Pabrikan China Chery Siap Boyong Mobil Ramah Lingkungan ke Indonesia

28/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Produsen mobil China Chery siap memboyong kendaraan elektrifikasinya ke Indonesia. Chery memang bukan pemain baru di industri mobil ramah lingkungan ini.

Mobil ramah lingkungan nampaknya bukan hal asing lagi saat ini. Jumlah kendaraan ramah lingkungan pun makin hari kian bertambah. Para pabrikan pun belakangan makin gencar menawarkan kendaraan elektrifikasi nan ramah lingkungan tersebut. 

Gambar menunjukan Mobil Chery

Chery Tiggo 8 Pro Hybrid

Hal itu juga terjadi di Indonesia. Sejumlah produsen mobil diketahui telah mengenalkan deretan kendaraan elektrifikasi di Tanah Air. Bahkan produsen mobil China Chery yang dikabarkan bakal mengisi pasar otomotif Indonesia juga sudah siap menyiapkan kendaraan elektrifikasinya. Chery rencananya akan mengenalkan mobil ramah lingkungannya di mancanegara, termasuk Indonesia. 

>>> Inikah Mobil Listrik Chery yang Bakal Dijual di Indonesia?

Mobil China Chery Bukan Pemain Baru di Industri Kendaraan Listrik

Chery bisa dibilang bukan pemain baru di industri ini. Chery sendiri telah memulai penelitian sekaligus pengembangan teknologi mobil yang lebih ramah lingkungan sejak tahun 1999. Pengembangan teknologi itu kemudian disebut '457' yang berarti empat platform mobil berbahan bakar baru, lima sub-sistem umum, dan tujuh teknologi inti. 

Produsen mobil China Chery juga diketahui sebagai pelopor dalam mengintegrasi penggunaan bahan bakar baru pada kendaraan, pengembangan teknologi, manajemen baterai, desain sistem baterai, desain sistem PHEV, teknologi lightweight, desain interkoneksi intelligent, pengembangan jarak tempuh, sekaligus teknologi bahan bakar hidrogen di negara asalnya. 

mobil listrik Chery

Mobil listrik Chery kian diminati di China

Belakangan Chery telah merampungkan pencapaian di bidang pengembangan baterai, motor listrik, dan sistem kontrol elektrik. Di baterai misalnya, Chery mengadopsi sel dari CATL dan pemasok baterai global lain hingga akhirnya bisa mengembangkan sendiri. Untuk memastikan sistem baterai itu aman dan tahan lama, Chery mengintegrasikan teknologi baterai Active Equalization sekaligus pengisian CVCC. 

Beralih ke motor, Chery telah menggaet Yaskawa untuk mendirikan Chery Yaskawa Electric Drive System Co.,Ltd. Motor listrik garapan Chery Yaskawa itu diklaim punya bobot lebih ringan sekaligus memiliki aliran listrik yang efisien. Bobot totalnya disebut lebih ringan hingga 22% dari produk sejenis di pasaran. 

Di bidang kontrol elektrik, Chery berhasil mengembangkan Vehicle Control Unit (VCU) sendiri. VCU itu berfungsi untuk memonitor data dari baterai dan mesin mobil yang tengah berjalan secara cepat dan akurat. 

Deretan teknologi itu telah diterapkan Chery pada sejumlah modelnya di China dan mendapat penerimaan yang baik oleh warga setempat. Tercatat untuk tahun ini saja (Januari-September 2021), penjualan mobil ramah lingkungan Chery itu mencapai 54.848 unit atau meningkat 153,4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

>>> Sebelum Meluncur, Mobil China Chery Bakal Cicipi Jalanan Indonesia

Model Apa yang Bakal Dibawa ke Indonesia?

Adapun mobil yang disematkan teknologi itu adalah EQ1. EQ1 merupakan mobil listrik garapan Chery yang dirilis pertama tahun 2017. Mobil listrik murni ini dikembangkan oleh Chery sendiri. EQ1 dibuat dengan mengusung bodi aluminium ringan, ditawarkan versi dua pintu dan empat pntu, serta memiliki jarak tempuh lebih dari 300 km. 

mobil listrik Chery

Begini tampilan Chery EQ1

Sedangkan untuk teknologi hybrid, Chery menyematkan sistem hybrid DHT. Sistem itu diklaim yang sebagai hybrid pertama yang diproduksi di China. Kini sistem hybrid canggih itu tersemat pada Tiggo 8 Pro PHEV. Tiggo 8 Pro PHEV merupakan mobil hybrid dengan empat roda penggerak. Tiggo PHEV ini memiliki kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 5 detik. 

Pabrikan mobil China Chery beberapa waktu terakhir memang telah menyatakan kesiapannya di industri kendaraan ramah lingkungan Indonesia. Meski begitu, belum diketahui dengan pasti mobil ramah lingkungan jenis apa yang bakal dijual di Indonesia. 

>>> Chery Indonesia Siap Hadirkan SUV Canggih Dan Irit BBM

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top