Porsche Cayman GT4 RS Siap Diluncurkan, Lebih Baik Dari 911 GT3?

22/10/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Setelah melewati berbagai pengujian, Porsche Cayman GT4 RS siap diluncurkan bulan depan. Versi ekstrem dari Cayman ini mampu mencatat lap 7:09,3 di Nurburgring.

Kehadiran Porsche 718 Cayman GT4 RS sebenarnya bukan sebuah kejutan. Mobil ini sudah mulai dites dan berulang kali tertangkap kamera mata-mata sejak akhir tahun 2019. Kini, pabrikan asal Stuttgart itu akhirnya mengumumkan bahwa mobil yang telah dinanti para penggemar track day ini akan diluncurkan.

Mobil ini baru saja menyelesaikan pengujian terakhirnya di jalan pegunungan dan Nurburgring Nordschleife. Porsche pun berbaik hati untuk membagikan foto-foto GT4 RS dengan kamuflase minor. Simak ulasan singkat kami mengenai versi paling ekstrem dari Cayman di bawah ini.

Lebih Cepat 23 Detik Dari GT4 Biasa di Nurburgring

Porsche belum membagikan banyak detail mengenai Cayman GT4 RS selain mobil ini mencatat waktu 7 menit 9,3 detik untuk mengelilingi Nurburgring Nordschleife. Lebih cepat 23,6 detik dari Cayman GT4 Biasa. Dalam hal catatan lap, perbedaan 10 detik saja sebenarnya sudah sangat-sangat jauh.

>>> Debut Porsche Mission R Concept, Calon Mobil Balap Masa Depan

Tentu seperti versi RS dari Porsche lainnya, mobil ini jauh lebih track-focused dibanding versi biasanya. Dan secara tampilan, mobil ini mampu memenuhi ekspektasi kami sebagai sebuah RS.

Gambar Porsche 718 Cayman GT4 RS

Tampil lebih agresif dengan splitter lebih panjang dan sayap swan-neck

Dari foto-foto yang dibagikan, terlihat bahwa GT4 RS mendapatkan peningkatan aerodinamis yang substansial. Di bagian depan, ada splitter yang lebih panjang, menutupi sesuatu yang tampak seperti ventilasi aerodinamis di fender depan. Kap depan pun kini dihiasi oleh sepasang NACA duct yang biasa difungsikan sebagai pendingin rem.

Di bagian belakang, ada sayap swan-neck besar dengan desain serupa 911 GT3 generasi 992 saat ini. Kaliper rem berwarna kuning menunjukkan bahwa rem karbon-keramik PCCB ikut hadir.

Gambar dari kokpit menunjukkan paddle shifter di belakang kemudi, menunjukkan bahwa mobil ini menggunakan transmisi kopling ganda Porsche Doppelkupplung (PDK). Ini tidak mengejutkan mengingat misi RS adalah memberikan performa tertinggi di sirkuit.

>>> Porsche Mulai Rakit Mobil di Malaysia Tahun 2022, Bakal Lebih Murah?

Gambar Cockpit GT4 RS

Tampilan cockpit GT4 RS

Meski begitu, kami yakin bahwa para pecinta Porsche berharap bahwa versi produksi nanti akan ditawarkan dengan transmisi manual 6-percepatan seperti di GT4 biasa.

Detail powertrain-nya masih menjadi misteri, tapi kita tahu bahwa GT4 menggunakan mesin flat-six 4,0 liter dari Porsche. Unit tersebut menghasilkan 414 HP kilowatt) dengan torsi 418 Nm di GT4 biasa. Kami meyakini bahwa mesin tersebut ditingkatkan untuk meletupkan tenaga hingga 500 HP di GT4 RS.

Lebih Baik Dari GT3?

Porsche belum menyebut soal harga dari Cayman GT4 RS, tetapi kami berasumsi bahwa mereka akan mengenakan biaya premium yang signifikan untuk apa yang akan menjadi versi performa tertinggi dari 718 Cayman.

Gambar Cayman GT4 RS

Beda tak sampai 10 detik di Nurburgring dibanding GT3 dengan harga yang lebih terjangkau

Kemungkinan, mobil ini akan ditawarkan di kisaran $130.000 (setara Rp 1,84 miliar). Jelas lebih murah dibanding 911 GT3 yang ditawarkan mulai dari $161.000 (setara Rp 2,28 miliar).

Dengan waktu lap yang tak jauh berbeda dari GT3, tenaga yang kurang lebih sama, dan harga yang lebih terjangkau, mobil ini bisa jadi alternatif yang menarik untuk Anda yang tertarik meminang mobil GT dari Porsche.

>>> Simak Harga dan Promo Mobil-mobil Baru di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top