Nissan Bocorkan Z Proto, 400Z Versi Produksi?

02/09/2020

Mobil baru

4 menit

Nissan Bocorkan Z Proto, 400Z Versi Produksi?
Belum lama, beredar rumor seputar Nissan 400Z yang baru rilis akhir tahun 2020. Tak lama berselang, pabrikan Jepang itu memberi teaser Z Proto yang akan diperkenalkan pertengahan bulan ini.

Diplot untuk menggantikan 370Z yang sudah berumur lebih dari 10 tahun, rumor Nissan Z generasi terbaru kini tengah ramai diperbincangkan. Sejak kemunculan perdananya di video teaser, diyakini mobil yang diberi nama 400Z itu akan hadir dalam waktu dekat.

>>> Nissan 400Z baru akan rilis 2022

Nissan Z line-up dari berbagai generasi

Di video teaser tersebut hadir juga line-up Nissan Z lainnya

Namun, rumor yang beredar baru-baru ini mengatakan Nissan 400Z baru diperkenalkan akhir 2022. Menjawab isu tersebut, Nissan tampaknya akan melakukan peluncuran Sportscar Nissan Z Proto 15 September nanti.

Prototype 400Z versi produksi?

Z Proto? Hal ini terasa familiar, masih ingat Skyline GT-R Proto tahun 2005 yang jadi basis dari versi produksi R35? Jika seperti itu, bisa jadi Nissan Z Proto dapat menggambarankan bagaimana versi produksi Nissan Z generasi terbaru nantinya.

>>> Jual mobil bekas & Baru terbaik dan termurah

Teaser Sportcar Nissan Z Sportscar

Dari teaser ini, Z Proto sangat mirip dengan model yang dipamerkan Mei lalu

Dalam video teaser berdurasi 58 detik itu, Nissan menjelaskan Z Proto merupakan “kebangkitan kekuatan Sportscar Z dengan mengkominasi 50 tahun sejarah dan hasrat dengan teknologi modern.”

Meski tidak bisa melihat detail yang cukup banyak di teaser menampilkan seluruh generasi Nissan Z sampai saat ini, namun terlihat Nissan Z Proto memiliki tampilan cukup identik dengan model yang mejeng di video teaser Mei lalu, khususnya model lampu depan LED dan siluet mobil.

>>> Informasi model mobil baru tahun 2020 bisa Anda lihat di sini

Evolusi 370Z, mesin 400 HP

Meski belum ada kepastian seputar spesifikasi teknis, kemungkinan besar Nissan 400Z akan mempertahankan basis 370Z. Soal mesin, Z terbaru akan memakai dapur pacu V6 3.0L twin-turbo dari Infiniti Q60 dengan tenaga 400 HP, atau bahkan lebih di varian NISMO.

Mesin V6 twin-turbo milik Infinity Q60 yang dipakai di 400Z

Sesuai namanya, 400Z kemungkinan mendapat mesin V6 twin-turbo bertenaga 400 HP

Dan menurut rumor yang beredar, Nissan 400Z akan hadir dalam dua pilihan transmisi, manual 6-percepatan atau otomatis 9-percepatan. Untuk interior masih jadi misteri, namun tampaknya bagian kabin akan hadir dengan material yang lebih premium dan dijejali fitur serta teknologi kekinian.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top