Perkembangan Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik Akan Meningkat Tajam Tahun Depan

03/01/2018

Mobil baru
Share this post:
Perkembangan Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik Akan Meningkat Tajam Tahun Depan
Saat ini, stasiun pengisian bahan bakar bensin jauh melebihi stasiun pengisian mobil listrik dengan jumlah margin yang sangat besar. Namun, para ahli dan pakar otomotif mengatakan bahwa dengan rencana besar perkembangan mobil listrik tahun depan, stasiun pengisian bahan bakar listrik akan berkembang dengan sangat pesat.

Contoh stasiun pengisian daya mobil listrik yang sedang mengisi daya mobil listrik

Contoh stasun pengisian daya kendaraan listrik

Dengan keinginan Tesla dan beberapa produsen mobil lain untuk mengembangkan kendaraan listrik, tentu saja tahun depan menjadi babak baru dalam perkembangan kendaraan listrik. Seperti yang dilaporkan oleh peneliti dari Universitas Michigan, awal tahun ini 16.000 stasiun pengisi daya kendaaran listrik dibangun di Amerika. Dengan lebih dari 43.000 konektor atau pengisi daya, berdasarkan data dari pemerintah federal.

China saat ini memiliki 190.000 pengisi saya yang terpasang pada bulan September 2017, dengan rencana besar dari pemerintah untuk memperluas jaringan menjadi 800.000 titik pengisian yang tersebar di seluruh China.

Stasiun pengisian daya mobil listrik yang sedang mengisi daya bus listrik di China

China menjadi negara dengan perkembangan kendaraan listrik paling pesat

Tesla juga akan berbenah mengikuti persaingan mobil listrik dan stasiun pengisian ini. Produsen mobil listrik ini mengklaim akan membeli sekitar 5.000-10.000 supercharger awal tahun ini. Jumlah yang mengesankan, dengan lebih 3.150 supercharger lagi yang akan ditambahkan tahun ini.

>>> China sudah menyetujui uji coba mobil listrik dilakukan di jalanan kota

Volkswagen yang juga memperbaharui armada kendaraan listriknya juga berencana memasang 2.800 stasiun pengisian di 17 kota terbesar di Amerika pada bulan Juni tahun depan. Produsen mobil Electrify Amerika juga akan menyebarkan sektiar 500 lokasi. Sekitar 75% stasiun akan dibangun di tempat kerja dan sisanya di tempat tinggal keluarga, seperti apartemen dan kondominium.

Pengisian daya listrik yang dikembangkan oleh IONITY

Beberapa produsen mobil yang bergabung dalam IONITY, yaitu BMW, Daimler, Ford, Volkswagen dengan Audi dan Porsche-nya yang diresmikan November kemarin. Mereka berencana untuk menyebarkan lebih dari 400 stasiun pengisian cepat di seluruh Eropa pada 2020. Stasiun ini akan mempunyai High-Power-Charging (HPC atau pengisian daya besar) yang akan mempunyai kapasitas lebih dari 350kW.

>>> Klik di sini untuk mengupdate berita tentang mobil - mobil baru!

Eropa baru saja akan membuat jaringa pengisian daya “ultra-cepat” pertama yang dipasang dengan kapasitas mencapai 350kW di Jerman. Jaringan ini merupakan yang pertama dari 21 stasiun yang akan segera ditempatkan di wilayah tersebut. Pada 21 Desember, Allego mengumumkan pemasangan pertama yang ditempatkan di Kleinostheim, wilayah dekat Frankfurt, Jerman. 21 stasiun akan dipasang di seluruh Belanda, Belgia dan Jerman, dibawah proyek Ultra-E.

Konsep pengisian daya super cepat yang dikembangkan oleh IONITY

Proyek pengisian daya cepat oleh Ultra-E

Pengisian daya super cepat diproyeksikan akan mampu mengisi daya mobil listrik dengan jarak 300-450 km dengan kecepatan pengisian sampai 15 menit. Tentu saja hal ini akan meningkatkan kompetisi mobil listrik, apalagi ketika kendaraan listrik mulai dijual secara global di seluruh dunia.

>>> Klik di sini untuk mengupdate berita mobil terbaru!

Share this post: