Perbandingan Harga Honda N7X vs Toyota Rush vs Xpander Cross

31/08/2021

Mobil baru

3 menit

Sebagai nama baru di segmen Low SUV di Indonesia, mari kita intip bagaimana perbandingan komparasi dan harga Honda N7X dengan Toyota Rush dan Xpander Cross.

Honda N7X dipersiapan sebagai pengganti Honda BR-V dengan tampilan yang lebih sporty dan dimensi yang lebih besar. Sebelum resmi diperkenalkan di Indonesia pada September nanti, simak komparasi spesifikasi dan harga Honda N7X dibandingkan penghuni lama dari segmen Low SUV di Indonesia, Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Cross terbaru.

Toyota Rush

Dengan kemunculan Honda N7X, Toyota pun tak ketinggalan memperbarui Low SUV miliknya. Toyota memperkenalkan Toyota Rush GR Sport pada bulan Agustus dengan sedikit perubahan eksterior dan penambahan fitur yang lebih lengkap.

Toyota Rush GR Sport 2021 berwarna putih
Tampilan terbaru Toyota Rush GR Sport 2021

Ubahan terbaru mulai dari bumper depan dan belakang, grille, serta bagian samping dengan side body moulding dan logo GR Sport yang menawan. Di dalam, Rush mendapatkan fitur idling start-stop guna menghemat bahan bakar serta head unit yang sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Di sektor keselamatan, ada Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Hanya saja dari segi mesin tidak ada perubahan yang diberikan pada mobil ini. Rush GR Sport mendapatkan mesin berkapasitas 1.5 liter dengan kode 2NR-VE yang mampu menghadirkan tenaga hingga 104 PS dan torsi maksimum 136 Nm.

>>> Toyota Rush vs Fortuner Diesel, Mana Yang Lebih Worth It Dibeli?

interior Toyota Rush GR Sport 2021 berwarna hitam
Interior tak mengalami banyak ubahan dibandingkan tipe standar

Harga yang ditawarkan pun tak begitu tinggi, namun berbeda Rp 5 jutaan dibandingkan Rush TRD Sportivo. Rush saat ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 245 jutaan. Sedangkan harga Toyota Rush GR Sport untuk transmisi manual mulai dari Rp 256 jutaan dan Rp 266 jutaan untuk transmisi otomatis.

>>> Bedah Fitur Toyota Fortuner dan Rush GR Sport Terbaru

Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi sempat menggebrak dengan memperkenalkan versi SUV dari MPV penantang Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander. Dengan tambahan titel “Cross”, Mitsubishi membawa model yang lebih berani dan gaya yang lebih maskulin dengan berbagai perubahan pada sisi eksterior dan interior.

mobil baru Mitsubishi Xpander Cross berwarna cokelat
Xpander Cross yang lebih tinggi dari Xpander biasa

Dibuat lebih panjang, dengan lampu depan LED dan roof rail pada atap, ruang kabin sudah berbalut kulit. Fiturnya bisa dibilang lengkap, dengan Active Stability Control, Cruise Control, dan Hill Start Assist, mobil ini sudah mendapatkan fitur parking sensor.

Xander Cross menawarkan mesin 1.5 liter MIVEC bertenaga 104 PS dan torsi 141 Nm. Dipadukan penggerak roda depan yang membantu meminimalisir tenaga yang terbuang ketika berkendara. Mitsubishi juga menawarkan ground clearance 225 mm, tertinggi dibandingkan Low SUV lainnya dan suspensi yang lebih kuat dibandingkan Xpander biasa.

>>> Keuntungan Beli Edisi Spesial Xpander dan Xpander Cross

interior Mitsubishi Xpander Cross 2021 berwarna hitam
Interior Xpander Cross didominasi dengan warna hitam

Sedangkan jika dibandingkan dengan kedua mobil yang ada di dalam daftar ini, Xpander Cross menawarkan harga yang cukup tinggi. Mengingat harga Mitsubishi Xpander Cross varian terendah dimulai dari Rp 276 jutaan hingga Rp 299 jutaan untuk Xpander Cross dengan Premium Package.

Honda N7X

Diprediksi meluncurkan bulan September mendatang, ada beberapa perubahan yang diberikan pada N7X dibandingkan BR-V sebelumnya. Dari segi dimensi, mobil ini dipercaya lebih panjang, lebih lebar, dan lebih tinggi dibandingkan BR-V. Hal ini memungkinan ruang kaki yang tentunya lebih baik dibandingkan BR-V.

mobil konsep Honda N7X di balik kandang kaca
N7X dibuat dengan dimensi yang lebih besar dari Honda BR-V

Meski Honda belum menyebutkan fitur Honda N7X, data yang terlampir pada Samsat Jakarta membawa kode “HS”, mengindikasikan bahwa mobil ini sudah mendapatkan fitur Honda Sensing yang sudah ditemukan pada Honda CR-V. Beberapa fitur yang ditawarkan seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assist (LKAS) maupun Auto High Beam (AHB).

Namun untuk tenaga yang ditawarkan, spesifikasi Honda N7X diprediksi tak begitu jauh dengan Honda BR-V, yaitu menggunakan mesin berkubikasi 1.5 liter. Belum ada laporan mengenai tenaga yang ditawarkan, namun bandingkan dengan 118 PS dan 145 Nm yang digunakan oleh Honda BR-V di Indonesia.

>>> Honda N7X Concept Bakal Unjuk Gigi di Bandung hingga Makassar

harga Honda N7X terbaru di Indonesia
Harga Honda N7X yang didaftarkan pada Samsat DKI Jakarta

Honda juga masih merahasiakan harga Honda N7X. Jika dilihat pada laman resmi Samsat Jakarta, mobil ini mendapatkan banderol mulai dari Rp 210 jutaan. Sehingga untuk harga Honda N7X diprediksi berkisar mulai dari Rp 240 juta hingga Rp 270 juta ketika memperhitungkan pajak yang diberikan. Cukup menarik untuk sebuah Low SUV tangguh perkotaan.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top