Nissan Beri Isyarat Luncurkan Mobil Listrik di GIIAS 2021

02/11/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Sebagai salah satu pabrikan yang menjadi peserta GIIAS 2021, tentu Nissan Indonesia tak ingin melewatkan kesempatan ini untuk meluncurkan mobil baru mereka.

Setelah meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) mereka yang pertama, Nissan Indonesia semakin serius dalam menggarap pasar mobil listrik di Indonesia.

Sejauh ini, model elektrifikasi yang dipasarkan oleh PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) baru Nissan Kicks e-POWER dan LEAF. Tetapi, nampaknya akan ada mobil baru pada booth Nissan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Mobil Listrik di GIIAS 2021

Sebelumnya, kami telah membahas prediksi mengenai mobil-mobil baru yang akan meluncur di GIIAS 2021 pada artikel ini. Saat artikel tersebut dibuat, kami memang belum yakin dengan mobil baru yang akan di bawa oleh NMDI di Indonesia.

Gambar SPKLU Nissan

NMDI baru saja meluncurkan SPKLU perdana mereka

>>> Gaet PLN, Nissan Indonesia Luncurkan SPKLU Perdana

Namun, dalam acara peluncuran SPKLU perdana milik Nissan di Wisma Indomobil 3, Jakarta Timur, Tan Kim Piauw selaku Direktur Sales & Marketing NMDI memberi sedikit isyarat mengenai mobil yang akan mereka perkenalkan pada pertengahan November ini.

"Ke depannya, dengan dukungan dari Nissan Global, kami akan banyak membawa produk yang memiliki teknologi e-POWER dan mobil listrik ke Indonesia sesuai dengan program pemerintah," ungkap Tan.

Ia juga menyebutkan bahwa Nissan telah mempertimbangkan untuk memperkenalkan Note e-POWER di Indonesia. Namun, ia tak memberikan detail mengenai waktunya. Di kesempatan yang sama Evensius Go, Presiden Direktur NMDI justru menggoda para awak media yang datang ke acara peresmian SPKLU Nissan dengan isyarat lainnya.

Gambar Nissan Note

Note e-POWER menjadi kandidat utama mobil listrik yang akan diperkenalkan di GIIAS 2021

"Tentu teman-teman media sudah banyak membaca dan menulis mengenai mobil e-POWER. Kalau mengikuti agenda Nissan secara global, tentu sudah menebak mobil e-POWER terbaru yang akan diluncurkan," candanya.

Meski Nissan tidak mengkonfirmasi secara langsung mengenai perkenalan Note e-POWER di GIIAS, umumnya para pabrikan otomotif di Tanah Air yang mengikuti ajang tersebut menghadirkan produk anyar untuk diperkenalkan kepada calon konsumen.

>>> Penerus Nissan Evalia Bertransformasi Jadi Mobil Listrik

Fokus Memperkenalkan e-POWER

Menghadapi keputusan pemerintah untuk menghentikan penjualan mobil bermesin konvensional pada tahun 2050, NMDI mengaku bahwa mereka siap mendukung kebijakan tersebut.

"Di dunia memang ada kesepakatan tahun 2050 bahwa semua negara akan menuju pada zero emission. Pemerintah sendiri mengatakan Indonesia paling tidak akan zero emission pada 2060, dan apabila nanti waktu tersebut sudah tercapai, Nissan akan siap untuk mendukung," ujar Tan Kim Piauw.

Nissan sendiri menyebut bahwa mereka akan berfokus pada model-model e-POWER ke depannya. Selain Note, mereka juga telah memperkenalkan X-Trail dan Serena e-POWER secara global.

Gambar Serena e-POWER

Tak hanya Note, X-Trail dan Serena e-POWER juga diagendakan masuk ke Tanah Air

NMDI meyakini bahwa selama beberapa waktu ke depan, mereka melihat bahwa mobil berteknologi e-POWER lebih cocok untuk konsumen di Tanah Air. Hal tersebut disebabkan oleh keunggulan e-POWER yang tak membutuhkan pengisian daya menggunakan charger.

Dengan begitu, konsumen tak perlu menunggu lama untuk mengisi daya atau cemas kehabisan baterai saat berkendara di tengah jalan. Karena teknologi e-POWER menggunakan mesin sebagai generator yang mengisi daya baterai.

>>> Simak Pilihan Mobil Baru Beserta Harga dan Promo Menariknya di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top