Potensi Mitsubishi New Xpander Menjegal Toyota All New Avanza

17/11/2021

Mobil baru

6 menit

Share this post:
Dengan kehadiran Toyota All New Avanza, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan New Xpander demi mengantisipasi gempuran sang rival.

Saat rumor peluncuran Toyota All New Avanza semakin santer terdengar, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terdengar juga tengah meracik pembaruan pada Low MPV 7-penumpang andalannya, Mitsubishi Xpander.

Mendekati Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, kedua mobil itu pun diperkenalkan kepada masyarakat. Toyota All New Avanza hadir dengan pembaruan besar-besaran, mulai dari platform; tampilan; transmisi; hingga sistem penggerak baru.

Gambar Harga Mitsubishi New Xpander

MMKSI mengumumkan harga resmi Mitsubishi New Xpander terbaru di GIIAS 2021

Di sisi lain, Mitsubishi New Xpander berusaha untuk mengantisipasinya kehadiran rival terberatnya dengan perubahan tampilan minor, deretan fitur tambahan, dan peningkatan teknis termasuk penggunaan transmisi CVT (Continously Variable Transmission).

Lantas, bagaimana potensi Mitsubishi New Xpander dalam menghadapi All New Avanza yang kini membawa 'senjata' sepadan ke medan perang Low MPV 7-penumpang?

>>> Review Mitsubishi Xpander 2022: Revisi Demi Gempuran sang Rival

Transmisi CVT Mitsubishi New Xpander Menjanjikan Efisiensi Lebih Baik

Harus diakui bahwa New Xpander bukanlah Low MPV yang paling irit. Bahkan ketika Avanza masih menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD), jagoan dari Toyota Astra Motor (TAM) tersebut bisa mengimbangi konsumsi bahan bakar dari Xpander.

Gambar Mencoba New Xpander

Meski sudah mencoba langsung, peningkatan efisiensi bahan bakar ini harus kami buktikan dengan pengetesan yang lebih detail

Apalagi sekarang Avanza terbaru menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD) dan transmisi CVT? Potensi efisiensi bahan bakarnya pun semakin tinggi dengan power loss yang lebih kecil.

Mitsubishi pun membekali Xpander terbaru dengan transmisi yang sama dan penyematan Auto Stop and Go demi mengimbangi potensi efisiensi bahan bakar Avanza.

Meski kami belum melakukan pengetesan secara detail, kami optimis bahwa kedua hal tersebut akan membuat New Xpander lebih irit dibanding pendahulunya. Namun, peningkatan yang kami apresiasi ini harus dibuktikan secara komparatif dengan All New Avanza yang kami yakin akan jauh lebih efisien ketimbang generasi sebelumnya.

Ground Clearance Semakin Baik

Jika ground clearance 200 mm masih belum membuat Anda tenang untuk melibas jalanan rusak dan genangan air, kini jarak New Xpander dengan tanah ditingkatkan menjadi 220 mm.

>>> GIIAS 2021: Harga Mitsubishi Xpander Facelift Diumumkan, Mulai Dari Rp 228 Juta

Gambar New Xpander

Ground clearance kini bertambah 20 mm, semakin sulit dibedakan dengan Low SUV

Jujur saja, kami bahkan tak mengerti bagaimana Xpander masih dikategorikan sebagai Low MPV. Apalagi tren MPV saat ini semakin menjurus ke arah SUV dengan tampilan tangguh dan ground clearance yang semakin tahun semakin bertambah.

Masih Tetap Unggul Dalam Hal Kenyamanan

Satu hal yang diunggulkan dari Xpander adalah kenyamanan yang lebih baik dari sang rival. Dan ini masih belum berubah pada versi facelift yang terkini. Bahkan, kami merasa ada sedikit peningkatan dalam hal bantingan suspensi.

Gambar Jalan Bumpy Proving Ground

Tak ada guncangan yang berlebihan saat melewati jalan bumpy di Bridgestone Proving Ground

Meski dengan ground clearance yang lebih tinggi, kami merasa bahwa guncangan di dalam kabin masih sangat minimal. Ini sudah kami buktikan ketika mencoba New Xpander di sektor jalan bumpy pada Bridgestone Proving Ground, Karawang.

Racikan sasis dan suspensi yang baru berhasil meredam gelombang di jalan yang sangat baik. Begitu pula saat diajak bermanuver, kami merasa body roll-nya terasa sangat minim.

Kenyamanan di dalam kabin juga ditunjang dengan kekedapan kabin yang sangat baik. Ini sudah menjadi kelebihan dari Xpander sejak pertama diperkenalkan di Indonesia. Misubishi Motors rupanya menambah peredam di bagian dashboard demi meredam suara mesin yang lebih 'teriak' saat berakselerasi dengan transmisi CVT.

Gambar Kabin New Xpander

Berkendara terasa lebih halus dengan transmisi CVT

Bicara soal CVT, perubahan transmisi ini juga tak kalah penting dalam menunjang kenyamanan berkendara. Mobil ini jauh lebih halus untuk dikendarai, meskipun kami merasa 'tarikan' mobil di putaran bawah terasa lebih berat.

>>> Temukan Pilihan Mobil Bekas yang Tak Kalah Menarik di Sini

Sanggupkah Menjegal All New Avanza?

Tak bisa dipungkiri bahwa All New Avanza hadir membawa kesegaran dan peningkatan yang sangat signifikan dibanding pendahulunya. Tetapi, kami masih melihat nilai tambah dari New Xpander yang membuat konsumen tak segan untuk melirik ke arah Mitsubishi.

Lantas, siapa orang-orang yang cocok untuk meminang mobil ini? Kami akan merekomendasikan New Xpander kepada Anda yang menitikberatkan kenyamanan dan kemewahan dalam memilih sebuah kendaraan.

Tak hanya lebih nyaman, build quality dan material yang digunakan pada mobil ini masih terasa lebih berkelas dibanding rivalnya. Sayangnya, itu harus diganjar dengan harga yang juga lebih mahal.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top