New Renault Kwid Climber 2020 Siap Bersolek Minggu Ini

18/05/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Kabar ini didapat saat press conference Renault Triber yang resmi hadir di Indonesia, lantas mengapa mobil New Renault Kwid Climber 2020 ini layak ditunggu?

Salah satu jagoan mobil murah Renault siap meluncur versi terbarunya di Indonesia. Tentunya kabar ini cukup melegakan bagi pecinta city car berdesain kompak. Memang, sejak masuk ke Indonesia pada tahun 2016 lalu memang mobil ini kurang mendapat sambutan di Tanah Air. Kabar akan mengaspalnya New Renault Kwid Climber 2020 ini kami dapat saat press conference Renault Triber yang telah resmi hadir di Indonesia hari ini (18/5). 

Gambar menunjukkan New Renault Kwid Climber 2020

New Renault Kwid Climber telah dipajang di salah satu diler Renault

Ubahan Signifikan

Gambar menunjukkan head unit di New Renault Kwid Climber 2020

Kwid terbaru ini memiliki layar infotaiment lebih lebar 1 inch dari pendahulunya

New Renault Kwid Climber ini layak ditunggu karena memiliki tampilan baru dan memberikan banyak ubahan desain di eksterior, selain itu penambahan fitur pada sistem hiburan dengan adanya sistem infotainment layar sentuh Medianav Evolution 8 inci yang mampu terhubung dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Serta fitur keselamatan aktif seperti disematkannya dual SRS Airbag dan rem ABS menjadikan Renault Kwid terbaru ini layak untuk ditunggu. 

Foto Renault Kwid 2016

Renault Kwid sebelum major facelift

>>> Renault Triber Dijual Murah, Ini Komentar Para APM

Impresi Tim Cintamobil Terhadap Renault Kwid

Foto mesin 3 silinder 1000 cc Renaut Kwid 2016

Mesin 1.000 cc 12 katup 3 silinder segaris terasa cukup bertenaga

Sebelumnya, kami sudah pernah merasakan Renault Kwid dengan mengusung transmisi manual 5-percepatan. Mesin 3-silinder dengan 4 buah katup pada masing-masing pistonnya cukup memberikan akselerasi yang positif. Hal tersebut dikarenakan bobot mobil mungil ini tidak sampai 800 kilogram, yang mana itu sangat ringan sekali untuk mobil bermesin dibawah 1 liter. Hal ini membuat power to weight ratio dari Renault Kwid ini begitu memadai.

Foto Ilustrasi perpindahan gigi di Renault Kwid 2016

Pindah gigi terasa kurang presisi

>>> Rapor Merah Penjualan Mobil di Indonesia, Terburuk dalam 15 Tahun Terakhir

Meski transmisi manual 5 percepatannya minim powerloss. Namun, kami kurang menyukai "rasa" perpindahan giginya yang terasa agak loose alias kurang mantab. Makanya, kami berharap agar Maxindo Renault Indonesia memasukkan New Renault Kwid Climber dengan transmisi Automated Manual Transmission (AMT). Meski transmisi AMT sebenarnya adalah transmisi manual yang "diotomatiskan". Tapi setidaknya pengaturan pindah gigi oleh aktuator dan komputer akan lebih presisi.

Foto ban dan pelek 3 baut di Renault Kwid 2016

Sayang Kwid terbaru tetap menganut format tiga baut

Satu hal lagi yang disayangkan adalah pada keempat rodanya masih mengusung pelek dengan tiga baut. Alasan Maxindo Renault Indonesia adalah karena Kwid hadir sebagai mobil yang kompak, sehingga untuk mengurangi biaya produksi masing-masing pelek terikat ke roda hanya melalui tiga buah baut. Lantas bagaimana impresi New Renault Kwid 2020? Tunggu tes lengkapnya di Cintamobil.com.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap selalu ada di sini 

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top