Hyundai Staria Pesaing Alphard Diluncurkan, Harga Mulai Rp 880 Juta

20/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Setelah meluncur di negara asalnya, akhirnya Hyundai Staria diluncurkan di Indonesia pada Jum'at (20/8). Sekarang, mari kita berkenalan dengan MPV premium ini.

Dengan tagline 'Larger than Life', Hyundai Staria hadir dengan desain futuristik bak pesawat luar angkasa. Tentu dengan peluncuran mobil ini menjadi angin segar untuk segmen Big MPV premium yang selama ini didominasi Toyota Alphard yang sudah membutuhkan major facelift.

Dirancang untuk memberikan pengalaman perjalanan keluarga yang lengkap dan memenuhi kebutuhan aktivitas para pelaku bisnis, Hyundai Staria memberikan pengalaman berkendara yang lebih akomodatif, produktif, dan menyenangkan.

Desain mobil ini terinspirasi dari lengkung cahaya yang menerangi langit saat matahari terbit jika dilihat dari luar angkasa. Hal ini merefleksikan tanggapan Hyundai terhadap transisi kebutuhan konsumen yang dinamis dan berorientasi masa depan.

Gambar Peluncuran Hyundai Staria

Peluncuran Hyundai Staria dilakukan secara virtual pada Jum'at (20/8)

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) membawa dua tipe ke Staria ke Tanah Air, yaitu Signature 7 dan Signature 9. Mobil dengan julukan 'Alphard Killer' ini ditawarkan dalam empat pilihan warna, yaitu Creamy White, Abyss Black Pearl, Graphite Gray Metallic, dan Simmering Silver Metallic.

>>> Menimbang Peluang Persaingan Hyundai Staria

“Staria bukan hanya sebuah produk inovatif untuk mendukung kebutuhan mobilitas pelanggan, tetapi juga memungkinkan mereka untuk mendapatkan akses kenyamanan maksimal untuk mendukung aktivitas yang produktif dan berharga," ujar SungJong Ha, Presiden Direktur HMID.

Hanya Tersedia Dalam 1 Varian Mesin dan Transmisi

Di negara asalnya, Hyundai Staria ditawarkan dalam 2 pilihan mesin, yaitu mesin bensin Smartstream G3.5 3,5 liter V6 dan mesin diesel R II CRDi 2,2 liter 4-silinder. Serta 2 pilihan transmisi, yaitu manual 6-percepatan dan 8-percepatan.

Gambar Mesin Hyundai Staria

Hanya tersedia dalam 1 pilihan mesin dan transmisi untuk pasar Indonesia

"Kalau secara global memang ada dua pilihan mesin, namun dari Hyundai Motor Corporation sendiri setelah melihat dengan berbagai pertimbangan dan akhirnya menentukan bahwa pasar indonesia mendapatkan varian mesin diesel saja," ungkap Bonar Pakpahan, Product Expert HMID.

Seperti yang kami sebutkan di atas, Staria hadir dalam dua tipe yaitu Signature 7 sebagai versi 7-penumpang, dan Signature 9 yang dapat memuat hingga 9 penumpang.

"Memang sebelum launching kita melakukan sudah analisa dan survey, setelah melakukan survey tersebut kami menyimpulkan bahwa yang cocok untuk diluncurkan di indonesia adalah Staria Signature 7 dan 9. Targetnya adalah untuk pengusaha-pengusaha muda, yang bisa melakukan segala aktivitas office di dalam mobil. Kita juga melihat ada kebutuhan untuk keluarga yang lebih besar," ujar Makmur, COO HMID.

Hyundai Staria dilengkapi dengan fitur infotainment unggulan untuk mendukung kenyamanan berkendara, yaitu dengan head unit floating 10,25 inci, serta sistem audio 12-speaker premium lansiran Bose.

>>> Adu Spesifikasi Hyundai Staria vs H-1, Siapa Lebih Unggul?

Gambar Head Unit Staria

Fitur infotainment didukung layar head unit 10,25 inci dengan audio premium dari Bose

Tak ketinggalan, Staria juga dibekali dengan fitur keselematan unggulan seperti Forward Collision-Avoidance Assist, Blind-spot Collision-Avoidance Assist, Blind-sport Collision Avoidance Warning, Safe Exit Assist, Safe Exit Warning, Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist, Rear Cross-Traffic Collision Warning, dan Lane Keeping Assist.

MPV besar ini juga memiliki Surround View Monitor yang memberikan pandangan 360 derajat ke seluruh kendaraan, sehingga memudahkan pengemudi untuk memarkir kendaraan, terutama di area yang relatif sempit.

Dijual Mulai Rp 880 Juta

Hyundai Staria dibanderol dengan harga Rp 880 juta (On-the-Road Jakarta) untuk tipe Signature 9, dan Rp 1,02 miliar (On-theRoad Jakarta) untuk tipe Signature 7.

Gambar Hyundai Staria

Staria Signature 9, dibanderol Rp 1,02 miliar

Selama pandemi, Hyundai akan memberikan fasilitas pembelian secara online melalui fitur Cl!cktoBuy yang bisa Anda akses di sini. Tak hanya pembelian, Anda juga bisa menjadwalkan sesi test drive Hyundai Staria di dealer terdekat.

Bagi pembeli Staria, Hyundai menawarkan garansi 3 tahun atau 100.000 kilometer, gratis perawatan rutin selama 5 tahun atau 75.000 kilometer, dan gratis suku cadang selama 3 tahun atau 45.000 kilometer. Anda juga dapat menikmati pelayanan road assistance 24 jam yang siap membantu Anda jika ada masalah teknis di perjalanan.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top