Nissan Z Coupe 2022 Padukan Kesan Futuristik dan Gaya Retro

18/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Terinspirasi dari tampilan Nissan Z Proto, edisi terbaru Nissan Z Coupe 2022 akhirnya diperkenalkan dalam teknologi baru tapi tetap dengan gaya klasik.

Lebih dari satu dekade setelah debut perdana Nissan 370Z, pabrikan asal Jepang ini akhirnya memperkenalkan penggantinya, Nissan Z Coupe 2022. Mobil sport ini akhirnya dirilis di New York, di luar pameran New York Auto Show yang seharusnya diselenggarakan saat ini namun ditunda akibat, tentu saja, pandemic COVID-19.

Padukan Gaya Klasik

Ubahan terbaru memperlihatkan kendaraan berperforma tinggi dengan mesin twin-turbo V6, update interior yang lebih futuristik, serta tampilan luar yang hampir senada dengan mobil sport terbaru Nissan, Z Proto.

tampilan depan Nissan Z Coupe 2023 berwarna biru
Nissan Z Coupe terbaru dibuat senada dengan Z Proto

Ada dua varian yang diperkenalkan, Sport dan Performance. Tampilan fasia depan, grille bergaya persegi, dan lampu LED dengan tampilan retro terlihat mengambil inspirasi dari Z Proto. Ada partisi berwarna hitam yang terpampang di bumper, termasuk housing lampu belakang LED di bawah, dan diffuser gloss black yang mengelilingi dual knalpot mobil ini.

Model dasar Sport menggunakan velg berukuran 18 inci, sedangkan trim Performance memakai velg 19 inci yang juga ditawarkan pada Z Proto, termasuk spoiler belakang yang halus untuk menghadirkan kesan sporty yang lebih maskulin.

>>> Nissan 400Z Akan Diluncurkan Agustus 2021, Siap Hadang Toyota GR Supra

bagian belakang Nissan Z Coupe 2022 berwarna biru
Bagian belakang mendapatkan lampu LED yang sama dengan Z Proto

Nissan menawarkan 9 warna pilihan eksterior. Ada pilihan enam warna two-tone, masing-masing dengan warna atap hitam yang terlihat kontras. Ada warna Brilliant Silver, Ikazuchi Yellow, Passion Red, Boulder Grey, Seiran Blue, hingga Everest White. Nissan juga menawarkan pilihan cat satu nada, Black Diamond, Rosewood Metallic, dan Gun Metallic.

>>> Spesifikasi Nissan Z Proto Terungkap di Game Balap Project Cars 3?

Nyaman Dan Garang

Masuk ke dalam kabin. Nissan memadukan teknologi modern dan kenyamanan dengan sentuhan klasik seperti yang ditemukan pada eksteriornya. Kursi bergaya bucket meniru GT-R, dipadukan dengan pelapis kain berwarna hitam atau versi kulit yang tersedia pada varian Performance.

interior Nissan Z Coupe 2022 berwarna hitam
Bagian dalam menggabungkan teknologi dan tampilan retro

Di tengah dashboard terdapat pengukur analog seperti yang ditemukan ada Nissan 240Z, bisa digunakan untuk membaca boost turbocharger, kecepatan turbin turbo, dan voltmeter. Tak ketinggalan layar sentuh standar 8.0 inci, dan 9.0 inci dengan navigasi dan Wi-Fi pada trim Performance.

pengukur Nissan Z Coupe 2022 dengan gaya analog
Ada pengukur analog yang terinspirasi pada Nissan 240Z

Khusus untuk Proto Spec, ada elemen unik di eksterior yang ditemukan pada ruang kabin. Misalnya kaliper rem berwarna kuning dan velg RAYS 19 inci, serta balutan kulit beraksen kuning dan sisipan suede pada interior. Untuk kesan eksklusif, hanya ada 240 uni Z Proto Spec yang diproduksi.

>>> Modifikasi Digital Nissan Z Proto Tampilan Radikal Bergaya Bosozoku

Berbekal Mesin V6 3.0 Liter

Beralih ke masalah kinerja, ada mesin V6 3.0 liter twin-turbo yang mampu menghasilkan tenaga hingga 400 daya kuda dan torsi maksimal 475 Nm. Dikirim ke roda belakang, tenaga yang ditawarkan meningkat 68 hp dan 108 Nm dibandingkan 370Z yang lalu.

mesin Nissan Z Coupe 2022 berwarna hitam
Mesinnya menggunakan versi V6 3.0 liter

Manual 6-percepatan merupakan transmisi standar, dipasangkan dengan kopling berkinerja tinggi untuk menghadirkan rasa berkendara berperforma tinggi. Sedangkan trim Performance menghadirkan transmisi otomatis 9-percepatan, limited-slip differential, termasuk paddle shifter aluminium yang terinspirasi dari GT-R.

Dikembangkan dari platform 370, Nissan meningkatkan kemampuan struktural Nissan Z Coupe dengan mengubah suspensi, menambah power steering elektronik yang disebut menjanjikan “rasa mekanis yang kuat”, serta menghadirkan bagian depan yang lebih besar.

>>> 5 Inspirasi Klasik Nissan yang Terdapat pada Desain Nissan Z Proto

mobil sport Nissan Z Coupe 2022 di jalan
Nissan membawa beberapa teknologi keselamatan baru pada mobil ini

Beberapa teknologi baru disematkan, mulai dari pengereman darurat otomatis standar dengan deteksi pejalan kaki, blind spot alert, lane departure warning, rear-cross-traffic alert dan adaptive cruise control yang tak kalah dibandingkan mobil sport terbaru saat ini.

Hanya saja Nissan belum mengungkapkan berapa harga yang dibawa untuk mobil ini. Sedangkan beberapa media menyebutkan bahwa Nissan Z Coupe 2022 dipercaya memiliki banderol sekitar $ 40.000 (sekitar Rp 575 jutaan) dan pengiriman pertama diprediksi dimulai di awal 2022 mendatang.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top