Profil KIA EV6 GT 2021, Mobil Listrik Funky Nan Kencang

30/03/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Profil KIA EV6 GT 2021, Mobil Listrik Funky Nan Kencang
KIA tak pernah main-main dalam mendesain mobil tak terkecuali mobil listrik andalannya, produk KIA EV6 GT 2021 ini menjelma jadi mobil listrik funky nan kencang

Sebagai salah satu merek terpopuler di dunia, tentunya KIA tak pernah main-main dalam mendesain mobil buatannya. Lihat saja deretan produk KIA yang hadir di pasar Indonesia, mulai dari KIA Picanto, KIA Seltos, hingga KIA Sonet. Ketiga produk itu seakan punya ciri khas tersendiri dari pabrikan asal Korea Selatan tersebut. Tak terkecuali dalam membuat mobil listrik andalannya, yakni KIA EV6 GT 2021.

Funky Dan Futuristik

KIA EV6 GT lahir sebagai mobil listrik yang funky dan juga futuristik. Berdiri di atas platform EV baru E-GMP (Electric-Global Modular Platform). E-GMP merupakan suatu basis yang bakal menjadi acuan untuk model mobil listrik KIA berikutnya. Desainnya yang out of the box memang tak cepat akrab dipandang mata, tetapi punya kesan tersendiri yang tak mudah tergantikan dari pikiran.

Gambar KIA EV6 GT 2021

KIA EV6 GT resmi diperkenalkan ke publik hari ini

"KIA EV6 merupakan suatu blueprint produk masa depan kami, (produk) ini mendefinisikan (citra) brand yang kami inginkan, dan pelanggan yang kami ingin ajak berkomunikasi, EV6 lahir dari ambisi kami untuk menciptakan produk yang berani, orisinal, dan inovatif," tukas Karim Habib, sebagai Head of KIA Global Design dikutip Cintamobil.com saat peluncuran KIA EV6 GT secara virtual hari ini, Selasa 30/3/2021.

Interior Keren

Aura funky makin terlihat di dalam kabin dengan penggunaan layar besar 12,3 inci yang menjadi highlight utama di kabin. Lekuk-lekuk interior mobil ini seperti terinspirasi dari kendaraan luar angkasa. Pun begitu dengan material yang digunakan pada interior mobil ini, KIA EV6 GT ini pakai kombinasi material daur ulang, ditambah dengan vegan leather dan suade.

Gambar interior KIA EV6 GT 2021

Layout interior keren dan funky

"Kami mengerti seberapa pentingnya ruangan kabin, mendesain kabin yang menginspirasi sangat penting untuk dilakukan oleh kami, tentunya tak hanya memasang layar besar saja. KIA EV6 GT adalah produk pertama KIA yang menggunakan platform baru e-GMP. Dengan wheelbase mencapai 2.900 mm, membuat ruang kabin setara dengan medium to large SUV," papar Jochen Paesen, selaku Head of KIA Interior Design.

>>> Review KIA Sonet Smart 2021 MT: Trim Termewah Bertransmisi Manual

Akselerasi Dan Kecepatan Charging Mengagumkan

Terdapat dua kapasitas baterai yang tersedia untuk KIA EV 6 GT, varian standar punya kapasitas baterai 58 kWh dan satu lagi kapasitas baterainya 77,4 kWh. Kedua baterai tersebut memberikan energi ke dua tipe penggerak, yakni rear wheel driva dan all-wheel drive. Akselerasi dari 0 ke 100 km/jam mobil ini sangat mengesankan, yakni hanya dalam tempo 3,5 detik saja alias lebih kencang dari Porsche Taycan 4S. Top speednya sendiri mampu menyentuh angka 260 km/jam.

Gambar tampilan belakang KIA EV6 GT 2021

Akselerasi mobil ini mengagumkan

Tak hanya kemampuan berakselerasi di jalan lurus, handling mobil listrik ini juga diperhatikan betul oleh KIA. Selain meletakkan baterai berada di paling bawah mobil guna memperbaiki canter of gravity, KIA EV6 GT 2021 ini juga dilengkapi dengan limited slip diferensial elektronik yang menjanjikan untuk menghadirkan karakteristik pengendaraan dan penanganan yang lebih dinamis.

Gambar akeslerasi KIA EV6 GT 2021

Dites drag race mobil listrik ini mampu 'melawan' mobil region supercar

Namun, performa hebat tersebut tidak menciderai kemampuan chargingnya yang tetap mengagumkan, "KIA menghargai waktu Anda yang berharga, dengan baterai EV6 yang terisi penuh, Anda bisa berkendara sejauh lebih dari 510 kilometer, di Eropa itu setara jarak dari Paris ke Amsterdam," tutup Kiseok Ahn, sebagai Head of KIA Global Product Planning.

>>> Ingin tahu pasaran mobil bekas merek KIA? Cek di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top