Porsche Taycan Siapkan Varian Murah Berpenggerak RWD, Harganya?

20/01/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Setelah pertengahan tahun lalu debut di Tiongkok, Porsche memasarkan Taycan RWD di Eropa dan Amerika Serikat. Diplot sebagai varian entry level, berapa harga EV satu ini?

Setelah diluncurkan khusus untuk pasar China Juni tahun lalu, Porsche merilis varian entry level dari Taycan untuk pasar yang lebih luas. Amerika Serikat dan Eropa termasuk diantaranya. Nantinya, Porsche Taycan berpenggerak RWD (Rear-wheel Drive) tersebut akan diplot di bawah Tacan 4S, Taycan Turbo, dan Turbo S.

Tampilan depan Porsche Taycan RWD

Taycan RWD diplot sebagai varian entry-level Porsche Taycan

>>> Review Porsche Taycan Turbo S 2019: Sedan Elektrik Rasa Sportscar Berdarah Jerman Siap Kalahkan Tesla

Pakai motor listrik tunggal, jarak tempuh sampai 484 km

Berbeda dari varian all-wheel drive yang menggunakan dua buah motor listrik, Porsche Taycan RWD memakai motor elektrik Permanent Magnet Synchronous Motors dengan tenaga 402 HP dan torsi 344 Nm dan jarak tempuh 431 km dengan baterai sebesar 79,2 kWh.

Jika itu dirasa kurang cukup, Anda bisa menambah paket Performance Battery Plus, di mana baterai standar diganti dengan baterai 93,4 kWh yang menambah jarak tempuh sampai 484 km, selain itu tenaga mobil juga meningkat jadi 469 HP dengan torsi 357 Nm.

Port pengisian baterai Porsche Taycan RWD

Dengan DC fast charging, pengisian 0-80% tuntas dalam waktu 22,5 menit

Sebagai standar, kedua varian Porsche Taycan RWD mendukung AC charging 22 kW lewat Type 2 connection, sesuai dengan update terbaru dari pabrikan pada Agustus 2020. Selain itu, ada juga DC fast charging (memakai CCS Combo 2 Connection) dengan kapasitas sampai 225 kW, atau 270 kW untuk varian Performance Battery Plus.

Dengan memakai DC fast charging, Porsche mengklaim mobil hanya butuh waktu 22,5 menit dari 0-80%, dengan tiap lima menit pengisian dapat memberi jarak tempuh 100 km.

Secara sasis, Taycan RWD hadir dengan Porsche 4D Chassis Control dan Steel-Spring suspension sebagai standar, namun bisa juga diupgrade menjadi Adaptive Air Suspension dengan Porsche Active Suspension Management (PASM) electronic dampers, Smartlift Axle juga bisa ditambahkan sebagai opsi.

Tampilan belakang Porsche Taycan RWD

Tampilan eksterior Taycan RWD mirip dengan varian 4S

Untuk sistem pengereman, Porsche Taycan memakai cakram 360 mm dan kaliper 6-piston di depan, dengan rem belakang memakai cakram 358 mm dengan kaliper 4-piston. Anda juga bisa menambahkan Porsche Surface Coated Brake (PSCB) dengan diameter cakram lebih besar, 410 mm di depan dan 365 mm di belakang.

>>> Pemilik Porsche Taycan Ini Komplain Karena Kesulitan Isi Daya Baterai

Kelengkapan sama seperti Taycan 4S, jauh lebih murah dari varian AWD

Beralih ke kelengkapan eksterior dan interior, Porsche Taycan RWD memakai velg aero-wheels berukuran 19 inci, lampu depan LED, sedang komponen body lain seperti bumper depan, side skirt, dan diffuser belakang diberi finishing hitam, sama seperti Taycan 4S.

Kabin Porsche Taycan RWD

Kabin Taycan RWD, yang tidak jauh berbeda dengan varian di atasnya

Masuk ke dalam, Taycan RWD juga masih memakai curved digital instrument cluster dan infotainment touchscreen 10,9 inci, dengan layar ketiga untuk penumpang bisa ditambahkan sebagai opsional. Menguatkan konsep sebagai mobil ramah lingkungan, Porsche juga menyiapkan material non-kulit, di mana material daur ulkang yang dipakai.

Anda juga bisa menambahkan fitur mobil dengan layanan Fuctions on Demand, misal seperti Porsche Intelligent Range Manager (PIRM), Power Steering Plus, Active Lane Keeping Assist, dan Porsche InnoDrive juga bisa diaktifkan secara online.

Pilihan warna Porsche Taycan RWD 2021

Dibanderol mulai 1,2 Miliar di Amerika, kira-kira berapa ya harga Porsche Taycan RWD di Indonesia?

Porsche Taycan RWD akan meluncur di pasar Amerika pada Maret 2021, dengan harga mulai dari 79.900 USD (setara Rp 1,2 miliar), itu sebelum keringanan pajak 7.000 USD (setara Rp 98 juta) yang juga didapat Taycan varian lainnya. Ini lebih murah dari Taycan AWD, di mana varian 4S yang paling murah dibanderol 103.800 USD (setara Rp 1,45 Miliar).

>>> Berita terbaru dan terlengkap dari dunia otomotif bisa Anda lihat di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top