Pembeli Toyota GR Yaris Dipilih Melalui Undian

19/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Sports car terbaru Toyota yang diproduksi terbatas, Toyota GR Yaris menjadi hot selling item di Indonesia sehingga pembeli harus ditentukan melalui undian

Bersamaan  dengan  peluncuran model Toyota GR Sport (Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport dan Veloz GR Limited), PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada 19 Agustus 2021 juga merilis secara resmi Toyota GR Yaris. Sejatinya, Toyota GR Yaris adalah sports car yang dikembangkan secara langsung dari  WRC (World Rally Championship). 

>>> Gokil, Drifter ini Kawinkan Toyota GR Yaris dengan Mesin 2ZJ

Edisi Istimewa

Secara teknis, hothatch 3 pintu berbasis Toyota Yaris itu adalah  produk global yang diproduksi secara terbatas untuk memenuhi syarat homologasi World Rally Championship (WRC). Sementara dari sisi pengembangan produk, hothatch Toyota ini menganut metode reverse engineering yaitu dari mobil balap yang dijadikan mobil produk masal untuk pemakaian harian.

gambar toyota gr yaris

Salah satu hothatch Toyota yang menjadi hot selling item

Berangkat dari keistimewaan tersebut, hothatch Toyota yang diproduksi di jalur khusus pabrik Toyota Motomachi, hanya dibuat sebanyak 25.000 unit untuk seluruh dunia. Lalu prinsipal Toyota  akan membagi jumlah produksi tadi sehingga setiap negara akan mendapatkan jatah yang berbeda-beda satu sama lain. Sebagai contoh, Indonesia mendapatkan hatchback sport 3 pintu ini sebanyak  100 unit, sedangkan Thailand hanya menerima kuota 40 unit.  

Undian Pembeli

Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandy,  terjadi perkembangan menarik tentang hatchback sport 3 pintu untuk Indonesia. “Kuota dari prinsipal Toyota untuk Indonesia adalah 100 unit, sedangkan inden mencapai 600 unit. Harganya Rp 850 juta (OTR DKI Jakarta),” ujarnya melalui  jumpa pers online 19 Agustus 2021. Belakangan, Dimas Aska selaku Interactive Communication Department Head PT Toyota-Astra Motor (TAM), memberikan info terbaru, “Jatah untuk Indonesia adalah 125 unit dan inden mencapai 615 unit.” 

Toyota GR Yaris 2021

Pembeli harus rela diundi untuk bisa dapat mobil ini

Terkait hal itu dan untuk mencegah “main mata” antara dealer dan konsumen, TAM menarik semua daftar inden konsumen dari dealer. “Besok (20 Agustus 2021), kami akan melakukan pengundian untuk memilih konsumen penginden,” lanjut Anton Jimmy Suwandy. Setelah pengundian konsumen, tahapan selanjutnya adalah  daftar inden diproses menjadi SPK yang lalu dikirim ke Jepang. “Diharapkan bulan Nopember 2021 kami sudah bisa mengirim  unit pesanan  konsumen,” tambah Dimas Aska.  

Mengantisipasi konsumen yang menjual kembali unit yang sudah diterima, Anton Jimmi Suwandy menegaskan kalau TAM sudah berbicara dengan dealer dan memastikan bahwa konsumen yang membeli adalah benar-benar pemakai. “Kami menghimbau dan sangat menyayangkan kalau ada konsumen yang menjual kembali mobilnya,” ujar alumnus Fakultas Teknik jurusan Mechanical Engineering Universitas Gajah Mada itu.   

Hanya Manual 

gambar toyota gr yaris

Untuk seluruh dunia hanya tersedia dengan transmisi manual 6-speed

O iya, hatchback sport 3 pintu Toyota ini untuk seluruh dunia hanya tersedia dengan transmisi manual 6-speed dan mesin 1,6 liter turbo. “Untuk pasar Jepang (JDM), juga tersedia dengan pilihan transmisi otomatis (CVT) dan mesin 1,5 liter,” jelas Dimas Aska, lulusan Institut Teknologi Bandung dengan bidang MBA Business in Marketing.   

>>> Ludes Terjual di IU, Intip Spesifikasi Toyota GR Yaris 2021 Indonesia

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top