Pininfarina B95: Barchetta Listrik Pertama Di Dunia

29/08/2023

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Pininfarina B95: Barchetta Listrik Pertama Di Dunia
Masih butuh bukti bahwa mobil listrik itu keren? Mari berkenalan dengan barchetta listrik pertama yaitu Pininfarina B95 berdaya 1900 dk…

Pininfarina B95
Harga Pininfarina B95 dibanderol 4,4 juta euro atau Rp 72 miliar

Jika ada merek mobil bisa menunjukkan bahwa mobil listrik itu luar biasa kerennya, maka Pininfarina salah satunya. Tidak puas hanya dengan hypercar listrik berdaya 1900 dk Pininfarina Battista, kini mereka terus menggebrak dengan meluncurkan barchetta listrik pertama di dunia (18/8). Namanya, Pininfarina B95 dan diklaim sebagai barchetta pertama di dunia saat ini. 

Berasal dari kosa kata Italia berarti kapal, dalam konteks otomotif barchetta didefinisikan sebagai mobil murni beratap terbuka. Ia tidak dibekali atap lipat selayaknya konvertibel konvensional. Ciri khas lain adalah kehadiran deflektor angin kecil di depan pengemudi sebagai pengganti kaca depan. Salah satu contoh barchetta modern adalah Ferrari SP1 dan SP2 Monza, atau McLaren Elva.

>>> Dapatkan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas lainnya di sini

desain Pininfarina B95 2023
Desain agak sedikit mengingatkan pada Ferrari SP1 dan SP2 Monza

Pininfarina B95 2023

Secara desain, Pininfarina B95 tidak menghadirkan sebuah keistimewaan baru. Siluetnya tidak berbeda jauh dengan hyper-barchetta meluncur duluan seperti nama-nama disebutkan di atas. Apalagi, paduan warna abu-abu dan kuning pada model diluncurkan di Monterey Car Week benar-benar mengingatkan kami akan Ferrari SP1 dan SP2 Monza. Meskipun dibuat di atas arsitektur sama dengan Battista, B95 terlihat berbeda dengan lampu depan segaris mirip dengan konsep Pininfarina PURA Vision.

>>> Rumah Desain Italia Ini Siap Rancang Pikap Listrik Bertenaga 1.000 HP

Elemen menarik pada desain adalah kehadiran sepasang aero screen untuk melindungi pengemudi dan penumpang. Dengan desain terinspirasi pesawat tempur klasik, aero screen terbuat dari polycarbonate ini bisa diatur kemiringan sesuai dengan kenyamanan pengendara. Sementara, interior terlihat memiliki paduan elemen desain modern dan retro. Terutama lewat kehadiran Pied de Poule Houndstooth Luxury Textile bermotif hitam putih kotak-kotak.

interior Pininfarina B95
Interior hadir dengan paduan modern dan retro

Sebagaimana Battista, sumber tenaga B95 masih menggunakan motor listrik 1900 dk terletak di keempat roda dan mendapatkan tenaganya dari baterai disuplai Rimac. Ini memberikan sensasi akselerasi 0-100 km/jam tak sampai dua detik dengan kecepatan puncak lebih dari 300 km/jam. Rencananya, Pininfarina akan memproduksi hanya sebanyak 10 unit B95 yang masing-masingnya akan dihargai 4,4 juta euro atau sekitar Rp 72 miliar.

>>> Edisi Spesial Bertema F1 Hypercar Listrik Tercepat Pininfarina Battista

Direktur & Publisher Cintamobil.com yang bergabung sejak 2018. Memiliki pengalaman 20 tahun di industri media otomotif dengan hobi mengoleksi mobil-mobilan balap. Sepanjang karirnya Adit akrab dengan test drive di sirkuit-sirkuit teranama seperti Fiorano, Fuji, Shanghai, hingga Sepang. 
 
back to top