Red Bull Racing Ungkap Sosok Mobil F1 RB16B, Perkenalkan Sergio Perez

25/02/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Red Bull Racing Ungkap Sosok Mobil F1 RB16B, Perkenalkan Sergio Perez
Tak bisa mengimbangi Mercedes sepanjang 2020, Red Bull Racing melakukan perombakan besar di F1 musim 2021. Mulai dari RB16B yang merupakan evolusi mobil sebelumnya, dan perekrutan Sergio Perez.

Secara posisi di klasemen, pencapaian Red Bull Racing di musim 2020 tak bisa dikatakan buruk. Mereka menempati posisi kedua klasemen, hanya kalah dari Mercedes yang teramat dominan.

Namun jika melihat torehan poin, Red Bull hanya mencatatkan 319 poin, terpaut 254 poin dari puncak klasemen. Keseimbangan mobil yang tak ideal jadi kendala utama, di mana tim hanya mencatatkan dua kemenangan lewat Max Verstappen di Silverstone dan Abu Dhabi.

>>> Verstappen Nyaris Catat Grand Slam F1 Pertamanya di GP Abu Dhabi

Penyempurnaan mobil tahun lalu, mesin baru Honda

Berangkat dari situ, Red Bull memperkenalkan RB16B, yang merupakan evolusi dari RB16 yang dipakai tahun 2020. Menurut Team Principal Christian Horner, RB16B memakai sekitar 60% komponen mobil musim lalu.

Ubahan yang tidak ideal jika melihat tahun-tahun sebelumnya, namun dengan pembekuan pengembangan (development freeze) yang diterapkan untuk desain mobil 2021, Red Bull tak punya opsi selain menyempurnakan RB16.

Sisi samping Red Bull RB16B

Musim 2021 akan jadi tahun terakhir kebersamaan Honda dengan Red Bull

Bisa dibilang, Red Bull RB16B mengeliminir kelemahan mobil disisi balance yang tidak optimal, dan ditargetkan untuk lebih konsisten di berbagai jenis trek yang ada dalam kalender F1 musim 2021.

Selain itu, RB16B juga akan dibekali Power Unit hybrid spesifikasi terbaru dari Honda, yang akan menjalani musim terakhirnya sebagai pemasok mesin untuk Red Bull dan AlphaTauri.

“Saya tidak akan mengatakan masalahnya hanya di aerodinamika saja, semua hal berjalan secara bersamaan,” Team Principal Red Bull Racing, Christian Horner, menjelaskan kesulitan sepanjang tahun 2020.

“Tapi saya merasa kami melakukan progress baik sepanjang 2020, dan kami melihat apakah RB16B menjawab tantangan perubahan regulasi. Namun, jelas kondisinya sama untuk semua tim.

“Semoga, dengan banyak pelajaran berharga yang kami dapatkan tahun lalu, kami dapat mengaplikasikannya ke mobil yang telah diupdate [untuk tahun 2021].”

>>> Red Bull Tetap Pakai Power Unit Honda Sampai 2025

Sandingkan Verstappen dengan Perez

Untuk musim 2021 ini, Red Bull Racing memiliki line-up baru, di mana Sergio Perez diplot sebagai rekan satu tim baru Verstappen, dengan Albon diturunkan menjadi pembalap cadangan dan test sampai akhir musim.

Pembalap baru Red Bull, Sergio Perez

Red Bull merekrut Perez sebagai rekan satu tim baru Verstappen

Dengan bergabungnya Perez setelah musim yang impresif bersama Racing Point, Red Bull memiliki duet pembalap yang cukup kuat untuk menggangu dominasi Mercedes, dan berusaha memboyong titel pertama ke Milton Kenyes sejak 2013.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top