Nyaris Luput Dari Perhatian Media, Toyota Supra A90 2019 Tampil Perdana Di Arena Balap

22/10/2018

Mobil baru
Share this post:
Nyaris Luput Dari Perhatian Media, Toyota Supra A90 2019 Tampil Perdana Di Arena Balap
Tanpa banyak publikasi, Toyota menurunkan satu unit Toyota Supra A90 di arena balap ketahanan seri VLN di Jerman.

foto Toyota Supra a90 di Sirkuit Nurburgring

Penampilan perdana Toyota Supra A90 2019 di trek balap

Jika ada mobil paling ditunggu kehadirannya, Toyota Supra generasi IV berkode A90 mungkin merupakan salah satunya. Dan menyebalkannya, Toyota seperti bermain “tarik-ulur” kepada penggemarnya dengan tidak langsung menampilkannya ke hadapan publik. Mulai dari versi konsep Toyota Supra GR Concept di Geneva Motor Show awal tahun ini, lalu diikuti kemunculan versi prototipe berbalut kamuflase di Goodwod Festival of Speed Agustus silam. Dan terakhir, malah menurunkannya di arena balap.

>>> Akhiri 11 Tahun Bersama Camry, Toyota Perkenalkan Toyota Supra NASCAR

Tidak, bukan arena NASCAR menjadi penampilan perdana Toyota Supra A90 di arena balap. Ajang dipilih justru arena balap seri ketahanan Jerman VLN, terjun di ronde pamungkas ke-9 akhir pekan silam (20/10) berlangsung di Sirkuit Nürburgring. Daftar peserta VLN ronde DMV Münsterlandpokal membuktikan keikutsertaan Toyota Supra A90 dengan bendera Toyota Gazoo Racing, tampil di kelas SP8T, kategori khusus untuk mobil bermesin 2.600 – 4.000 cc turbo.  Untuk pembalap, diperkuat Hisashi Yabuki dan Herwig Daenens, serta Morizo yang tak lain merupakan alias dari Akio Toyoda, presiden Toyota Motor Corporation.

foto tampak samping Toyota Supra A90 di Sirkuit Nurburgring

Menggunakan no start #90, Toyota Supra A90 hadir diperkuat Morizo, isashi Yabuki dan Herwig Daenens

Sebelum balap, muncul spekulasi akan versi balap apakah Toyota Supra akan hadir. Bukan NASCAR, tentu, tetapi apakah GT3 atau GTE seperti konsep Toyota Supra GR Concept? Beberapa media luar negeri malah memprediksi versi GT4 yang jelas lebih dekat dengan versi produksi.

Kenyataannya, yang hadir justru merupakan versi identik tampil di Goodwood. Yaitu Supra model standar lengkap tanpa kamuflase. Tentu, ada imbuhan sana-sini sesuai keharusan spesifikasi balap, tetapi tidak terlihat secara fisik.

>>> Preview Toyota Supra A90 2019

Lalu bagaimana aksinya? Jelas Anda tidak akan mungkin mengharapkan Supra A90 akan langsung berjaya sebagaimana model pendahulunya. Namun setidaknya, Toyota Supra A90 bernomor #90 berhasil finish posisi ke-116, tertinggal 9 putaran dari Porsche 911 GT3 R #4 pemenang lomba. Catatan waktu terbaik diraih, 9 menit 28,164 detik.

start balap VLN di Sirkuit Nurburgring

Start balap VLN9 berlangsung di sirkuit Nürburgring (20/10)

>>> Ingin membeli mobil baru? Berikut daftar harga yang ditawarkan oleh Cintamobil.com di sini

Lucunya, penampilan Toyota Supra A90 seperti luput dari perhatian media. Bahkan, situs media Toyota Eropa dan global pun tidak memberikan rilis resmi seputar keikutsertaan Supra A90. Sepertinya Toyota tetap ingin eksistensi sports car terbarunya agar tetap misterius.

Apa pun alasannya, satu hal pasti bahwa Toyota Supra A90 akan diluncurkan secara global di Detroit Motor Show 2019 Januari mendatang. Dan hampir pasti akan ditemani oleh versi balapnya yang diprediksi tampil di Tokyo Auto Salon 2019 di bulan yang sama.

Mari kita tunggu saja detail selengkapnya.

>>> Informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top