Resmi! Daihatsu Rocky Versi Malaysia Gunakan Mesin Turbo

22/01/2020

Mobil baru

3 menit

Resmi! Daihatsu Rocky Versi Malaysia Gunakan Mesin Turbo
Daihatsu Rocky versi Malaysia dilaporkan akan gunakan mesin 1.000 cc turbo. Mesin yang kecil ini dipilih untuk mendapatkan skema hitungan pajak yang rendah.

Daihatsu Rocky akhir tahun lalu unjuk gigi di ajang Tokyo Motor Show 2019. Meski baru dijual untuk pasar Jepang, SUV ini diminati banyak penggemar otomotif. Berbeda dengan Indonesia, Malaysia lebih dulu hadirkan Rocky.

>>> Kembaran Daihatsu Rocky, Perodua D55L Akan Masuk Malaysia

Gambar menunjukan Daihatsu Rocky 2019

Tampilan dari Daihatsu Rocky 2019 

Perodua pemegang APM Daihatsu di Malaysia berencana meluncurkan kembaran Rocky dengan nama Perodua D55L yang rencananya menurut Malaysia Industrial Development Finance (MIDF) akan diluncurkan pada semester kedua tahun ini. Perodua D55L dikabarkan akan menggunakan basis yang sama dengan Rocky untuk pasar Jepang, sebab Perodua hanya melakukan rebadge untuk SUV mungil yang satu ini.

Jadi bisa dipastikan Perodua D55L akan menggunakan mesin yang sama dengan versi Jepang. Mesin tiga silinder 1KR-VET 1.0 liter turbocharged dikombinasikan dengan CVT. Sementara itu tenaga yang dihasilkan mengeluarkan daya 98 Ps atau sekitar 96,5 Hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak 140 Nm pada putaran mesin 2.400 rpm hingga 4.000 rpm.

>>> Review Daihatsu Rocky 2019: Reinkarnasi Daihatsu Taft Rocky?

Gambar menunjukan Mesin 1KR-VET

Mesin 1KR-VET andalan Rocky 

Dilansir dari Paultan, dalam salah satu slide persentasi kinerja penjualannya Perodua sepanjang 2019, Perodua mengungkapkan juga rencana untuk hadirkan model yang didasarkan pada Daihatsu New Global Architecture (DNGA), yang saat ini diketahui digunakan juga untuk Rocky. Sebuah model yang telah secara luas dikaitkan sebagai basis untuk Perodua D55L yang masuk sebagai segmen B yang akan datang sebagai SUV kompak.

"Model kami berikutnya akan menggunakan platform DNGA," kata CEO Perodua Datuk Zainal Abidin dalam kinerja penjualannya Perodua sepanjang 2019, Selasa (21/1/2020). 

Perodua menyatakan penggunaan mesin turbocharged 1,0 liter menguntungkan agar mendapatkan skema hitungan pajak yang rendah, yang menjadi pertanda baik untuk keterjangkauan untuk berbagai lapisan masyarakat. Selain itu, mesin turbo dapat memberikan output daya yang sama dengan mesin N/A dengan kapasitas yang lebih besar, dan ukurannya yang lebih kompak berkontribusi pada efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan emisi yang lebih rendah.

Menurut The Edge Markets, nantinya Perodua D55L diprediksi akan dibandrol mencapai RM72.900 hingga RM77.900 atau setara dengan Rp246 hingga 266 juta.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top