Nissan X-Trail di China Usung Teknologi VC Turbo, Ini Istimewanya

16/03/2021

Mobil baru

3 menit

Negeri Tirai Bambu tersebut akan mendapatkan Nissan X-Trail dengan teknologi VC-Turbo, teknologi apa itu VC-Turbo? Inilah keistimewaan teknologi tersebut

Nissan X-Trail terbaru kini berbasis dari Rogue. Hal tersebut menjadikan desain X-Trail baru ini jadi lebih atraktif dengan desain yang berani. Tak terkecuali Nissan X-Trail yang ada di negara berjuluk negeri 1000 Panda. Kabar baiknya, Nissan X-Trail di China yang dibuat oleh Dongfeng-Nissan itu mendapatkan teknologi VC-Turbo.  Ini merupakan teknologi tercanggih yang dimiliki oleh Nissan. 

Gambar Nissan X-Trail China

X-Trail Turbo di China bakal masuk Indonesia?

Dilansir dari CarNewsChina.com disebutkan bahwa X-Trail mendapatkan dua pilihan mesin, yakni 2.500 cc 4-silinder bertenaga 181 HP dan torsi 239 NM, dan pilihan kedua terdengar lebih menarik, yakni 1.500 cc 3-silinder dengan muntahan tenaga sebesar 204 HP dan torsi 300 NM berteknologi VC-Turbo. Seperti apa keistimewaan serta cara kerja dari VC-Turbo? Berikut pembahasannya oleh tim Cintamobil.com.

Ubah Rasio Kompresi Dalam Sekejap

Dibandingkan dengan mesin konvensional, mesin VC-Turbo sebenarnya memiliki 2 bagian tambahan yaitu, actuator arm yang berfungsi memutar control shaft (dudukan crankshaft) agar kompresi bisa naik dan turun sesuai dengan kebutuhan. Lalu multilink crankshaft yang menempel pada kruk as. Peranti lainnya sebenarnya sama saja dengan peranti kruk as motor bakar dalam mesin standar.

Gambar VC-Turbo Nissan Infiniti

VC-Turbo andalkan dua bagian tambahan

Cara kerjanya pun relatif mudah dipahami, seperti yang diketahui, mesin dengan pemampat udara paksa alias turbo membutuhkan kompresi yang lebih rendah dari mesin naturally aspirated. Gunanya adalah untuk melindungi komponen internal mesin, agar tidak rusak ketika mendapatkan tekanan udara paksa yang mengalir dari turbin ke ruang pembakaran.

Gambar VC-Turbo Engine

Teknologi ini pertama kali digunakan di Infiniti QX50

Sebaliknya kompresi mesin tinggi dibutuhkan guna mencapai target efisiensi pada mesin. Nah, ketika butuh akselerasi dan tenaga ekstra maka contoh kompresi mesin bisa diturunkan dari yang awalnya 14:1 ke 8:1. Actuator arm menerima perintah dari Electronic Control Unit (ECU) untuk memutar control shaft, serta harmonic drive dan menurunkan multi link yang berefek pada setang piston serta pistonnya sendiri ikut turun sehingga kompresi mesin menjadi lebih rendah.

>>> Nissan X-Trail 2021 Rilis, Lebih Modern dan Atraktif

Sistem Ini Juga Punya Kelemahan

Gambar Nissan X-Trail China

Bagaimana durabilitasnya? Hanya waktu yang bisa menjawab

Namun, analisis kami sistem VC-Turbo seperti ini akan berdampak kurang bagus terhadap daya tahannya pada pemakaian yang lama. Beban yang ditopang oleh kruk as dan dudukannya akan semakin besar karena adanya tambahan part tadi. Dan di masa depan, sumber energi kendaraan adalah yang menggunakan tenaga elektrik. Oh ya, sekadar informasi Nissan X-Trail versi China ini akan meluncur pada kuartal kedua tahun 2021 ini.

>>> Mau beli X-Trail bekas? Lihat banyak pilihannya di sini

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top