Prediksi Mobil Baru di Indonesia yang Siap Meluncur di Tahun 2021

26/01/2021

Mobil baru

3 menit

Pasar mobil di Indonesia tahun ini akan diramaikan dengan berbagai mobil baru yang siap untuk diluncurkan. Kira-kira ada mobil apa saja ya yang akan meluncur?

Tahun 2020 lalu banyak Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia tak mau kalah dengan pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air dengan meluncurkan produk barunya. Untuk tahun ini banyak APM juga akan kembali meluncurkan produk barunya untuk meramaikan industri otomotif di Indonesia. Lantas, setelah New Carry Facelift kira-kira mobil baru apa sajakah yang akan meluncur? Berikut prediksinya dari Cintamobil, siapa tahu salah satunya ada yang memikat hati Anda.

Simak lebih lengkapnya tentang mobil baru 2021 di Indonesia dan dunia di CintamobilTV

>>> Plus Minus Hatchback, Sedan dan MPV Dijadikan Mobil Keluarga

1. Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky pertama kali diluncurkan di ajang Tokyo Motor Show 2019. Bukan hanya dijual di Jepang saja, SUV ini juga telah masuk ke Malaysia. Sebelumnya diperkirakan Rocky akan masuk ke Indonesia pada tahun 2020 lalu, terbukti beberapa netizen sempat mempergoki mobil ini sedang dites jalan di Indonesia. Bisa jadi pandemi membuat peluncuran Rock di Indonesia menjadi tertunda.

Gambar menunjukan Daihatsu Rocky

Tampilan Daihatsu Rocky

Memasuki tahun 2021 kabar peluncuran Rocky di Indonesia kembali menguat. Kabarnya mobil baru SUV mungil Daihatsu Rocky ini akan meluncur pada kuartal kedua tahun 2021. Daihatsu Rocky sendiri sudah dibekali dengan platform baru Daihatsu New Global Architecture. Selain itu Rocky juga dibekali dengan mesin berkapasitas 1.000 cc, 3 silinder dengan turbo intercooler bertenaga hingga 96 HP pada 6.000 rpm dan torsi 140 NM pada rentang 2.400 hinggs 4.000 rpm.

2. Honda City Hatchback

Rumor akan masuknya Honda City hatchback di Indonesia juga tak kalah ramainya diperbincangkan publik Tanah Air.  Kabarnya Honda City hatchback sudah masuk ke daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) pada 4 Januari 2021 lalu. Artinya disinyalir pengganti Honda Jazz di Tanah Air ini hanya tinggal menunggu waktu peluncurannya saja.

Gambar menunjukan Honda City HB

Tampilan Honda City Hatchback

Dilihat dari data NJKB, mobil baru Honda City Hatchback yang akan meluncur di Indonesia memiliki dua tipe yakni RS CVT dan RS MT. Kedua tipe telah diatur untuk menggunakan mesin yang sama yaitu berkapasitas 1.500 CC. Hingga artikel ini diturunkan, pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek Honda di Indonesia masih enggak untuk memberikan informasi mobil ini lebih jauh.

3. Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Mitsubishi Pajero Sport facelift sudah lebih dulu meluncur ke pasar Thailand pada 2019 lalu. Sebelumnya dijadwalkan bahwa Mitsubishi Pajero Sport facelift akan meluncur di tahun 2020 lalu. Namun lagi-lagi pandemi yang melanda Indonesia tahun lalu menjadi penyebab peluncurannya urung dilakukan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku APM Mitsubishi di Tanah Air.

Gambar Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Tampilan Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Kabarnya kini Mitsubishi Pajero Sport facelift akan meluncur di tahun ini. Meski tidak banyak informasi yang bisa didapatkan. Namun pramuniaga diler Mitsubishi Motors kabarnya sudah bisa menerima pemesanan untuk versi penyegaran dari Mitsubishi Pajero Sport ini. Apakah Anda ingin untuk meminang mobil ini untuk mengisi garasi rumah Anda?

>>> Selain Wajib, Mengapa Uji Emisi Kendaraan Pribadi Harus Dilakukan?

