Nissan Konfirmasi Versi Produksi Z Proto Tidak Banyak Ubahan

15/10/2020

Mobil baru

3 menit

Nissan Konfirmasi Versi Produksi Z Proto Tidak Banyak Ubahan
Nissan mengonfirmasi versi produksi sportscar Z terbaru tidak akan terlalu jauh melenceng dari model Proto, termasuk kehadiran girboks manual yang ada di konsep.

Bulan lalu, Nissan Z Proto dipamerkan sebagai gambaran bagaimana tampilan sportscar Z generasi terbaru yang akan meluncur tahun depan sebagai model 2022.

Mengutip laporan dari media Jepang Best Car, Z Proto dipamerkan dalam sebuah acara car meet di Jepang pekan lalu, dengan petinggi Nissan, salah satunya Hiroshi Tamura sebagai Chief Product Specialist.

Nissan Z Proto jadi pusat perhatian di acara car meet

Nissan memamerkan Z Proto di acara Car meet di Jepang pekan lalu

Pria yang dikenal sebagai “Mr. GT-R” itu mengatakan bahwa versi produksi Nissan Z akan sama seperti versi Proto. Dan kemungkinan akan diberi nama 400Z untuk pasar di luar Jepang.

>>> Nissan Z akan hadir dalam bentuk SUV? Wah

Mesin V6 twin-turbo 400 HP, pakai girboks manual

Kemungkinan, versi produksi Nissan Z Proto akan menggunakan mesin V6 twin-turbo 3.0L dari Infiniti Q60 Red Sport 400, dengan tenaga paling kecil 400 HP dan torsi 500 Nm.  Jika mengacu ke Z Proto, sepertinya Nissan Z baru akan mendapat pilihan girboks manual 6-percepatan dengan rev-matching sebagai standar. 

Girboks manual yang dipakai di Nissan Z Proto

Hampir dipastikan Nissan Z hadir dalam pilihan girboks manual

Ini merupakan peningkatan dari 370Z, yang memiliki tenaga 332 HP dan torsi 366 Nm dari mesin V6 Naturally Aspirated (NA), yang mengalirkan tenaga mesin ke roda belakang via girboks manual 6-percepatan, atau otomatis 7-percepatan.

>>> Modifikasi Nissan GT-R R34 V-Spec ini terlihat spesial, seperti apa lengkapnya?

Perpaduan desain retro dan modern

Nissan Z Proto memiliki dimensi panjang 4.382 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.310 mm. Secara tampilan Z Proto hadir dengan inspirasi dari Fairlady Z, mulai dari kap mesin panjang, housing lampu membulat dengan teknologi LED.

Tampilan depan samping Nissan Z Proto

Tampilan belakang Nissan Z Proto

Desain Z Proto mengambil inspirasi dari Nissan Z terdahulu

Roofline bagian belakang juga landai mengarah ke tampilan belakang yang mengotak dengan aksen hitam glossy mendominasi buritan dan lampu belakang LED di baliknya. Konsep ini mengingatkan kita dengan 300ZX yang hadir tahun 1990-an.

Nissan sepertinya baru akan meluncurkan versi produksi Z Proto pada akhir 2021 sebagai model 2022. Dan Tamura-san mengatakan sportscar ini akan ditawarkan dengan harga yang masuk akal, rumor yang beredar sih sekitar $40.000 (setara Rp 595 juta), sedikit lebih murah dibandingkan Toyota Supra.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top