Nissan Pathfinder 2022 Meluncur, Suksesor Terrano dengan Platform Baru

07/02/2021

Mobil baru

6 menit

Ingat Nissan Terrano? SUV Tangguh yang cukup ikonik di Indonesia ini kebagian generasi terbaru setelah 10 tahun dengan nama Pathfinder, dan dijual tahun 2022.

Debut di pasar Indonesia tahun 1995, Nissan Terrano terhitung cukup sukses dengan masa jual yang cukup lama, yakni sampai 2007. Tidak banyak orang tahu, Terrano yang dijual di Indonesia pada tahun 1987-1995 adalah Pathfinder gen pertama. 

Generasi pertama Niissan Pathfinder

Sosok Nissan Terrano yang cukup terkenal di Indonesia merupakan Pathfinder generasi pertama

Diluncurkan bersamaan dengan pick-up Frontier gen terbaru, Nissan merilis Pathfinder 2022 dalam acara peluncuran virtual. Hadir sebagai SUV Monokok dengan layout kursi 3 baris, Pathfinder hadir dengan tampilan yang berbeda dari pendahulunya.

>>> Siap-siap, Mulai 2030 Nissan Hanya Akan Jual Mobil Listrik

Adopsi bahasa desain terbaru, sedikit detail ala Terrano

Nissan Pathfinder 2022 mengadopsi bahasa desain terbaru dengan gril bentuk V-Motion berukuran besar. Tepat di atasnya, terdapat tiga bilah lubang udara kecil yang disusun secara horizontal, mengingatkan kita dengan gen pertama, yang dijual dengan nama Terrano.

Lampu depan LED hadir dengan bentuk yang unik, di mana terdapat garis tipis ke atas yang menyerupai alis. Turun ke bawah terdapat bumper yang diberi finishing hitam dengan lampu kabut dan aksen seperti skid plate.

Tampilan depan Nissan Pathfinder 2022

Tampilan belakang Nissan Pathfinder 2022

Pathfinder generasi terbaru mengadopsi bahasa desain terbaru dari Nissan

Beralih ke sisi mobil, tampilan fender depan dan belakang yang menggembung semakin menegaskan karakter SUV mobil, dan dipadukan aksen plastik pada fender claddingnya. Selain itu, pillar-C terbagi menjadi dua untuk varian dual-tone.

Di belakang, kita melihat lampu belakang model trapesium yang memanjang dan dihubungkan garis hitam dengan tulisan Pathfinder di bawahnya. Sedang peletakan plat nomor ada di bawah, tepatnya di bumper yang diberi finishing seperti skid-plate.

Nissan Pathfinder 2022 mendapatkan 14 pilihan warna berbeda, termasuk lima pilihan warna two-tone. Sedang untuk pilihan velegnya, Nissan memakai ukuran 20 inci sehingga profil bongsor mobil jadi semakin proporsional.

Tampilan interior Nissan Pathfinder 2022

Tampilan tegas eksterior berlanjut di dalam kabin mobil

Desain tegas khas Pathfinder berlanjut di dalam kabin dengan layout dasbor yang terlihat solid dengan kisi-kisi AC samping dan door trim yang saling terhubung memberi tampilan struktural. Konsol tengah yang dibuat tinggi dilengkapi persneling yang kokoh, dengan ruang penyimpanan yang luas di bawahnya.

>>> Meluncur 18 Februari, Nissan Rilis Teaser Nissan Qashqai 2021

Disuntik banyak fitur kekinian, kabin super lega

Merupakan suksesor model R52 yang sudah dijual sejak 2012, Nissan Pathfinder 2022 dilengkapi segudang fitur modern. Sebut saja panel instrument digital 12,3 inci dan head unit 10,8 inci dengan sistem NissanConnect serta konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto sebagai standar. Selain itu, fitur WiFi hotsport, Qi wireless charging, dan sound system 13 speaker dari Bose serta kamera 360 derajat juga disematkan.

Nissan Pathfinder 2022 head unit

Pathfinder generasi terbaru dibekali segudang fitur kekinian

Secara kepraktisan Nissan Pathfinder 2022 juga lebih oke dengan kursi ketiga di baris kedua, membuat kapasitas mobil menjadi 8-seater, hadir juga opsi captain seat di baris tengah. Saat seluruh kursi berdiri, kapasitas kargonya masih sangat lega, 447 Liter.

Tidak hanya lega, Pathfinder 2022 juga memiliki peredaman kabin yang sangat baik dengan kaca depan acoustic glass dan kaca baris kedua lebih tebal. Dengan insulasi pintu serta lantai yang lebih besar, hasilnya mobil memiliki kekedapan suara mesin yang lebih baik sampai 60%.

Layout kursi Nissan Pathfinder 2022

Layout tempat duduk dibuat 8-seater dengan kapasitas bagasi hampir 447 L

Berbicara soal mesin, Nissan Pathfinder 2022 memakai mesin V6 3.5L yang menghasilkan performa 284 HP dan torsi 351 Nm. Namun, girboks Xtronic CVT khas Nissan sudah tidak dipakai, diganti oleh girboks otomatis 9-percepatan dari ZF. Girboks tersebut menghubungkan mesin dengan sistem penggerak 4WD yang memiliki tujuh mode berbeda termasuk Standard, Sport, Eco, Snow, Sand, Mud/Rut, dan Tow.

Nissan Pathfinder 2022 hadir dengan paket Nissan Safety Shield 360 yang terdiri dari autonomous emergency braking with pedestrian detection dan reverse braking, lane departure warning, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, dan automatic high beam, dan driver attention monitor dan rear occupant reminder sebagai standar.

Pengetesan Nissan Pathfinder 2022

Pathfinder dilengkapi sistem penggerak AWD dengan tujuh mode berkendara

Untuk trim yang lebih tinggi, Pathfinder mendapatkan ProPilot assist, dengan fitur adaptive cruise control dengan stop and go dan lane centering line. Trim Platinum mendapat Navi-link function yang bisa melambat di tikungan jalan raya, keluar tol, dan persimpangan. Fitur Blind Spot Collision Avoidance, Lane Keeping Assist, dan Traffic Sign Recognition juga masuk ke dalam pilihan opsi, dengan 10 unit airbag hadir sebagai standar.

Nissan belum mengumumkan harga Pathfinder 2022, namun sepertinya akan jauh lebih mahal dari generasi saat ini dengan harga $31.980 (setara Rp 448 juta) untuk varian S 2WD, sampai $44.910 (setara Rp 630 juta). Adapun varian yang hadir nanti tidak berbeda, yakni S, SV, SL, dan Platinum dengan opsi penggerak front-wheel drive dan all-wheel drive.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com 

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top