Penantang Daihatsu Rocky Baru Bisa Dipesan di Korea, Punya Fitur ADAS

16/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mini SUV Hyundai Casper yang siap melawan Suzuki Ignis, atau Daihatsu Rocky dengan dimensi yang lebih besar mulai dijual di Korea Selatan dengan fitur ADAS.

Hyundai mengumumkan bahwa mereka telah membuka keran pemesanan awal di Korea Selatan untuk SUV terkecilnya yang akan melawan duo Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, yaitu Casper. Pemesanan dilakukan melalui situs web khusus, bukannya laman resmi penjualan konvensional untuk jangka dua minggu, sebelum peluncuran resmi 29 September mendatang.

Ada mesin turbo

Tiga level trim yang ditawarkan, yaitu Casper Modern dan Inspiration yang sudah mendapatkan mode berkendara 2WD, yang secara otomatis memodulasi input throttle dan pengereman sesuai dengan kontur jalan buruk yang dilalui, seperti kondisi jalanan bersalju, lumpur, dan pasir.

mini SUV Hyundai Casper penantang Daihatsu Rocky
Penantang Daihatsu Rocky ini siap dibawa melewati kontur jalan kasar

Ada dua pilihan mesin, yaitu unit MPI 1.0 liter naturally aspirated dengan tenaga maksimal 76 PS dan torsi puncak 95 Nm. Sedangkan model turbo T-GDI 1.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 100 PS dan 172 Nm, sama dengan yang ditemukan pada hatchback sporty hyundai i10 N Line.

Spesifikasi turbo eksklusif digunakan untuk varian Hyundai Casper Active. Disandingkan dengan trim level Inspiration menawarkan desain velg eksklusif dan spoiler belakang tambahan yang tentunya menambah kesan sporty pada mobil ini.

>>> Segini Besar Premi Asuransi Mobil Daihatsu Rocky di ACA dan Takaful

Berbekal fitur ADAS

Masuk ke dalam kabin, kursi Hyundai Casper baris kedua bisa digeser ke depan dan belakang sejauh 160 mm, dengan kemampuan rebah hingga 39 derajat. Cukup baik bagi Anda yang ingin merasakan kenyamanan dalam perjalanan jauh.

bagasi Hyundai Casper dengan pengemudi dan anjing di bagasi
Kepraktisan terlihat dari kursi yang bisa dilipat

Kapasitas bagasi 301 liter jika kursi belakang digeser ke depan. Kepraktisan yang ditawarkan pun tak kalah dibandingkan dengan model SUV keluarga yang lebih besar. Barang yang lebih panjang bisa dimasukkan ke dalam kabin memanfaatkan panjang hingga 2 meter pada saat kursi penumpang baris pertama dan kedua dilipat.

Fitur infotainment terbilang canggih, menghadirkan Hyundai CarPlay. Lengkap dengan fitur pembayaran tanpa uang tunai yang disematkan di dalam kendaraan, serta voice recognition yang menawarkan fungsionalitas hands-free. Ada pula head unit bergaya floating dan tak lupa kluster instrument dengan panel digital.

>>> Hyundai Casper Resmi Diperkenalkan, Bakal Ada Versi Listrik Juga Nih?

dashboard Hyundai Casper terbaru dengan panel digital
Tak berbeda dengan Daihatsu Rocky, interior Hyundai Casper dibekali panel digital

Perlengkapan standar mulai dari 7 airbag dan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang sama dengan Rocky. Fitur ini termasuk Forward Collision Avoidance, Lane Keeping Assist, Driver Attention Warning, dan High Beam Assist. Untuk trim Modern, teknologi SmartSense termasuk Rear Cross-Traffic Avoidance dan Smart Cruise Control.

Mobil ini dibanderol mulai dari 13,85 juta won (Rp 168 jutaan). Dan tambahan 900 ribu won (Rp 10 jutaan) untuk versi turbo Casper Active. Dengan agresivitas Hyundai di Indonesia, tak menutup kemungkinan Casper bakal dimasukkan ke Tanah Air sebagai penantang duo Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

>>> Harga mobil Hyundai terbaru dan promo 2021 terbaik ada di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top