New Vios Dipersiapkan Untuk Pasar Australia

06/04/2018

Mobil baru
Share this post:
New Vios Dipersiapkan Untuk Pasar Australia
New Vios baru saja diluncurkan oleh Toyota Astra Motor (TAM) pada Selasa (3/4/2018). Dengan sederhana, tanpa seremoni dan kemeriahan. TAM hanya membagikan pengumuman peluncuran melalui rilis resmi kepada seluruh media otomotif nasional. Distributor dan agen pemegang merek (APM) Toyota di Indonesia tersebut melakukan peluncuran di saat minat pasar dalam negeri terhadap model mini sedan sedang rendah.

 

New Vios tampak dari depan

Mini sedan New Vios yang diluncurkan tanpa seremoni

Namun, bukan tanpa alasan TAM meluncurkan New Vios. Fransiscus Soerjopranoto, selaku Executive General Manager TAM menjelaskan apa yang dilakukan oleh TAM dengan meluncurkan Vios generasi terbaru merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah yang mana saat ini tengah mendorong peningkatan produksi sedan dalam negeri. Salah satunya dengan menata ulang regulasi pajak sedan agar lebih murah.

Soerjo menambahkan, peningkatan produksi sedan yang dimaksudkan pemerintah tidak terbatas pada upaya mendongkrak penjualan dalam negeri, tapi juga pasar ekspor ke negara terdekat dengan Indonsia, Australia. Seperti diketahui, Toyota resmi menutup pabriknya yang berada di Australia pada 3 Oktober 2017 lalu akibat tidak mampu menanggung biaya produksi yang terlalu mahal.

>>> Baca: Toyota Vios 2018 Segera Meluncur Sebelum IIMS?

New Vios tampak dari belakang

New Vios tak hanya ditujukan untuk pasar lokas, tapi juga dipersiapkan untuk ekspor ke Australia

Dengan tutupnya pabrik yang sudah berdiri 54 tahun silam tersebut, produksi Toyota di negeri Kanguru tersebut berhenti. Camry Hybrid Commemorative Edition menjadi model terakhir. Diproduksi sebanyak 54 unit saja sebagai penanda bahwa operasional Toyota di Australia telah berlangsung selama 54 tahun.

Peluang inilah yang dibaca oleh Toyota Indonesia dan juga pemerintah. Saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Australia beberapa waktu lalu, Presiden tahu kalau di benua terdekat dengan Indonesia tersebut tidak ada lagi produksi mobil. Konsultasi yang dilakukan presiden dengan Kementerian Perindustrian mengenai potensi ekspor mobil ke Australia menghasilkan pilihan pada ekspor model sedan.

>>> Baca juga: Apa yang dilakukan Astrido agar Konsumen Tak Berpaling karena inden All New Rush terlalu lama

Gambar mobil Toyota terakhir yang diproduksi di Australia

Camry Hybrid Commemorative Edition, model terakhir yang diproduksi Toyota Australia

"Ending pemerintah tidak ke arah domestik market, tapi ekspor, khusunya Australia. Ada peluang industri yang bisa dibawa ke Australia," tutur Soerjo kepada media di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

"Selama ini Australia mengimpor sedan dari Singapura dan Thailand. Kenapa mesti jauh-jauh, padahal kan Indonesia lebih dekat. Jadi dari situlah kemudian kita memproduksi New Vios," tambah Soerjo.

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif di situs berita cintamobil.com

Share this post:
 
back to top