New Audi A3 Sportback Resmi Mendebut, Tawarkan Banyak Hal Baru

04/03/2020

Mobil baru

5 menit

New Audi A3 Sportback Resmi Mendebut, Tawarkan Banyak Hal Baru
New Audi A3 Sportback resmi mendebut di Geneva International Motor Show 2020. Ada banyak hal baru pada mobil kompak mewah besutan Audi ini. Baik dari sisi eksterior, interior maupun mesinnya.

Audi memperkenalkan mobil barunya yaitu New A3 Sportback ditengah-tengah acara Geneva International Motor Show (GIMS) 2020. Generasi keempat dari Audi A3 ini menggunakan desain baru untuk bagian eksterior dan interiornya.

Meskipun dibuat lebih besar dibanding generasi sebelumnya, namun Audi tetap mempertahankan dimensi kompak pada New A3 Sportback. Audi pun percaya, jika model ini mampu jadi pesaing tangguh BMW Seri 1 ataupun Mercedes-Benz A-Class.

1. Eksterior Agresif

Gambar mobil Audi A3 Sportback 2020 berwaran biri dilihat dari sisi depan

Eksteriornya berubah jadi lebih agresif

New Audi A3 Sportback hadir lebih panjang 170 mm dan lebih lebar 71 mm dari generasi sebelumnya. Sisi luarnya memiliki bahasa desain baru yang terlihat lebih agresif. Siluet bodinya bahkan menurut tim Cintamobil.com sedikit mirip dengan Golf.

Beberapa hal baru di model ini diantaranya pemakaian daytime running light, serta headlamp menggunakan LED. Lalu ada juga penggunaan velg pilihan 16 inci sampai 19 inci. Ada juga pilihan tipe suspensi yang membuat bodi lebih rendah demi mengejar pengendalian yang progresif.

>>> Belum Rilis, Audi RS Q8 Sudah Jadi Raja Nurburgring

2. Interior Pakai Bahan Daur Ulang

Gambar interior dari mobil Audi A3 Sportback 2020

Pelapis jok kabarnya pakai bahan daur ulang

>>> Harga Audi A3 2017: Hatchback Mungil yang Ekonomis, Spesifikasi dan Review Lengkap

Hildegard Wortmann, Board Member Sales & Marketing Audi menyatakan jika perubahan bukan hanya pada bagian luar mobil. Namun yang menarik juga ada pada sisi interior New Audi A3 Sportback. "Untuk pertama kalinya kami memperkenalkan interior dari bahan botol daur ulang," katanya disela debut New A3 Sportback melalui virtual conference GIMS 2020.

Sementara itu layout dasboard juga dibuat lebih impresif dengan banyak sekali nuansa kokpit dari Lamborghini. Meskipun tidak serumit kokpit hypercar itu, tetapi desain kabin A3 Sportback terbaru ini benar-benar memberikan nuansa yang berbeda dibanding sebelumnya.

Apalagi kini disisipkan digital instrument cluster 10.25 inci pada sisi pengemudi, dan sistem infotainment layar sentuh 10.1 inci di bagian tengah dashboard. "Sistem konektifitas adalah hal yang penting bagi konsumen A3 kami. Sehingga kami menggunakan Car-to-X communication di mobil ini. Itu memungkinkan Anda bisa berkomunikasi dengan banyak hal diluar sana, seperti misalnya mencari slot parkir kosong di dalam gedung," lanjut Hildegard.

>>> Tanpa Kamuflase, Tampilan Baru Facelift Audi A3 2020 Tertangkap Kamera

3. Mesin yang Lebih Efisien

Gambar sebuah mobil Audi A3 Sportback 2020 berwarna biru dilihat dari sisi belakang

Mesinnya diklaim lebih hemat bahan bakar, serta akan tersedia varian plug-in hybrid

>>> Cari mobil bekas Audi yang berkualitas namun harga terjangkau ada disini

Mengikuti tren downsizing engine, New A3 Sportback juga memakai mesin dengan kapasitas silinder yang mengecil. Pilihan mesinnya ada 1.5-liter Turbocharged berdaya 150 hp, dan varian TDI yang memakai mesin diesel 2.0-liter.

Konsumsi bahan bakarnya diklaim hingga 3,5 liter / 100 km. Selain itu Audi juga menyediakan A3 Sportback plug-in hybrid dengan dua pilihan tenaga. Tapi buat pecinta kecepatan, Hildegard menjanjikan bakal ada New Audi A3 Sportback versi super sport. Wow!

>>> Berita otomotif paling update bisa Anda baca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top