Nissan Kicks 2020 Launching di Thailand, Andalkan Powertrain e-Power

16/05/2020

Mobil baru

6 menit

Share this post:
Nissan Kicks 2020 Launching di Thailand, Andalkan Powertrain e-Power
Nissan Kicks 2020 resmi memulai debutnya di Thailand, kini hadir lebih mencolok dengan desain eksterior lebih funky dan dengan powertrain ramah lingkungan e-Power.

Setelah lama menjadi rumor, akhirnya Nissan Kicks 2020 diperkenalkan untuk pertama kalinya secara global di Thailand pada Jumat (15/5). Hal spesial dari Kicks 2020 adalah penggunaan powertrain e-Power, teknologi ramah lingkungan yang revolusioner di mana mesin berfungsi sebagai generator untuk motor listrik yang menggerakkan mobil.

>>> Nissan Leaf sudah bisa dipesan, asal...

Lebih segar dengan konsep dual-tone

Kita mulai dari ekseterior, Nissan Kicks 2020 memiliki desain yang lebih sporty, dengan ubahan paling dramatis terjadi di sisi depan. Mulai dari grille V-Motrion yang lebih besar, yang diapit oleh sepasang lampu depan yang didesain lebih langsing dan tajam.

Desain bumper depan juga dibuat lebih agresif dengan air intake bawah yang terlihat besar, tarikan garis berbentuk huruf X yang ada di fascia depan juga memberikan kesan sangat pada Kicks 2020, sebagai pelengkap desain fog lamp juga tak lupa disegarkan.

Tampilan depan Nissan Kicks 2020

Tampilan samping Nissan Kicks 2020

Tampilan belakang samping Nissan Kicks 2020

Eksterior Nissan Kicks e-Power 2020 terlihat semakin funky dan agresif (foto: Nissan Thailand)

Beralih ke bagian samping, Nissan Kicks memakai pelek dual-tone 17 inci, kesan floating roof juga dihadirkan dengan pillar-C yang diberi finishing hitam, kesan funky juga tampak dengan kombinasi dual tone.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Buritan Nissan Kicks 2020 juga tak luput dari penyegaran, desain bumper dibuat lebih sporty dengan diffuser besar yang diberi finishing sewarna body, dengan lampu belakang mengadopsi desain ala-ala bumerang.

Desain interior Nissan Kicks 2020

Konsol tengah Nissan Kicks 2020

Interior Kicks 2020 tak banyak revisi, selain konsol tengah yang diubah untuk mengakomodir powertrain baru (foto: Nissan Thailand)

Berbeda dari eksterior yang tampak berubah signifikan, interior Nissan Kicks 2020 masih terlihat sangat familiar. Layout dashboardnya tidak berubah dari model pre-facelift, ubahan paling kentara hanyalah model setir yang sama seperti Nissan Leaf, dan juga konsol tengah yang dibuat lebih mengakomodir persneling baru dan kontrol powertrain.

Sematkan teknologi e-Power

Sesuai prediksi, Nissan Kicks 2020 yang dijual di Thailand hadir dengan powertrain e-Power, yang memiliki cara kerja berbeda dari powertrain hybrid konvensinal. Di sini, mesin bensin tiga silinder 1.200cc HR12DE yang menghasilkan 79 HP dan torsi 103 Nm menghasilkan energi listrik yang disimpan di baterai berkapasitas 1,57 kWh.

Powertrain Nissan Kicks 2020

Powertrain Nissan Kicks e-Power, di mana mesin 1.200cc dipakai sebagai generator untuk motor listrik (foto: Nissan Thailand)

Baterai tersebut menyalurkan tenaga untuk motor listrik EM57 yang menghasilkan tenaga 127 HP dan torsi 260 Nm ke roda depan. Berbeda dari mobil hybrid kebanyakan, mesin ICE di sini tidak tersambung dengan transmisi, di mana motor listrik jadi satu-satunya penggerak mobil.

Motor listrik ini disambungkan ke sistem penggerak roda depan dengan teknologi shift-by-wire, yang hadir dengan beberapa mode berkendara, mulai dari Smart, Eco, Normal, dan EV. Hadir juga fitur One-Pedal, yang memungkinkan pengemudi berakselerasi dan melakukan pengereman (dengan regenerative braking) hanya memakai satu pedal, teknologi ini sudah lebih dulu diperkenalkan di Nissan Leaf.

