Ini Alasan Porsche Cayenne Turbo 2022 Layak Jadi Rajanya SUV

21/05/2021

Mobil baru

5 menit

Porsche Cayenne Turbo 2022 disiapkan oleh pabrikan mobil asal Stuttgart sebagai varian terbaru yang digadang-gadang sebagai sang “penjegal” Lamborghini Urus.

Hubungan baik dalam sebuah keluarga besar nyatanya tidak menjadi penghalang untuk saling berkompetisi. Lebih kurang begitulah hal yang terjadi dalam keluarga besar Volkswagen Group. Faktanya, Porsche tidak mau kalah dari Lamborghini terkait ambisi untuk menciptakan gelar bergengsi sebagai SUV kencang. Makanya, ketika  Porsche menyiapkan program facelift untuk Cayenne, pabrikan mobil asal Stuttgart itu juga bersiap-siap merilis varian terbaru Cayenne Coupe yang digadang-gadang sebagai “penjegal” Lamborghini Urus.

>>> Porsche Siap Mencegah Mabuk Kendaraan dengan Menggunakan Teknologi VR

Spesifikasi

Saat ini, gelar bergengsi “The King of Porsche Cayenne” dipegang oleh Porsche Cayenne Turbo S E-Hybrid dengan bekal  671 HP. Namun saat Porsche Cayenne Turbo 2022 versi facelift siap dirilis, mesin  V8 4.0-liter twin-turbo yang sudah diutak-atik lebih lanjut mampu memproduksi 631 HP dan  850 Nm alias lebih unggul 89 HP dan  80 Nm dari Porsche Cayenne Turbo yang sekarang.

gambar mesin porsche

Salah satu mesin terkuat dalam jajaran produk Porsche Cayenne Turbo

Di atas kertas, performa mesin Porsche Cayenne Turbo 2022 versi facelift masih kalah dari varian Porsche Cayenne Turbo S E-Hybrid karena diraih tanpa bantuan elektrifikasi. Namun dalam hal kencang, Porsche mengklaim Cayenne Turbo versi facelift sanggup mengasapi Cayenne Turbo S E-Hybrid. Sejumlah kalangan memprediksi Porsche  Cayenne Coupe Turbo versi facelift mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,4 detik dan mencapai top speed 300 km/jam. 

Modifikasi

Untuk mendongkrak performa Cayenne Turbo 2022 versi facelift, Porsche memasang sistem knalpot titanium dengan pipa tengah, menambahkan aero kit berkarakter agresif termasuk bemper depan model baru serta spoiler belakang (di atap) plus diffuser belakang. Dalam hal sistem elektronik, Porsche melakukan remapping pada perangkat lunak sistem manajemen mesin, memutakhirkan  transmisi 8-speed transmission dan sistem gerak empat roda yang kini menjadi lebih  rear-biased sehingga karakter sport semakin optimal. Dalam sektor pengendalian, Porsche  Cayenne Turbo 2022 versi facelift mendapatkan suspensi udara model 3-chamber yang lebih kaku 15% dan menurunkan ride height sebanyak 7 mm.

gambar porsche cayenne

Lebih terasa sebagai sports car kompak daripada SUV besar

Tidak kalah penting adalah pengaturan ulang PDCC (Porsche Dynamic Chassis Control) terutama pada sistem active roll stabilization untuk mengoptimalkan karakter pengendalian yang lebih berorientasi performa. Berikutnya,  sumbu roda depan diperkuat dengan velg yang lebih lebar 12 mm dan  sudut  camber yang lebih negatif 0,45o. Aspek lain yang ditingkatkan mencakup  dynamic chassis control, torque vectoring, dan  rear-axle steering system. Velg  22 inci yang digunakan Porsche  Cayenne Turbo 2022 versi facelift akan ditemani oleh ban Pirelli P Zero Corsa. Penyegaran lainnya meliputi sektor eksterior berupa  atap serat karbon dan rem  keramik karbon.

gambar porsche cayenne

Diuji oleh Walter Röhrl, legenda dan juara WRC 1980 & 1982 

Dan untuk membuktikan klaim tersebut, Porsche Cayenne Turbo versi facelift yang berselubung kamuflase diuji oleh  Walter Röhrl, Porsche Brand Ambassador di sirkuit Hockenheimring. Dan hasilnya? “Seperti mengemudikan mobil sport kompak daripada SUV besar,” jelas sang juara WRC 1980 dan 1982  O iya, Porsche sudah mengumumkan secara resmi kalau Porsche Cayenne Turbo versi facelift hanya akan tersedia sebagai model 4 penumpang dan ditawarkan dalam format Porsche Cayenne Turbo Coupe. 

>>> Porsche Cayenne Hybrid Dapat Baterai Baru

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

 
back to top