Ramaikan Segmen SUV Kompak, Renault Pamer Versi Produksi Kiger 2021

30/01/2021

Mobil baru

6 menit

Renault membuka tahun 2021 dengan memperkenalkan versi produksi SUV kompak Kiger di India. Mobil ini juga dikonfirmasi akan mengaspal di Indonesia, kira-kira berapa ya harganya?

Setelah mobil konsepnya diperkenalkan tahun lalu, Renault memperkenalkan versi produksi SUV kompak Kiger di India. Dan menjadi line-up terbaru dari Renault di pasar India setelah memperkenalkan Triber pada tahun 2019 lalu.

Versi konsep Renault Kiger

Tampilan versi konsep yang dipamerkan akhir tahun lalu

Dibangun di atas platform CMF-A+ racikan Renault dan Nissan, Renault Kiger merupakan kembaran dari Nissan Magnite yang belum lama launching di Indonesia.

>>> Renault 5 Prototype, Saat Hatchback Legendaris Dibuat Versi EV

SUV Mungil Kaya Fitur

Saat konsep Renault Kiger diperkenalkan akhir tahun lalu, Renault mengatakan bahwa 80% dari elemen desain konsep akan diaplikasikan ke versi produksi, dan itu benar adanya.

Renault Kiger mempertahankan sebagian besar profil model konsep, mulai dari kap mesin yang dibuat lebih berkarakter dengan overfender dan grill depan khas model Renault terbaru, di mana bagian atas melebar dengan ujung lampu DRL yang terlihat sipit, sedang lampu utamanya, yang juga memakai LED ada di bawah.

Tampilan depan Renault Kiger 2021

Profil depan dan samping mobil cukup identik dengan prototype konsepnya

Beralih ke samping, siluet SUV-Coupe dari model konsep juga tampak di versi produksinya. Hal ini ditegaskan dari garis atap yang melandai dengan ujung di pillar-C yang diberi finishing black-out dan spoiler kecil. Sementara itu, lampu belakang LED model C-shaped dan aksen alumunium skid plate menguatkan kesan tangguh.

Tampilan belakang Renault Kiger 2021

Tampilan belakang Renault Kiger 2021

Renault Kiger 2021 yang akan diproduksi memiliki ground clearence 205mm dengan velg 16 inci yang dibalut ban berukuran 195/65 R16, lebih kecil tiga inci dari velg model konsep, dan jarak ke tanah yang lebih rendah 15 mm. Sayang, berbeda seperti yang dirumorkan sebelumnya, Kiger tidak dilengkapi sunroof.

Desain interior Renault Kiger 2021

Beberapa elemen interior Kiger sama dengan line-up Renault lainnya

Masuk ke dalam, Renault Kiger 2021 hadir dengan dashboard, konsol tengah, sampai pengontrol AC diberi finishing abu-abu gelap dengan aksen gold bronze di sekitar kisi-kisi AC. Tepat di atas pengontrol AC, Anda akan menemukan head unit berukuran 8 inci yang sudah mendukung Android Auto dan Apple CarPlay, dengan varian teratas mendapat sound system 4 speaker dan 4 tweeter dari Arkamys Audio.

Kabin Renault Kiger 2021

Renault Kiger memiliki kabin yang cukup luas untuk ukuran SUV sub 4-meter

Sedang untuk layar instrument cluster memakai layar digital berukuran 7 inci, yang sama seperti Triber. Setir yang digunakan juga sama seperti saudara MPV nya, meski untuk Kiger sudah dilengkapi pengontrol multimedia.

>>> Selain Twizy, Renault akan boyong mobil listrik lainnya ke Indonesia

Spesifikasi Renault Kiger 2021

Renault Kiger 2021 hadir dengan dimensi panjang 3.991 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.600 mm dengan wheelbase 2.500 mm. Dengan dimensi seperti ini, mobil diklaim memiliki kapasitas bagasi 405L, dan bisa ditingkatkan sampai 879 L dengan kursi belakang dilipat.

Mesin Renault Kiger 2021

Kiger akan memakai mesin yang sama seperti Nissan Magnite

Soal mesin, Kiger hadir dengan mesin HRA10 1.000cc turbo yang sama seperti Nissan Magnite. Keluaran tenaganya juga mirip, yakni 98,5 HP dan torsi 160 Nm, atau varian NA yang memiliki tenaga 72 HP dan torsi 96 Nm. Keduanya memiliki pilihan girboks manual 5-percepatan, dan girboks otomatis 5-percepatan CVT (varian turbo) dan 5-percepatan AMT (NA).

SUV baru ini nantinya akan dipasarkan di Indonesia oleh Maxindo Renault Indonesia, seperti yang diungkapkan oleh Direktur MRI Rudy Salim saat memamerkan konsep mobil akhir tahun lalu.

“Renault Kiger Showcar merupakan SUV terbaru yang akan diluncurkan di Indonesia setelah suksesnya peluncuran Koleos, Climber, dan Triber," ungkap Rudy Salim dalam laman instagram resminya.

Soal harga masih menjadi tanda tanya besar, tapi jika mengacu ke pasar India, Renault Kiger 2021 dihargai mulai 550.000 Rupee (setara Rp 106 juta) sampai 950.000 Rupee (setara Rp 183 juta). Kalau sudah begini, bisa lah ya masuk Indonesia dengan harga kurang dari Rp 250 juta, bagaimana menurut para pecinta mobil?

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top