Perusahaan Startup India Kenalkan Mobil Listrik Teringan di Dunia

26/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Sebuah perusahaan startup asal India memperkenalkan sebuah Hypercar yang digadang-gadang sebagai mobil listrik paling ringan di dunia. Seperti apa tampilannya?

Perusahaan bernama Vazirani Automotive asal Mumbai, India meluncurkan prototipe Hypercar listrik bernama Ekonk. Prototipe ini merupakan pengembangan dari mobil konsep Shul yang sempat muncul di Goodwood Festival of Speed beberapa bulan yang lalu.

Gambar Vazirani Shul

Vazirani Shul merupakan Hypercar listrik pertama dari dataran Bollywood

Mereka mengklaim bahwa mobil listrik tersebut merupakan yang paling ringan di dunia sekaligus tercepat yang pernah diproduksi di India. Seperti apa detailnya? Simak ulasan dari kami di bawah ini.

>>> Wuih! India Punya Mobil Listrik Bertenaga 1.000 HP!

Bobotnya Hanya 738 Kilogram!

Ucapkan selamat tinggal pada penumpang, karena Ekonk hanya dibekali dengan satu kursi saja bak mobil balap. Nuansa tersebut juga muncul dari desain bodi mobil ramping dan fender menonjol seperti sebuah mobil konsep Le Mans.

Bodi mobil ini sepenuhnya dibuat dengan material serat karbon yang sangat ringan dan tidak dibekali dengan alat bantu pengemudi elektronik. Wajar jika bobot keseluruhan mobil ini bisa mencapai 738 kilogram.

Gambar Vazirani Ekonk

Penggunaan serat karbon membuat bobot Ekonk hampir setara mobil Formula 1

Ekonk menggunakan teknologi baterai yang didingkan melalui aliran udara. Berbeda dengan kebanyakan mobil listrik yang mengandalkan sistem pendingin yang menggunakan cairan.

Vazirani Automotive menyebutkan bahwa teknologi yang diberi nama 'DiCo' itu didasari pada biomimikri yang digunakan oleh hewan untuk mengatur suhu tubuh mereka melalui pernapasan.

>>> Mobil Listrik India Tata Tigor EV Meluncur, Dibanderol Rp 200 Jutaan!

Bagimana Dengan Tenaganya?

Perusahaan startup asal India ini tidak memberikan detail mengenai motor listrik yang digunakan mobil ini. Namun, mereka mengklaim bahwa Ekonk dapat menghasilkan tenaga 722 HP yang membuat power-to-weight ratio-nya mendekati 1:1.

Gambar Fascia Ekonk

Belum ada kepastian jika mobil listrik paling ringan di dunia ini akan dipasarkan nantinya

Mobil ini telah diuji dalam bentuk prototipe di jalur kecepatan tinggi Natrax di dekat Indore, India. Dalam pengujian tersebut, mobil ini mampu berakselerasi dari 0 - 100 km/jam dalam waktu 2,5 detik dengan kecepatan tertinggi mencapai 309 km/jam.

Vazirani Automotive belum menyebutkan apakah Ekonk akan diproduksi secara massal atau tidak. Tetapi, mereka memastikan bahwa beberapa teknologi dari mobil ini akan diaplikasikan ke versi produksi dari Shul yang akan dipasarkan dalam beberapa waktu ke depan.

Meski baru memperkenalkan dua mobil, perusahaan yang didirikan oleh Chunky Vazirani ini mampu menyita perhatian dunia melalui potensi Hypercar listrik mereka.

>>> Simak Harga dan Promo Mobil-mobil Baru di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top