Penjelasan Berbagai Perubahan dan Penambahan Daihatsu Grand New Xenia

16/01/2019

Mobil baru
Penjelasan Berbagai Perubahan dan Penambahan Daihatsu Grand New Xenia
Sejalan dengan perubahan baru Toyota Avanza Selasa, (15/1) lalu, Daihatsu Astra Motor (ADM) juga memperkenalkan edisi teranyar Daihatsu Xenia. Lalu, bagaimana perbedaan dan peningkatan yang didapatkan Xenia pada ulang tahun ke-15 LMPV andalan Daihatsu ini?

Daihatsu Xenia yang merupakan kembaran Toyota Avanza adalah bentuk proyek joint venture Daihatsu-Toyota yang sukses bergulir selama 15 tahun terakhir. Dan untuk usia ke-15 kedua model Low MPV sukses ini, Daihatsu bersama Toyota sama-sama meluncurkan penyegaran pada masing-masing model baik itu Daihatsu Xenia, serta duet Toyota Avanza dan Toyota Veloz.

Di sela-sela penjelasan mengenai product improvement yang dilakukan pada model Low MPV 'Squad Sunter', pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku ATPM Daihatsu mengungkapkan sekelumit kisah mengenai bagaimana perjalanan Daihatsu Xenia dan model-model kembarannya mengalami evolusi secara tampilan dan fitur. Sekedar informasi, pihak R&D Daihatsu mengungkapkan bahwa proses riset terhadap tampilan Daihatsu Xenia dan model kembarannya sudah dilakukan sejak 1.5 tahun lalu. Dalam hal manufaktur masih dirakit di pabrik Daihatsu di Sunter, Jakarta Utara, dengan tingkat kandungan lokal mencapai 95% untuk Daihatsu Grand New Xenia. 

Menariknya, dalam proses riset desain pun dilakukan di fasilitas Research and Development Center (R&D) berlokasi di Karawang, Jawa Barat, dimana pengerjaan dilakukan oleh anak bangsa dengan turut mengajak bertukar pikiran dan andil serta dari pihak Toyota untuk memberikan variasi secara tampilan maupun fitur antara Daihatsu Xenia, Toyota Avanza dan Toyota Veloz. Dengan demikian, ubahan yang dihadirkan ketiga Low MPV ini sudah sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar masing-masing di Indonesia.

beberapa petinggi Daihatsu dalam peluncuran Grand New Xenia

Peluncuran pertama Daihatsu Xenia di Daihatsu Astra Biz Centre, BSD, Serpong

>>> Bukan Andalkan Tampang, Ini Dia Pengembangan Kuncian New Toyota Avanza Dan New Toyota Avanza Veloz

Salah satu yang cukup menjadi perhatian adalah disaat pabrikan berlomba-lomba menggunakan sistem pengereman Automatic Brake System (ABS) pada lini produknya, Daihatsu hanya memberikan fitur yang sudah umum untuk model modern ini pada varian tertinggi, yaitu Grand New Xenia 1.5. Pertanyaan ini dijawab oleh Amelia Tjandra selaku Marketing Director Astra Daihatsu Motor (ADM).

“Pada dasarnya Daihatsu mampu untuk membuat semua varian Daihatsu lengkap safetynya. Tetapi secara marketing strategi, kita harus membedakan setiap varian. Karena jika tidak, harga akan menjadi satu,” ungkap Amelia. “Varian yang paling rendah, kami melihat mereka lebih membutuhkan price yang sangat kompetitif. Sehingga kami memutuskan untuk tidak memberikan sistem ABS.”

>>> Berita mobil baru di dalam dan luar negeri ada di sini

Perhitungan untuk perubahan minor

Memang, setelah 15 tahun bertarung di pasar Low MPV di Indonesia, Daihatsu hanya memberikan perubahan minor untuk Xenia. Daihatsu mengungkapkan bahwa perubahan tersebut melihat perkembangan pasar. Dengan nama Xenia yang masih berada sebagai salah satu LMPV terlaris di Tanah Air, Daihatsu menyebutkan perubahan minor merupakan solusi terbaik.

Selain pada eksterior, perubahan yang bisa dilihat adalah penambahan mesin 1.5 pada model tertinggi Xenia, menggantikan mesin 1.0 liter yang sudah tidak diproduksi lagi. Dijelaskan oleh Amelia, “Varian 1.5 adalah strategi kami untuk menjaga pemakai Xenia yang ingin naik kelas. Bagian dari komitmen kami untuk memuaskan pemakai Xenia. Jika sudah 15 tahun memakai, dan ingin mengganti, ini dia varian 1.5.”

>>> Tertarik membeli Daihatsu Xenia? Intip daftarnya di sini

Grand New Daihatsu Xenia dalam peluncuran di Astra Biz Centre

Beberapa peningkatan Avanza tidak diberikan kepada Xenia sebagai strategi marketing

Xenia juga masih belum mengadopsi fitur ‘Engine Start-Stop Button’. Ternyata, alasan yang diberikan oleh Amelia mirip dengan menggunakan fitur ABS untuk varian tertinggi Xenia. Yaitu, strategi marketing untuk membedakan antara Avanza-Xenia dengan Toyota Veloz, yang mana fitur 'Engine Start-Stop Button' disematkan.

Setelah dipamerkan di Jakarta, Xenia baru akan dibawa ke beberapa kota di Indonesia, meskipun beberapa daerah seperti Medan akan mendapatkan keterlambatan. Sedangkan untuk harga, pihak Daihatsu menyebutkan bahwa harga semua varian masih tetap sama dengan sebelumnya. 

>>> Informasi dunia otomotif terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top