R1 Ora, Mobil Listrik Paling Murah nan Lucu dari Great Wall Motor

09/01/2019

Mobil baru
R1 Ora, Mobil Listrik Paling Murah nan Lucu dari Great Wall Motor
Tesla Roadster bisa dibilang ‘mobil listrik tercepat di dunia’. Tetapi perusahaan Cina bertaruh kendaraan listrik baru mereka merupakan ‘katalisasi generasi baru mobil listrik’, menjadi mobil listrik paling murah di pasar saat ini.

Great Wall Motor baru-baru ini memulai debut mobil listrik Ora R1 2019 dari anak perusahaan Electric Vehicle yang baru saja diluncurkan. Mini Ora mendapatkan empat kursi dengan jarak jelajah maksimum 351 kilometer dan tersedia dengan harga 59.800 hingga 77.800 yuan. Membuatnya menjadi mobil listrik paling murah di pasar, sebagian kecil dari biaya yang dikeluarkan untuk membeli sebuah Tesla.

R1 Ora 2019 berwarna biru dan putih

Mobil listrik imut terbaru dari Great Wall Motor, Ora R1

Ora yang merupakan singkatan dari ‘Open, Reliable, Alternative’, menurut Great Wall Motors, dinamai untuk menghormati matematikawan Swiss Leonhard Eunler. Memang tidak menawarkan hasil akhir premium seperti milik Tesla, tetapi perusahaan berharap ukuran yang kompak dan harga terjangkau akan menjadi penarik bagi ‘kaum muda urban’ di Cina.

>>> Akan Diluncurkan di India, Berikut 10 Perubahan Suzuki Wagon R 2019

Ora akan dilengkapi sistem kecerdasan buatan yang bisa diaktifkan oleh pengguna dengan mengatakan “Halo, Ora”. Mobil listrik mungil ini dijual dalam lima warna pilihan, titanium putih, kadet biru, biru langit, kombinasi putih titanium dan hitam, serta kombinasi biru taruna dan titanium putih.

Menyusuri segmen mobil listrik yang sedang mendapatkan pertumbuhan signifikan, terlebih di Negeri Tirai Bambu tersebut, kendaraan listrik mini menjadi bagian terbesar dari pasar kendaraan energi baru di Cina. Dibuktikan dengan penjualan 400.000 unit per tahun, sebagaimana diungkapkan South China Morning Post.

>>> Berita mobil baru di dalam dan luar negeri ada di sini

Perkenalan R1 Ora 2019 dari Great Wall Motor

Tidak hanya mengikuti perkembangan pasar, pemerintah Cina diharuskan produsen mobil membuat kendaraan listrik, setidaknya 10 persen dari penjualan dan dimulai tahun 2019 ini. Perusahaan di Cina menghadapi tekanan untuk meningkatkan penjualan mobil listrik untuk memenuhi persyaratan efisiensi bahan bakar yang meningkat setiap tahun.

Great Wall Motor mengumumkan kemitraan dengan BMW Group pertengahan tahun lalu untuk memproduksi kendaraan MINI listrik di Cina. Kerjasama ini menghasilkan Spotlight Automotive Ltd, yang memproduksi komponen kelistrikan untuk merek mitra Cina tersebut.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top