Nissan March Masih Hidup dan Rilis Model Baru, Begini Wujudnya

04/02/2021

Mobil baru

3 menit

Nissan March Masih Hidup dan Rilis Model Baru, Begini Wujudnya
Nissan March rupanya masih hidup dan baru saja merilis model terbaru. Tapi sayang, Nissan March terbaru itu bukan ditujukan untuk Indonesia, melainkan Meksiko.

Nissan telah meluncurkan March versi facelift belum lama ini. Tampilannya pun berbeda dari Micra untuk pasar Eropa yang telah mendapat polesan pada tahun 2016. Hathcback mungil yang telah menginjak usia 11 tahun ini mendapat sejumlah ubahan. 

Diberitakan Carscoops, Kamis (4/2/2021), ubahan paling jelas terlihat pada wajahnya yang terlihat lebih sporty dengan mengusung grille V-Motion, lampu depan angular, hingga desain rumah lampu kabut terbaru tersemat pada bemper baru. 

Nissan March

Desainnya berbeda dengan Micra yang dijual di Eropa

>>> Renault Akan Ambil Alih Kembangkan March Terbaru dari Nissan

Usung Sejumlah Ubahan

Bagian belakangnya pun tak luput dari ubahan. Kali ini pintunya tak didesain menjorok ke dalam, kemudian lampu belakangnya juga dibekali grafis baru. Hal baru lainnya yang membuat tampilan March tambah segar adalah desain roda dan pilihan warna two tone di bagian depan, pilar samping, dan belakang, serta jendela. 

Masuk ke interior, March punya desain konsol tengah baru yakni lewat penyematan layar hiburan berukuran lebih besar. Desain setir juga berbeda pun demikian dengan trim dan setir.

Nissan March

Usung sistem hiburan terbaru

Nissan March terbaru ini dibekali mesin empat silinder 1.6 L yang mampu menghasilkan tenaga setara 106 daya kuda dan torsi 142 Nm. Mesinnya dikawinkan dengan transmisi lima percepatan manual atau ada juga pilihan transmisi otomatis empat percepatan. Tenaganya disalurkan lewat roda depan. 

Untuk spesifikasi mendetail, Nissan baru akan mengungkapnya nanti. Namun begitu, Nissan sempat mengatakan bahwa varian terendah March akan mendapatkan enam airbag sebagai standar, seatbelt reminder untuk kursi depan, ABS, EBD, dan juga BA. Soal harga, March terbaru ini dibanderol 219.900 peso atau setara Rp 152 jutaan hingga yang termahal 304.900 peso yang dirupiahkan setara Rp 211 juta. 

>>> Penjualan March Sudah Disetop Nissan, Tapi Masih Dipajang di Situs Resmi

Bukan untuk Pasar Indonesia

Ya, kalau Anda perhatikan mata uang dari harga March memang terlihat jelas bahwa mobil ini bukan ditargetkan untuk pasar Indonesia. Adalah Meksiko yang kebagian jatah Nissan march model terbaru ini. 

Nissan March

March model terbaru ini ditujukan untuk Meksiko

Di Indonesia, Nissan memang diketahui tak lagi melanjutkan penjualan March. Pada tahun-tahun terakhirnya, penjualan Nissan March memang amat meredup dan kalah dari city car lain seperti Honda Brio maupun Suzuki Ignis. 

Tercantum dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat sepanjang 2019 Nissan March hanya terjual sebanyak 202 unit dengan penjualan terakhir pada bulan Oktober sebanyak 4 unit. Dua bulan setelahnya (November-Desember) tidak ada lagi penjualan. Kemudian nama Nissan March hilang dari data penjualan Gaikindo tahun 2020. 

>>> Pernah Hadir di Indonesia, City Car ini Jadi Mobil Termurah di Amerika

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top