New Audi A5 Sportback Meluncur, Sports Car untuk Anak Muda Perkotaan

09/06/2021

Mobil baru

3 menit

Sedan bergaya sporty ini akhirnya diperkenalkan di Indonesia. New Audi A5 Sportback akan menawarkan teknologi baru dan ubahan desain yang lebih maskulin.

Menyusul A5 Sportsback yang diperkenalkan di Indonesia akhir tahun lalu, PT Garuda Mataram Motor akhirnya resmi membawa sedan premium mereka ke Indonesia. Audi A5 Sportback menawarkan teknologi baru dan performa menawan, dikembangkan untuk generasi muda yang menginginkan rasa berkendara maksimal.

Ubahan tengah generasi

Ubahan terbaru dari New Audi A5 Sportback merupakan improvement model, mengingat perbedaan yang diberikan tak terlalu signifikan. Walaupun bisa disebut dengan model facelift. Sebagian besar dalam hal desain dan sedikit tambahan teknologi untuk peningkatan rasa berkendara.

Menariknya, pihak Audi sendiri menyebutkan bahwa mobil ini tanpa pesaing laingsung. Karena model sports car kompak bergaya sportsback atau liftback ini ada di pasar otomotif Tanah Air.

mobil baru Audi A5 Sportback berwarna abu-abu
Kesan sporty khas Audi terpampang pada Audi A5 Sportback

Secara kasat mata, terlihat perbedaan yang signifikan terhadap bagian depan dan belakang. Mulai dari grille baru lengkap dengan aksen chrome dari S-Line Package miliki Audi serta desain baru pada lampu depan. Di bagian bawah, mobil ini tak memiliki foglamp karena lampu depannya sudah dilengkapi dengan LED Matrix

Sisi sampingnya terkesan minimalis dipadukan dengan lekukan mulus dan kesan sleek hingga ke belakang. Velg 18-inci 5-spoke membawa kesan sporty pada mobil ini. Dan tak ketinggalan ada S-Line Package dengan silver finish dan knalpot palsu sebagai pelengkap di bagian belakang.

>>> Mobil Listrik Audi Punya Daya Jelajah Makin Jauh

Kabin premium dan elegan

Masuk ke dalam kabin, pengendaraan bergaya sporty terasa dari bangku pengemudi yang dibuat rendah. Multimedia system lebih canggih serta kontrol unit AC tiga zone untuk kenyamanan berkendara di dalam kabin. Audi Virtual Cockpit merupakan pusat dari semua sistem hiburan bisa ditemukan pada layar sentuh 12.3 inci yang ada di bagian tengah dashboard.

interior Audi A5 Sportback berwarna hitam
Ruang kabin yang elegan penuh dengan fitur menarik

Ada cup holder di depan dan bangku baris kedua, termasuk ruang penyimpanan tertutup yang tersembunyi di bagian tengah bangku baris kedua. Mengingat mobil ini fokus pada pengendaraan, sayang bagian belakangnya dibuat pas-pasan. Ruang kaki dan ruang kepala untuk baris kedua sudah cukup untuk tinggi rata-rata penduduk Indonesia, meski bisa dibilang tak terlalu lega.

Tapi menariknya, ruang bagasi yang ditawarkan cukup luas, mengingat model ini mengusung tema liftback dimana ruang bagasi yang tersambung dengan kabin. Ada ruang 465 liter yang cukup besar dan bisa ditambah dengan merebahkan kursi baris kedua.

>>> Akibat Kebijakan Emisi Euro 7, Audi Mulai Stop Bikin Mobil Mesin Konvensional

Keunggulan performa dan rasa berkendara

Dengan tampilannya yang sleek dan aerodinamis, performa yang mumpuni adalah salah satu daya tarik mobil. Berbekal mesin 2.0 liter 4-silinder bertenaga turbo, A5 Sportback menghadirkan tenaga puncak hingga 190 hp pada 4.200 rpm dipadukan dengan torsi maksimal 320 Nm pada putaran 1.450 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi 7-percepatan Dual Clutch (DCT).

Sedangkan model penggerak empat roda atau quattro pada A5 bisa ditemukan pada varian Sportback dan Coupe. Masih dengan mesin 2.0 liter yang sama, namun ada perbedaan pada keluaran tenaga dan torsi. Kedua model quattro sama-sama menghasilkan tenaga maksimal 245 hp dan torsi puncak 370 Nm.

fitur Audi A5 Sportback berwarna hitam
Teknologinya menawan, walaupun masih ada beberapa kekurangan

Sayangnya dengan semua kemewahan dan teknologi yang ditawarkan, masih ada beberapa fitur yang kurang jika dibandingkan dengan pesaingnya. Salah satunya adalah fitur Cruise Control yang masih standar. Belum ada fitur adaptif seperti kebanyakan mobil baru saat ini.

Tentu saja dengan semua kemewahannya, harga Audi A5 Sportback 2021 dibanderol mulai dari Rp 1.248.000.000 (off the road). Namun Anda bisa menambah berbagai fitur dan aksesoris yang akan disematkan pada A5 Sportback ini, termasuk lima pilihan warna eksterior dan dua warna interior. 

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top