Pemesanan Mobil Listrik Futuristik Volkswagen ID.3 Sudah Dibuka di Eropa

10/05/2019
Siap untuk menantang Tesla yang saat ini berkuasa di Eropa, Volkswagen telah mulai membuka keran pemesanan Eropa untuk mobil listrik jarak jauh pertamanya. Diberi nama Volkswagen ID.3, pabrikan asal Jerman ini mengumumkan rincian biaya dan beberapa fitur yang bisa didapatkan.

Menggunakan tubuh hatchback, Volkswagen ID.3 varian terbawah akan dijual dengan harga “mulai dari € 30.000” (sekitar Rop480 jutaan) dan mampu menempuh perjalanan sejauh 330 km dengan sekali pengisian daya menggunakan baterai 45 kWh. Mobil ini juga akan mendapatkan konfigurasi baterai 48 kWh dan 77 kWh, yang masing-masing mampu menempuh 420 km dan 550 km.

>>> Fitur Keselamatan Bejibun, Volkswagen T-Cross Disebut ‘Crossover Teraman Saat Ini’

tampilan depan Volkswagen ID.3 berwarna warni

Volkswagen ID.3 baru membuka pemasaran di Eropa

ID.3 akan hadir dengan tiga varian. Versi dasar mencakup fungsi kontrol suara dan sistem navigasi. Edisi “ID.3 1st Plus” akan hadir dengan pencahayaan interior yang lebih mewah dan eksterior dua nada. ID.3 1st Max akan “penuh dengan inovasi”, ungkap VW, seperti tampilan head-up berteknologi augmented reality serta panoramic roof kaca yang besar.

>>> Sedang mencari mobil berbagai merek? Kami punya pilihannya!

Semua versi ID.3 dapat ditingkatkan melalui pembaruan perangkat lunak, menurut Jürgen Stackmann, Kepala Penjualan dan Pemasaran untuk Divisi Mobil Penumpang Volkswagen. Tetapi ia mengatakan dalam konferensi pers Rabu (8/5) lalu bahwa pembaruan tersebut bisa dilakukan dengan mengunjungi diler VW atau langsung diunduh.

Mobil ini merupakan mobil pertama Volkswagen yang dibangun pada Modular Electric Toolkit (MEB), platform teknologi untuk kendaraan listrik dengan paket baterai dan motor. Volkswagen Group berencana untuk menggunakan platform MEB untuk memberi tenaga berbagai macam mobil listrik, dari VW, Audi, hingga Porsche.

>>> Berita mobil baru terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

tampilan samping Volkswagen ID.3 berwarna warni

Desain futuristic terlihat jelas dari Volkswagen ID.3

Stackmann juga mengatakan VW akan menawarkan garansi penuh pada baterai ID.3 hingga delapan tahun, 160.000, atau penyusutan baterai hingga 70% dari kapasitas maksimum aslinya. Ia menambahkan bahwa mobil akan dilengkapi dengan teknologi bantuan pengemudi canggih, tetapi belum menjelaskan detail harga.

Bagi pelanggan yang ingin memesan mobil ini, Volkswagen mengenakan deposit € 1.000 (Rp16 jutaan). Produksi dijadwalkan akan dimulai pada akhir tahun ini, sedangkan pengiriman untuk Kawasan Eropa akan dilakukan pada pertengahan 2020.

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain