Pabrikan Inggris MG Siapkan Mobil Listrik Baru di Indonesia

24/04/2021

Mobil baru

3 menit

MG Motor Indonesia tak tanggung-tanggung datang ke Indonesia. Setelah MG ZS EV, pabrikan asal Inggris ini siap bawa mobil listrik baru dalam waktu dekat.

MG Motors memang baru saja memperkenalkan mobil listrik MG ZS EV pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021 minggu lalu. Tapi pabrikan asal Inggris ini mengungkapkan sedang mempersiapkan mobil listrik baru mereka yang akan dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat.

Ketika ditanya tentang apakah MG ZS EV akan menjadi satu-satunya mobil listrik MG di Tanah Air, Arief Syarifudin selaku Marketing & PR Director MG Motor Indonesia menegaskan keinginan MG memperkenalkan model bertenaga listrik lainnya dalam waktu dekat.

“Dan saya bisa tekankan kembali bahwa ini (peluncuran MG ZS EV) adalah awal atau langkah yang baru saja kita mulai: akan ada MG EV lainnya yang akan kita perkenalkan juga di Indonesia dalam waktu dekat," jelas Arief.

>>> Menakar Harga MG ZS EV, Calon Mobil Listrik Murah di Indonesia

MG HS Plug-in Hybrid?

Saat ini, ada dua model MG yang dipasarkan di Indonesia. Arief sendiri menyebutkan bahwa model yang akan diperkenalkan akan disesuaikan dengan kondisi pasar Tanah Air. Hal tersebut mengindikasikan model yang didatangkan bukanlah mobil listrik murni. Dan pilihan paling mungkin tertuju pada MG HS Plug-in Hybrid.

MG HS Plug-in Hybrid merupakan model ketiga MG dengan powertrain listrik serta mobil hybrid pertama dari pabrikan milik SAIC Motor dari China. Menggunakan mesin .15L turbocharged mesin dengan motor listrik 90 kW mampu menawarkan hingga 50 kilometer daya jangkau tenaga listrik.

Interiornya sama dengan MG HS standar, termasuk jok berlapis kulit, kamera 360 derajat, keyless entry, serta kontrol iklim dual zone. Untuk fitur di dalam mobil termasuk Adaptive Cruise Control, Automatic Emergency Warning, hingga Forward Collision Warning. Di Inggris, mobil ini dibanderol dengan harga £29.995 (sekitar Rp 604 jutaan).

>>> IIMS 2021: Mobil Blasteran Inggris-China Ini Bikin Pengunjung Penasaran

Hadirkan model baru?

Selain MG HS Plug-in Hybrid, ternyata ada satu model bertenaga listrik lagi yang dipasarkan MG di tanah kelahirannya. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012 di China, hatchback kompak ini memiliki panjang 4,6 meter, atau lebih panjang dibandingkan dengan Honda City Hatchback.

mobil listrik MG5 EV berwarna biru
MG5 EV bisa saja didatangkan ke Indonesia

Bersaing dengan nama populer lainnya, semisal Renault Zoe dan Nissan Leaf, MG5 memiliki baterai berkapasitas 52.5 kWh yang mampu menempuh hingga 345 kilometer hanya dalam sekali pengecasan penuh. Sedangkan pengisian dari 0 hingga 80% membutuhkan waktu 50 menit.

Bagian dalamnya memang tak terlalu lapang, tapi dipenuhi beragam teknologi anyar MG. Mobil ini sudah mendapatkan teknologi Cruise Control hingga pengaturan kursi elektrik. Memiliki kapasitas lima tempat duduk, mobil ini dibanderol mulai dari £24,495 (sekitar Rp 493 jutaan).

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top