Pasokan Kurang, Toyota Avanza Baru Awali 2019 Di Posisi Dua

28/02/2019

Mobil baru
Share this post:
Pasokan Kurang, Toyota Avanza Baru Awali 2019 Di Posisi Dua
Mengawali tahun 2019 dengan tampilan serba baru, penjualan Toyota Avanza malah terkoreksi. Gabungan penjualan Toyota Avanza lama dengan Toyota Avanza baru menempatkan Avanza di posisi dua di bawah Mitsubishi Xpander.

Persaingan seru langsung tersaji di awal 2019 dengan diluncurkannya banyak model baru. Seperti yang sudah-sudah persaingan paling ketat masih didominasi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Dari data yang sudah dirilis kedua pabrikan diketahui, penjualan Mitsubishi Xpander (wholesales) pada bulan Januari 2019 masih lebih banyak dibanding penjualan Toyota Avanza. Xpander terjual sebanyak 5.708 unit, sedangkan Avanza terjual sebanyak 5.500 unit. Walhasil, di bulan pertama 2019 Mitsubishi Xpander langsung menempati posisi puncak segmen low MPV, disusul Toyota Avanza yang berada di posisi dua.

Foto dua varian baru Mitsubishi Xpander

Dua tipe baru Mitsubishi Xpander diluncurkan di GIIAS 2018

Menurut pihak Toyota Astra Motor (TAM), hasil penjualan Toyota Avanza pada Januari 2019 sudah terbilang positif. Hasil ini sebenarnya bisa lebih baik sebab pesanan yang masuk belum semua terdistribusi dari pabrik, khususnya Toyota Avanza baru yang membuat TAM kewalahan karena saking banyaknya pemesan. "Kami masih menunggu pasokan tambahan dari ADM (Astra Daihatsu Motor) untuk memenuhi pesanan yang sudah terdaftar di diler-diler Toyota kami," tutur Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto seperti dikutip dari detikOto, (26/2/2019).

>>> Review Toyota Avanza 2019: Demi Eksistensi Di Tengah Kompetisi

Di lain pihak, hasil penjualan Mitsubishi Xpander bulan Januari 2019 ini membuat pihak Mitsubishi merasa yakin dan makin percaya diri. Xpander bakal tetap jadi pilihan utama konsumen Indonesia, meski ada banyak model diluncurkan. "Kami melihat pertumbuhan angka penjualan pada Januari 2019 sebagai sinyal positif kondisi pasar terutama untuk model Xpander. Dengan kondisi persaingan di segmen small MPV yang makin ketat dengan diluncurkannya berbagai produk penyegaran dan model baru dari kompetitor, Xpander terbukti tetap menjadi pilihan utama konsumen dengan segala fitur terbaik, layanan purna jual dan kemudahan serta manfaat dalam proses kepemilikan," kata Direktur Penjualan dan Pemasaran PT MMKSI, Irwan Kuncoro dalam keterangan resminya.

Seperti diketahui, Toyota Avanza baru menjadi model low MPV pertama yang mendapat sentuhan pembaruan di awal 2019 bersama dengan Daihatsu Xenia sebelum akhirnya diikuti model-model lain milik kompetitor. Keduanya tampil lebih modern dengan lampu LED dan desain lampu bertingkat seperti saudaranya di kelas premium, Toyota Vellfire dan Toyota Voxy. Tidak hanya itu, Toyota juga melengkapi fitur modern Start Stop Engine Button & Smart Keyless Entry untuk varian tertingginya, New Veloz 1.5L. Menariknya, dengan berbagai perubahan yang diusung semua varian Toyota Avanza baru ini tidak mengalami kenaikan harga.

>>> Dapatkan berita mobil baru terlengkap hanya di Cintamobil.com

Foto Toyota Avanza 2019 tampak dari samping depan

Toyota Avanza 2019 tampil lebih kekinian tanpa kenaikan harga

Sementara itu, Mitsubishi Xpander di awal 2019 ini belum mengusung perubahan apapun. Justru pada Januari lalu MMKSI mengambil keputusan cukup berani dengan menaikkan harga jual Xpander sebesar Rp 3 juta untuk 8 tipe yang dipasarkan di Indonesia. Apakah kedepannya masih akan terjadi salip menyalip seperti 2018 lalu, layak untuk dinanti seperti apa sengitnya persaingan Toyota Avanza baru versus Mitsubishi Xpander ini.

>>> Low MPV Lain Sudah Tampil Baru, Xpander Kapan?

Berikut ulasan Toyota Avanza baru, eksklusif oleh tim video Cintamobil.com dari lokasi peluncuran di Jakarta beberapa waktu lalu:

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Dipasok INALUM, Toyota Bakal Kurangi Impor Bahan Baku Velg Alloy

18/02/2019

Pasar mobil

Toyota menyepakati penggunaan Aluminium Foundry Alloy untuk bahan baku velg alloy kendaraan Toyota yang diproduksi PT INALUM. Dengan kesepakatan ini, Toyota dipastikan bakal menghemat lebih banyak sebab kuota impor Aluminium Foundry Alloy dari mancanegara bisa dikurangi.

Lihat juga

Bukan Mitsubishi dan Toyota, Inilah Penjual Mobil Terbanyak Di Dunia

06/02/2019

Pasar mobil

Dikenal sebagai produsen otomotif paling populer di dunia, Mitsubishi dan Toyota belum mampu menjadi yang terbaik di dunia dalam urusan penjualan. Sepanjang tahun 2018 penjual mobil terbanyak di dunia masih dipegang oleh merek asal Jerman, VolksWagen (VW).

Lihat juga

Penjualan Toyota Sienta Jeblok, Diakui Karena Salah Strategi

23/01/2019

Pasar mobil

Setelah sekian lama jadi tanda tanya, penjualan Toyota Sienta yang tidak sesuai ekspektasi akhirnya diakui karena ada kesalahan strategi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Lihat juga

Ini Dia Perbedaan Detail Antara All New Nissan Livina 2019 dan Mitsubishi Xpander 2019

21/02/2019

Mobil baru

Hampir semua orang mengetahui jika All New Nissan Livina 2019 mengambil basis dari Mitsubishi Xpander 2019. Lalu apa saja bedanya? Ini dia perbedaan detail antara All New Nissan Livina 2019 dengan Mitsubishi Xpander 2019.

Lihat juga

Keren, Livery Design Mitsubishi XPANDER Terpampang di Pesawat Garuda Indonesia

20/02/2019

Pasar mobil

Sukses menjadi mobil operasional awak pesawat Garuda Indonesia, Mitsubishi XPANDER kini benar-benar terbang mengangkasa. Livery design Mitsubishi XPANDER resmi terpasang pada badan pesawat Garuda Indonesia berjenis Boeing 737-800 NG sebagaimana nama dan logo Garuda Indonesia terpasang pada bodi Mitsubishi Xpander yang jadi operasional awak pesawat.

Lihat juga
 
back to top