Nissan Leaf Resmi Diluncurkan di Tanah Air, Harga Mulai Rp 649 Juta

18/08/2021

Mobil baru

3 menit

Setelah pemesanan dibuka awal Agustus 2021, Nissan Indonesia resmi meluncurkan The All-New Nissan Leaf. Mobil listrik ini dibanderol mulai dari Rp 649 juta.

Melalui ajang peluncuran virtual, Nissan Indonesia hari ini (18/8) resmi memasarkan mobil listrik The All-New Nissan Leaf untuk para konsumen di Tanah Air.

Mobil dengan tagline 'World Class Electric Vehicle' ini ditawarkan dengan harga Rp 649 juta untuk pilihan warna single-tone, dan Rp 651 juta untuk opsi two-tone. Selama masa peluncuran, tiap pembeli Nissan Leaf akan diberi bonus berupa portable charger dan pemasangan home charger secara cuma-cuma.

Ada 11 warna menarik yang menjadi opsi bagi calon konsumen mobil ini. 6 pilihan warna two-tone, dan 5 pilihan warna single-tone.

Gambar Peluncuran The All New Nissan Leaf

Peluncuran mobil listrik ini dilakukan secara virtual

Tak hanya itu, pemilik mobil listrik ini akan mendapatkan garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 km, garansi kesehatan baterai selama 8 tahun atau 160.000 km, serta bebas biaya perawatan selama 5 tahun atau 70.000 km.

>>> Sudah Bisa Dipesan! Segini Cicilan Nissan Leaf Terbaru

Komitmen Nissan Terhadap Era Elektrifikasi Indonesia

Memang Nissan Leaf sudah diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2019, namun, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) menganggap bahwa tahun 2021 adalah saat yang tepat untuk meluncurkan mobil yang telah dipasarkan di 59 negara secara global ini.

“Peluncuran The All-New Nissan LEAF ini menunjukkan komitmen Nissan untuk membawa mobilitas elektrifikasi semakin dekat bagi masyarakat Indonesia. Kami percaya bahwa The All-New Nissan LEAF akan mengubah cara konsumen mobil di Indonesia berkendara dan menikmati kehidupannya,” ujar Evensius Go, Presiden Direktur NMDI.

Gambar Nissan Leaf

Evansius Go menyebut bahwa Nissan akan terus mendukung pengembangan elektrifikasi yang dilakukan pemerintah Indonesia

Lebih lanjut, Go juga menyebut sudah ada lebih dari 500.000 konsumen di seluruh dunia yang telah beralih ke Leaf, membawa Nissan lebih dekat ke masyarakat yang lebih berkelanjutan, lebih aman dan ramah lingkungan.

Langkah Nissan Mengatasi Kecemasan Konsumen Mobil Listrik

Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion 40 kWh yang memungkinkan The All-New Nissan Leaf dapat menempuh jarak sejauh 311 km (NEDC) dalam sekali pengisian daya. Hal ini setara dengan penggunaan rata-rata harian 40 km selama satu minggu, hanya dengan satu kali pengisian penuh.

Baterai tersebut dikembangkan sendiri oleh Nissan dengan pengujian secara ketat dan telah membuktikan keandalan yang luar biasa. Tidak ada permasalahan serius yang terjadi pada baterai dari total 10 miliar kilometer jarak yang ditempuh Leaf yang telah terjual di seluruh dunia.

>>> Simak Estimasi Pajak dan Biaya Servis Nissan Kicks Hingga 100.000 km 

Selain itu, mobil ini juga telah menjalani berbagai pengujian kualitas dan ketahanan yang paling ketat, termasuk uji banjir dan uji petir.

Gambar Nissan Leaf

Baterai dan motor listrik Nissan Leaf

Pengisi daya kendaraan listrik dapat dipastikan aman dalam berbagai kondisi cuaca dan dirancang khusus untuk melindungi kendaraan dan penumpang dari sengatan listrik, yang berarti pengisian daya Leaf dapat dilakukan dengan aman bahkan saat hujan.

Mengisi daya listrik Leaf dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman di rumah, pemilik Leaf dapat mengisi daya dengan portable charger (3.3 kW), yang memungkinkan pengisian daya sampai penuh dalam waktu 12 hingga 15 jam, atau home Charger (AC 7.4 kW) yang dapat mengisi baterai dalam waktu 5 hingga 7 jam.

Performa Impresif Dari Mobil Listrik 'Terjangkau'

Motor listrik yang diusung The All-New Nissan Leaf menyuguhkan limpahan tenaga maksimum hingga 110 kW atau setara dengan 148 HP dengan torsi maksimum 320 Nm. Hal ini membuatnya dapat berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam.

Performa tersebut juga didukung dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap. Berbagai fitur keselamatan yang dimiliki mobil ini antara lain:

>>> Nissan Gandeng Publisher Game One Piece Ciptakan Suara Peringatan Baru

•    Forward Collision Warning (FCW)
•    Forward Emergency Braking (FEB)
•    Intelligent Trace Control (ITC)
•    Vehicle Dynamic Control (VDC)
•    Hill Start Assist (HSA)
•    Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA)
•    Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD)
•    Driver Attention Alert (DAA)
•    Electronic Parking Brake (E-PKB)

Gambar Nissan Leaf

Dibekali berbagai fitur keselamatan canggih yang membuat berkendara sangat aman

The All-New Nissan Leaf juga dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, Side Airbag dan Curtain Airbag . Tak heran jika mobil listrik ini telah mendapatkan penghargaan keselamatan bintang 5 maksimum pada JNCAP (Japan New Car Assessment Program), Euro NCAP, Australia ANCAP dan US NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration).

Bagi Anda yang tertarik untuk membawa pulang mobil ini, Anda dapat langsung melakukan pembelian dan mencoba The All-New Nissan Leaf di 5 diler yang tersebar di beberapa daerah di Jabodetabek.

Di antaranya Nissan MT Haryono (Jakarta Timur), Nissan TB Simatupang (Jakarta Selatan), Nissan Puri Indah (Jakarta Barat), Nissan Roxy (Jakarta Pusat), dan Nissan Bekasi Barat (Bekasi).

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top