Pogea Racing Abarth 595 Hercules, Kecil Tapi Berotot

20/01/2021

Mobil baru

5 menit

Pogea Racing Abarth 595 Hercules berbasis Abarth 595 namun oleh Pogea Racing diracik ulang dengan merubah penampilan sekaligus juga mendongkrak tenaga mesinnya.

Abarth merupakan mobil kecil versi kencang dari Fiat 500. Namun apa jadinya kalau mobil yang sudah cukup ganas ini diulik kembali supaya tenaganya bertambah? Coba saja lihat pada hasil garapan Pogea Racing yang satu ini.

Dinamai Abarth 595 Hercules, rasanya mobil tersebut lebih layak disebut sebagai baby hercules. Ini mengingat Pogea Racing Abarth 595 Hercules adalah sosok mobil mungil tapi bertenaga dahsyat seperti layaknya putra Dewa Zeus, Hercules.

>>> Abarth 595 Monster Energy Yamaha Disediakan Terbatas

Pakai Tambahan "Daging"

Pogea Racing Abarth 595 Hercules bodykit

Pakai tambahan bodykit dan sebagian besar bodinya pakai serat karbon

Menggunakan basis Abarth 595, Pogea Racing memberikan tambahan bodykit pada tubuh mobil ini. Antara lain kap mesin dibuat ulang serta terpasang widebody pada keempat fendernya, dan kemudian ditambahkan pula wing belakang baru berukuran cukup besar. Semua bodypart anyar ini menggunakan bahan serat karbon namun diberi lapisan clear coat.

Karena fender sudah semakin lebar, maka Abarth 595 Hercules garapan Pogea Racing sukses dijejali velg 18 inci model multi spoke berspek forged.Velg ini lantas dikombinasikan ban Michelin Pilot Sport 4S. Dan bukan cuma bodi yang bernuansa hitam, namun velg ini juga diberi finishing black sehingga terlihat senada.\

>>> Lamborghini Urus Esteso, Serba Hitam dan Kencang ala Novitec

Makin Gesit Berakselerasi

Pogea Racing Abarth 595 Hercules rear

Tenaga mesin melonjak, pengendalian makin cekatan

>>> Review Fiat 500 S 2014: Penerus Eksistensi Hatchback Ikonik Italia Bergaya Retro

Jika penggunaan bodykit hanya sebagai opsi untuk penunjang penampilan dan meningkatkan sirkulasi aliran angin serta aerodinamika, maka fokus ubahan lainnya dari Pogea Raing lebih kepada kemampuan mekanikal dari Abarth 595 tersebut.

Ada beberapa ubahan yang sudah dilakukan Pogea Racing, antara lain memasang valvetronic exhaust lansiran dari Monsterexhaust lengkap dengan downpipe-nya, serta mengatur ulang kinerja ECU agar didapat racikan pembakaran yang sempurna di ruang mesin. Dan supaya pengendalian juga semakin presisi, dipasang sistem suspensi coilover baru yang juga sekaligus turut membuat mobil lebih rendah 45 mm dari kondisi standar Abarth 595.

Hasil dari pemasangan alat-alat baru ini mampu membuat mobil tersebut bisa melesat 0-100 km/jam hanya dalam 6,2 detik serta memiliki kecepatan maksimal 232 km/jam. Hal ini lantara mesin mobil tersebut sudah tercatat menjadi 217 Hp dengan torsi 350 Nm.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top