4. Toyota Raize

Toyota Astra Motor selaku Agen Pemegang Merek Toyota di Indonesia semakin masif perkenalkan jajaran mobil elektrifikasinya di Tanah Air. Guna melengkapi mobil ramah lingkungannya yang ada saat ini, kabarnya di tahun ini mobil baru Toyota Raize juga dijadwalkan akan ikut meramaikan pasar otomotif di Indonesia. Karena sharing platform dengan Daihatsu, maka peluncurannya diperkirakan sama dengan Daihatsu Rocky.

Gambar menunjukan Toyota Raize

Tampilan Toyota Raize

Di negara asalnya di Jepang Toyota Raize ditawarkan sebanyak 8 varian dan termahal tipe X 2WD dengan banderol Rp 232,6 juta dan paling mahal tipe Z 4WD dengan harga jual Rp 316,3 juta. Kira-kira berapa ya harganya nanti saat masuk di Indonesia? Mobil ini akan bersaing ketat dengan KIA Sonet, Nissan Magnite, bahkan Honda ZR-V.

5. Hyundai Kona Electric Facelift

Hyundai KONA electric pertama kali debut di Indonesia pada penghujung tahun lalu. Belum berusia hampir enam bulan tampaknya PT Hyundai Motors Indonesia tak ingin lama-lama berikan penyegaran untuk SUV ramah lingkungan miliknya yang satu ini. Ia menjadi satu-satunya SUV dengan powertrain full elektrik yang resmi di jual di Indonesia.

Gambar menunjukan Kona Facelift

Tampilan Hyundai Kona electric facelift

Kabarnya mobil baru Kona bertenaga listrik ini akan mendapatkan ubahan dari segi eksterior seperti pilihan warna baru serta fitur safety baru. Saat ini Hyundai Kona Electric sendiri di pasar mobil listrik di Indonesia dijual sebesar Rp 697 juta. Sementara itu penjualannya tahun lalu telah terjual sebanyak 38 unit di seluruh Indonesia. Mobil baru ini mengusung jenis motor elektrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM).

6. Honda CR-V Facelift

Mobil baru Honda ini nampaknya akan mengaspal terlebih dahulu dibandingkan dengan Honda City model hatchback dan sedan. Sebab, beberapa waktu lalu netizen sempat menangkap kamera mobil ini sedang melakukan shooting iklan di bilangan Tangerang. Mobil ini hadir dengan wajah baru yang tentunya lebih segar dan enak untuk dilihat. Ciri khas desain solid wing face khas Honda juga terlihat pada mobil ini. 

Gambar Honda CR-V Facelift 2021

CR-V Facelift akan jadi menu pembuka mobil baru Honda tahun 2021 ini

Namun hingga artikel ini diturunkan, pihak PT HPM selaku pemegang merek dagang Honda di Indonesia masih enggan untuk memberikan komentar. Tapi pihaknya tak menampik mobil ini akan segera mengaspal di Tanah Air. Belum diketahui juga CR-V versi penyegaran ini akan menggunakan powertrain anyar bernama Sport Hybrid i-MMD atau tetap mempertahankan konvigurasi mesin 1.500 cc 4-silinder turbochargernya. Kita tunggu saja tanggal mainnya.

7. Duo Avanza-Xenia

Toyota pada tahun 2019 lalu sempat menyebutkan bahwa platform TNGA (Toyota New Global Architecture) bakal bisa digunakan pada semua modelnya. Maka besar pula kemungkinan Avanza TNGA akan lahir. Namun karena Avanza merupakan produk kolaborasi dengan Daihatsu maka kemungkinan dua produk ini akan mengusung platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) bukan Avanza TNGA.

Foto ilustrasi Avanza-Xenia TNGA / DNGA

Basis New Global Architecture yang diusung menjamin asyik dikemudikan

Meskipun belum ada informasi mengenai mesin yang akan digunakan oleh Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza yang berbasis DNGA / TNGA ini, namun diperkirakaan Xenia akan mengusung teknologi hybrid milik Toyota bernama Hybrid Synergy Drive begitu juga dengan transmisi pintar bernama eCVT. Transmisi ini adalah motor listrik yang bekerja layaknya transmisi CVT. So, seperti apa mobil baru ini? Tunggu bulan September-Oktober tahun ini ya.

>>> Ikuti terus berita otomotif di Indonesia terlengkap hanya di Cintamobil.com

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini.

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top