Percobaan Volkswagen I.D. R Pikes Peak Menaklukan Tantangan Colorado Springs

26/04/2018

Mobil baru
Share this post:
Percobaan Volkswagen I.D. R Pikes Peak Menaklukan Tantangan Colorado Springs
Volkswagen sepertinya tidak main-main dalam pernyataanya untuk mengambil alih rekor mobil listrik tercepat pada ajang tahunan Pikes Peak International Hill Climb pada Oktober 2017 lalu. Mobil balap I.D. R Pikes Peak akhirnya diperkenalkan, dan Volkswagen menyatakan bahwa mobil ini lebih cepat dibandingkan mobil Formula 1.

Era baru untuk Volkswagen di motorsport, mengeluarkan ledakan tenaga 500 kW (680 hp) dan torsi 650 Nm, Volkswagen I.D. R Pikes Peak dengan berat kurang dari 1.1 ton ini akan ikut serta dalam balapan mendaki Pikes Peak di Colorado Springs, Amerika, pada 24 Juni 2018.

R. Pikes Peak diresmikan pertama kali di Alès, Prancis dengan tujuan untuk mengalahkan catatan waktu tercepat 8 menit dan 57,118 detik. Ledakan lari 0 hingga 100 km/jam dalam 2,25 detik membuat mobil ini lebih cepat daripada mobil Formula 1 dan Formula E.

Gambar yang menunjukan mobil terbaru Volkswagen I.D. R Pikes Peak berwarna hitam

Lebih cepat dari Formula 1, Volkswagen I.D. R Pikes Peak 

Anggota Dewa Manajemen yang bertanggung jawab untuk Pengembangan, Dr. Frank Welsch, menjelaskan dalam pernyataan resminya, “Tujuan Volkswagen adalah mencapai puncak electromobilitas dengan keluarga I.D. Dengan demikian, keterlibatan Volkswagen di Pikes Peak tidak hanya menetapkan tren untuk masa depan kami di motorsport, tetapi juga sangat penting dalam arti simbolis.”

>>> Baca juga Supercar gila Devel Sixteen

Selain itu, dalam keterangan tertulisnya, Volkswagen menjelaskan tujuan utama dalam mengembangkan Volkswagen I.D. R Pikes Peak adalah untuk menemukan keseimbangan ideal antara kapasitas dan berat energi. Fokusnya bukan hanya melaju dengan kecepatan kecang, tapi juga menghasilkan kinerja maksimum di jalanan.

Baterai lithium ion pada mobil ini digunakan untuk menyimpan lebih banyak energi. Kepadatan daya baterai lit-ion menjadi faktor penting untuk menghasilkan tegangan tinggi yang bisa mengantarkan I.D. R melaju pada kecepatan tertinggi dalam perjalanan ke puncak Pikes Peak.

>>> Baca juga berita mobil baru lainnya disini

Gambar yang menunjukan Romain Dumas yang akan mengendarai Volkswagen I.D. R Pikes Peak

Romain Dumas yang akan menjajal Volkswagen I.D. R

Pembalap kelas dunia dan juara Pikes Peak, Romain Dumas akan berada dibalik kemudi I.D. R Pikes Peak dalam upaya pemecahan rekor ini. Pembalap Prancis berusia 39 tahun ini telah memenangkan 3 kemenangan di Pikes Peak, selain 2 kali kemenangan di 24 Hours of Le Mans.

Pikes Peak merupakan tantangan paling aneh dalam balapan, dimana peserta harus mendaki sepanjang daerah perbukitan Colorado Springs. Mulai dari 2.862 meter di atas permukaan laut, 1.440 meter pendakian vertikal, dan 156 tikungan, peserta harus berpacu untuk mencapai puncak tertinggi 4.302 meter di atas permukaan laut.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top