Dari segi safety, Kicks 2020 hadir dengan enam airbag (depan, samping, dan curtain airbags), ABS, EBD, BA, Vehicle Dynamic Control, Hill Start Assist, dan ISOFIX. Selain itu, hadir juga berbagai fitur keamanan aktif yang bersatu dalam paket Nissan Intelligent Mobility.

>>> Jangan lewatkan kabar paling update seputar mobil baru di sini

Beberapa di antaranya adalah Inteligent Cruise Control, Rear Cross Traffic Alert, Around View Monitor, Autonomous Emergency Braking, Intelligent Ride Control, Moving Object Detection, Intelligent Forward Collision Warning, Driver Attention Alert, interlligent Trace Control, Digital Rearview Mirror, sampai Blind Spot Warning.

Harga mulai Rp 412 Juta, Indonesia tujuan berikutnya?

Nissan Kicks 2020 yang dijual di Thailand akan hadir dalam empat varian, yakni S yang dibanderol BHT 889.000 (setara Rp 412 juta) sebagai trim termurah, diikuti E dengan harga BHT 949.000 (sertara Rp 440 juta), varian V dengan harga BHT 999.000 (setara Rp 463 juta), dengan varian termahal VL yang dihargai BHT 1.049.000 (setara Rp 487 juta).

Daftar harga Nissan Kicks 2020 yang dijual di Thailand

Nissan Kicks 2020 akan dijual mulai Rp 412 juta

Semuanya varian hadir dalam enam pilihan warna eksterior, Black Star, Brilliant Silver, Monarch Orange, Radiant Red, Gun Metalic (grey), dan Storm White. Khusus untuk empat warna terakhir yang disebut, hadir pilihan atap warna hitam jika Anda memilih tampilan two-tone.

Selain Thailand, Nissan Kicks juga santer beredar di Indonesia. Hal ini semakin diperkuat dengan spyshot Kicks yang tengah melakukan tes di jalanan Indonesia beberapa saat lalu. Dan rumor bahwa PT Nissan Motor Indonesia akan memperkenalkan model baru di GIIAS 2020, yang akan dihelat September.

Jika Nissan Kicks benar-benar hadir di Indonesia, rasanya model ini akan jadi suksesor Nissan Juke yang sangat menarik. Apalagi dengan desain funky, sampai powertrain ramah lingkungan.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Nissan Leaf Sudah Bisa Dipesan, Tapi Ada Syaratnya...

14/05/2020

Mobil baru

5 menit

Kabar mengejutkan terdengar dari brand asal Jepang yakni Nissan, karena Nissan Leaf sudah bisa dipesan, meskipun untuk pembelian mobil listrik ini ada syaratnya

Lihat juga

Nissan Dikabarkan Bakal Hengkang dari Eropa dan Akhiri Image ‘Mobil Murah'

06/05/2020

Pasar mobil

2 menit

Reuters mengungkapkan arah baru Nissan untuk keluar dari Eropa. Keputusannya sejalan dengan rencana Nissan untuk fokus pada pasar China, Jepang, dan Amerika Serikat.

Lihat juga

Paten Nissan Ariya Bocor, SUV Listrik Rival Kona EV

28/04/2020

Mobil baru

4 menit

Muncul pertama kalinya pada Tokyo Motor Show 2019 sebagai prototype, Nissan Ariya tampaknya akan diproduksi dalam waktu dekat setelah gambar paten SUV listrik itu bocor ke dunia maya.

Lihat juga

Jelang Debut Global, Tampang Nissan Kicks Facelift Bocor di Jagat Maya

14/04/2020

Mobil baru

3 menit

Nissan Kicks facelift terlihat tanpa kamuflase di Thailand yang sebagian memperlihatkan bentuk eksteriornya. Akankah SUV ini masuk juga di pasar Indonesia?

Lihat juga

Wujud Asli Nissan X-Trail 2021 Bocor di Instagram!

17/04/2020

Mobil baru

5 menit

Setelah spyshot, gambar paten, sampai rendering dari gambar paten, kini giliran bocoran model produksi Nissan X-Trail 2021 yang beredar di internet dengan desain lebih tegas dari pendahulunya.

Lihat juga
 
back to top