Muncul 2022, Porsche Macan Listrik Mulai Jalani Uji Coba

21/10/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Muncul 2022, Porsche Macan Listrik Mulai Jalani Uji Coba
Porsche Macan listrik dijadwalkan muncul tahun 2022 menggunakan teknologi platform yang dikembangkan bersama dengan Audi. Bahkan Porsche menargetkan pad atahun 2025 mendatang, mereka sudah punya semua line up bermesin elektrik.

Porsche memang telah mengumumkan bakal memproduksi Macan versi EV (Electric Vehicle). Keseriusan pabrikan Jerman ini untuk membombardir pasar kendaraan listrik menyusul suksesnya Taycan yang juga menjadi kendaran tanpa karbon dioksida.

Macan dipilih Porsche untuk model mobil listrik selanjutnya lantaran penjualan SUV (Sport Utility Vehicle) ini yang begitu sukses dipasaran. Terhitung dipasarkan sejak 2014, untuk tahun lalu saja Porsche sudah membukukan penjualan model Macan sebanyak 99.944 unit.

Model yang tetap sporty dengan kemewahan serta kenikmatan berkendara khas Porsche tetapi harganya paling murah dari jajaran lini produk pabrikan tersebut, membuat Macan begitu diminati. Sehingga pabrikan ini yakin untuk memproduksi Porsche Macan listrik dalam waktu dekat. Persiapannya pun sudah diklaim cukup matang dan unit yang akan dipasarkan diketahui sudah melakukan uji jalan.

>>> Porsche Berencana Perkenalkan Macan Bertenaga Listrik dengan Daya 700 Tenaga Kuda

Platform Porsche Macan EV Dikembangkan Bersama dengan Audi

Porsche Macan EV Spyshoot

Macan EV yang tertangkap kamera sedang jalani uji coba (Foto: Autoevolution)

Dikutip dari Autoevolution, Selasa (21/10/2020), Porsche telah mengumumkan kalau Macan EV adalah kendaraan bertenaga listrik murni, bukan hybrid. Model Porsche Macan listrik ini akan menggunakan Premium Platform Electric yang dikembangkan bersama dengan Audi.

Porsche mengungkapkan kalau mobil listrik berbasis Macan itu dijadwalkan muncul perdana pada tahun 2022. Bahkan perusahan Jerman tersebut menegaskan, kalau target mereka adalah memiliki semua line up mobil listrik pada tahun 2025. Ini dikarenakan Porsche yakin, penjualan mobil listrik di masa depan akan terus meningkat.

>>> Daftar Mobil Listrik Murah yang Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Porsche Macan Listrik Sudah Mulai Jalani Uji Coba

Porsche Macan EV test

Bentuknya mirip Cayenne namun lebih kecil (Foto: Autoevolution)

>>> Review Porsche Macan 2019: Namanya Terinspirasi Dari Indonesia?

Apa yang digembar-gemborkan Porsche memang bukan isapan jempol semata. Karena mobil listrik ini terpantau sudah menjalani serangkaian uji coba di Jerman. Sosoknya digambarkan seperti Cayenne namun dengan ukuran yang lebih kecil. Kemiripan ini terlihat dari bentuk lampu utama, bonet, dan bemper depan.

Sementara pada bagian bemper belakang terlihat ada aksen chrome seperti lubang knalpot yang diprediksi akan jadi aksen pemanis saja. Sementara soket charger baterai listrik akan ditempatkan pada seperempat bagain belakang sisi penumpang, bukan di atas fender depan seperti soket charger pada Porsche Taycan.

Porsche memang belum memberikan informasi apapun terkait kapasitas baterai maupun kekuatan motor dari Macan listrik. Pernah ada yang menyebut, kalau Macan EV akan memiliki motor listrik bertenaga sampai 700 hp. Tetapi hal ini belum dibenarkan oleh pihak Porsche secara tegas. Selain itu sejumlah pihak memprediksi pula kalau versi EV ini akan muncul bersamaan dengan facelift Porsche Macan berikutnya yang tetap hadir dengan varian mesin bensin.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top