Pasar Lesu, Suzuki Enggan Lepas Wagon R 7-Seater

25/08/2018

Mobil baru
Share this post:
Pasar Lesu, Suzuki Enggan Lepas Wagon R 7-Seater
Jika ragu lebih baik kembali. Mungkin inilah yang dipikirkan oleh Maruti Suzuki saat masih mempertimbangkan memproduksi MPV Maruti Wagon R 7-seater, sebagaimana dilaporkan oleh Indian Autos Blog.

Rencananya, MPV Maruti Wagon R tengah dipersiapkan dengan versi 7 tempat duduk untuk bersaing dengan pendatang baru yang sedang naik daun, semisal Datsun Go+ serta RBC Renault di India tahun depan. Namun, melihat pasar yang belum memungkinkan, Maruti Suzuki belum merasakan kekokohan MPV tiga baris tersebut di pasaran. Di Indonesia, konsep dengan nama Suzuki Wagon R 3 Rows Concept pernah ditampilkan di Indonesia International Motor Show 2013 silam.

foto produk suzuki wagon r 3 rows concept di iims 2013

Suzuki Wagon R 3 Rows Concept yang tampil di IIMS 2013 silam (foto: Suzuki Maruti)

Sebagaimana dilaporkan oleh Indian Autos Blog, Direktur Eksekutif Senior (Teknik) Maruti Suzuki, CV Raman menjelaskan tentang kemungkinan memproduksi Maruti Wagon R dengan penawaran yang lebih praktis meskipun dikemas dalam bentuk 7 kursi. Pasalnya, Maruti Suzuki sudah memiliki tiga penyerang untuk segmen MPV.

Ditemui di sela-sela media drive Maruti Ciaz 2018, sang direktur mengungkapkan, “Kami mempelajari segmen MPV, dan [segmen tersebut] benar-benar menyusut. Volume terlalu rendah. Dan jika orang membutuhkan kepraktisan 7 kursi dengan harga yang lebih murah, kami sudah menawarkan ini dengan Omni dan Eeco. Dan kami juga memiliki Ertiga yang menawarkan VFM. Jadi produk sudah tersedia.”

>>> Berbagai informasi mobil baru bisa Anda dapatkan lebih lanjut di sini

Versi 7 kursi memang akan lebih mahal dibandingkan MPV versi 5 kursi Suzuki lainnya. Meskipun belum jelas perbedaanya, diprediksi versi 7 penumpang Wagon R akan mendapatkan peningkatan kecil dibandingkan mobil yang sudah beredar di pasaran saat ini.

Suzuki sepertinya juga sedang merencanakan rancangan ulang model dengan tambahan varian listrik murni setelah tahun 2020. Namun, Raman tidak mengkonfirmasi isu ini dengan mengatakan, “Kami mencoba untuk mengembangkan EV, tapi masih belum ada pengembangan lebih lanjut untuk EV dan Wagon R. Kami masih mempelajari kelayakan EV di India.”

>>> Berita mobil baru teranyar dalam dan luar negeri hanya di Cintamobil

Gambar yang menunjukan mobil keluaran Maruti Suzuki bernama Maruti Wagon R 5 Seater

Maruti masih mengandalkan Maruti Wagon R 5 seater untuk pasar India (foto: Maruti Suzuki)

Wagon R 7 seater mungkin belum akan datang dalam waktu dekat, tapi India akan kedatangan Wagon R 5 tempat duduk akhir tahun nanti. Maruti Suzuki mengatakan bahwa versi hatchback sedang dalam pengembangan dengan mesin 1.0 Liter K-Series yang menghasilkan 65 bhp dan torsi 91 Nm.

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top