Dua bulan setelahnya, Suzuki Motor Corporation meluncurkan generasi terbaru model legendaris Jimny Sierra untuk pasar Jepang.

Yang menarik, Jimny Sierra dibekali mesin 1.500 cc dengan kode K15B. Mesin yang sama persis digunakan pada All New Ertiga di Indonesia.

Pertanyaannya, adakah perbedaan antara mesin keduanya?

>>> Ada All New Ertiga, Penjualan Suzuki di Indonesia Naik Tajam

Tampang Suzuki Jimny Sierra dari depan sangat gagah

Suzuki Jimny Sierra diluncurkan Juli 2018 untuk pasar Jepang

Menanggapi pertanyaan ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan kalau perbedaan keduanya hanya terletak pada 2 hal. Pertama standar emisi dan kedua lokasi perakitan.

Mesin K15B Jimny Sierra sudah menerapkan standar emisi Euro 6 yang berlaku di Jepang. Sementara mesin K15B All New Ertiga baru berstandar emisi 4.

Adapun untuk lokasi perakitan dilakukan di negara masing-masing. Jimny Sierra dirakit di Jepang, sedangkan All New Ertiga di rakit di pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

"Jadi secara keseluruhan benar-benar sama, kecuali soal Euro. Kalau yang Ertiga Euro IV, sedangkan Jimny Siera karena diproduksi di Jepang sudah Euro VI," tutur Head of 4W Product Development & Accessories PT SIS, Yulius Purwanto beberapa waktu lalu di BSD, Tangerang.

"Selama itu seri mesinnya masih sama, maka semuanya akan sama karena punya blue print yang sama dan diawasi oleh quality control yang sama, jadi secara keseluruhan sama saja," tambahnya.

Bisa disimpulkan dengan merasakan performa mesin All New Ertiga bisa dibayangkan juga bagaimana performa Jimny Sierra yang dijual di Jepang.

>>> Mau beli mobil Suzuki? Cek di sini untuk informasi lengkapnya!

Gambar Mesin K15B

Mesin K15B yang dipakai Jimny Sierra dan All New Ertiga

>>> Berita terbaru dari dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.