Nissan Navara Pro-4X Warrior, Maaf Hanya Untuk Pasar Australia

05/07/2021

Mobil baru

3 menit

Nissan Navara Pro-4X Warrior menjadi varian Nissan Navara yang paling tangguh untuk kemampuan off road dan menyaingi kehadiran Ford Ranger Raptor di Australia

Bagi sejumlah pabrikan otomotif, pasar Australia memiliki posisi tersendiri. Selain daya beli konsumen yang cukup baik, volume penjualan cukup besar, juga didukung industri komponen aftermarket istimewa dan pusat riset pengembangan kelas dunia.

Tidak heran kalau ada model-model tertentu yang hanya beredar di benua kanguru tersebut. Salah satunya adalah Nissan yang merilis pick-up Navara khusus untuk Austraila;  Nissan Navara Pro-4X Warrior. Berikut ini tim Cintamobil.com rangkum keistimewaan mobil ini.

>>> TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS: Berencana Membeli Nissan Navara Bekas? Perhatikan Komponen Ini

Model Unik

Disebut unik karena varian Nissan Navara paling istimewa ini datang dari Thailand dalam kondisi utuh (CBU) sebagai Nissan Navara standar dan kemudian dimodifikasi sebagai mobil off road oleh rumah modifikasi Premcar yang bermarkas di Melbourne.

gambar nissan

Merek asal Jepang yang diproduksi di Thailand dan dimodifikasi di Australia

Uniknya lagi, biasanya para pabrikan menyerahkan modifikasi off road kepada rumah modifikasi spesialis off road seperti ARB, TJM atau Ironman, namun Nissan menunjuk Premcar yang lebih mirip Prodrive versi “Down Under”.  

Modifikasi Suspensi

gambar nissan

Suspensi belakang ditinggikan sehingga ground clearance bertambah 40 mm

Langkah awal dimulai dengan utak-atik suspensi yang menghasilkan tambahan 40 mm untuk ground clearance yang kini menjadi 260 mm dan sudut datang juga meningkat (32o vs 36o). Namun sudut pergi malah berkurang sedikit (19,8o vs 19o) karena posisi ban serep full-size berada di kolong sasis belakang.   

gambar nissan
Penataan ulang geometri suspensi depan untuk memaksimalkan pengendalian   

Biasanya, modifikasi off road menyebabkan mobil sulit dikendalikan. Solusinya, Premcar menata ulang geometri suspensi depan sehingga high-speed rebound dan  compression rate meningkat antara  50%-100%. Penambahan suspension travel dan progressive rate pada suspensi mengoptimalkan kemudahan kendali dan mereduksi gejala “bottoming”.  

Tetap Nyaman di Aspal

Modifikasi suspensi oleh Premcar bukan hanya mengoptimalkan kinerja di jalan tanah, juga mengejar kenyamanan di jalan normal (aspal).  Caranya dengan memasang suspensi belakang (per keong + shock absorber) jenis progresif yang menawarkan peningkatan low-speed control untuk mengurangi gejala “float’ saat towing atau membawa muatan berat.

gambar nissan

Modifikasi off road tanpa mengorbankan kenyamanan di jalan normal

Aspek “rebound and compression damping” ditingkatkan untuk memaksimalkan stabilitas pengendalian dan Nissan mengklaim peredaman suspensi Nissan Navara Pro-4X Warrior menjadi lebih nyaman.  .

Penampilan Gagah

Mendukung performa  off road, Nissan Navara Pro-4X Warrior dilengkapi ban Cooper Discover All Terrain AT3 275/70 R17 yang sekaligus menambah jarak pijak menjadi lebih lebar 30 mm.

gambar nissan

Sang jagoan petualang alam liar dengan modifikasi off road kelas ekstrem

Tambahan lainnya adalah pelat  berwarna merah dengan tulisan “Navara” untuk melindungi sistem kemudi dan bullbar bergaya Nissan Safari yang terintegarasi dengan  light bar.  

Mesin Standar

Sejauh ini mesin empat silinder segaris twin turbo diesel 2,3 liter dengan tenaga 187 hp dan  torsi 450 Nm tetap standar. Padahal, modifikasi off road oleh Premcar menghasilkan tambahan berat 100 kilogram.

gambar mesin

Mesin YS23 twin turbo tetap dibiarkan standar

Yang jelas, jagoan penggaruk tanah ini mampu menggotong muatan seberat 961 kilogram (varian MT/manual) dan 952 kilogram (varian AT/otomatis) disertai kemampuan towing 3.500 kilogram.  

Interior Standar

gambar kabin

Kabin masih standar bawaan pabrik alias tidak dimodifikasi  

Instrument cluster 7,0 inci dan layar sistem infotainment 8 inci, begitu pula fitur Apple CarPlay dan Android Auto masih bawaan pabrik. Sedangkan fitur keselamatan forward collision alert, automatic emergency braking, lane departure warning, plus blind spot monitoring masih standar milik Nissan Navara.

gambar kursi

Bordir untuk memperkuat identitas varian istimewa   

Hanya ada dandan sedikit berupa bordir Nissan untuk sandaran kursi. Hingga saat ini Nissan Australia belum memberikan info harga untuk varian Nissan Navara paling tangguh tersebut. Sebagai data pembanding, harga Nissan Navara Pro-4X (varian non Warrior) dimulai dari AU$ 61.290.

>>> Nissan Navara 2021 Tawarkan Teknologi Baru Berbalut Desain Agresif

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top