Nama Honda City Hatchback Muncul di Situs Samsat, Segera Meluncur?

04/01/2021

Mobil baru

3 menit

Nama Honda City Hatchback Muncul di Situs Samsat, Segera Meluncur?
Nama Honda City Hatchback muncul di laman Samsat Pajak Kendaraan Bermotor. Inikah tanda bahwa hatchback terbaru itu bakal segera mengaspal di Indonesia?

Honda City Hatchback turut menjadi bahan perbincangan di Indonesia usai meluncur di Thailand. Belum habis sampai di situ, usai peluncurannya mencuat rumor bahwa hatchback itu dispekulasikan menjadi pengganti Honda Jazz. 

Rumor Honda Jazz digantikan oleh City Hatchback di Indonesia ini muncul usai produsen berlogo H tersebut tak menunjukan gelagat untuk memboyong versi terbaru dari hatchback andalannya itu.

>>> Sinyal Positif Kehadiran City Hatchback di Indonesia

Ada 2 Tipe Terdaftar

Honda City Hatchback

Ada 2 tipe yang terdaftar di laman Samsat PKB Jakarta

Memasuki tahun 2021, sinyal kehadiran City Hatchback di Indonesia kian kuat. Kali ini nama Honda City Hatchback muncul di laman Samsat Pajak Kendaraan Bermotor Jakarta. Di situ tercantum ada dua City Hatchback tertulis City HB yakni 1.5 L RS tipe CVT dan juga MT. 

Untuk Honda City Hatchback 1.5 RS CVT tertulis memiliki Nilai Jual Rp 221 juta, sedangkan City HB 1.5 RS MT nilai jualnya sedikit lebih murah yakni Rp 213 juta. Tapi perlu dicatat informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) ini bukanlah jaminan harga mobil sebenarnya. 

Honda City Hatchback

Tertulis dalam 'City HB'

Sebelum nama City Hatchback muncul di laman Samsat, PT Honda Prospect Motor telah memberikan sinyal positif kehadirannya. 

"Kalau dilihat market hatchback, City Hatchback desainnya sporty sesuai DNA Honda cocok banget dengan konsumen sini, tapi balik lagi apakah diluncurkan atau tidak kita tunggu nanti," jelas Business Inovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy belum lama ini.

>>> Akankah Honda Jazz di Indonesia Digantikan City Hatchback?

Masih Belum Bisa Dipastikan Kehadirannya

Secara desain, City hatchback ini bisa dibilang sesuai dengan karakter Honda. Bisa dilihat desain eksterior dari City Hatchback ini sangat sesuai dengan nafas sporty Honda.

Secara dimensi memang City Hatchback ini lebih pendek 159 mm dibandingkan dengan City model Sedan untuk trim RS dan 208 mm untuk tipe S+ dan SV, namun ia tetap mempertahankan wheelbase yang sama panjangnya dengan versi sedan.

Honda City Hatchback

Kehadirannya menjadi angin segar di pasar hatchback

Di Thailand, City Hatchback mengusung mesin 3-silinder 1.000 cc dengan teknologi katup variabel i-VTEC. Mesin ini punya katup ganda di masing-masing silindernya dan memiliki kode produksi mesin P10A2. Mesin dengan jumlah silinder ganjil ini juga pakai turbocharger lansiran BorgWarner buatan Amerika. Di atas kertas tenaganya dapat diperas hingga 122 HP pada 5.500 rpm dan torsi 173 Nm pada rentang 2.000 hingga 4.500 rpm.

Selain Indonesia, rumor soal Jazz digantikan City Hatchback juga menyeruak di negeri jiran Malaysia. Sayang semua hal itu masih spekulasi dan belum bisa dipastikan juga kehadirannya. 

>>> City Hatchback Meluncur Di Thailand, Indonesia Segera Menyusul

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top