Modifikasi Toyota Hilux, Pick Up Monster Bermesin S63 AMG

29/05/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Modifikasi Toyota Hilux, Pick Up Monster Bermesin S63 AMG
Modifikasi Toyota Hilux yang dilakukan Quentin dari Afrika Selatan ini terbilang ekstrim namun boleh juga ditiru. Hal ini lantaran ia berhasil menjejalkan meisn S63 AMG ke tubuh Toyota Hilux.

Sebuah pick up kabin ganda seperti Toyota Hilux, sejatinya diciptakan sebagai mobil pekerja keras untuk medan-medan jalan yang berat, misalnya di pertambangan atau perkebunan. Karenanya modifikasi yang dilakoni kebanyakan pengguna mobil ini adalah dengan meninggikan suspensi dan juga mengganti ban menggunakan profil tapak yang kasar.

>>> Modifikasi Honda S2000, Pinky Bermesin Dodge Viper

Namun beda dengan modifikasi Toyota Hilux yang satu ini. Alih-alih tampil gagah layaknya mobil offroad sejati, pick up lansiran Toyota ini malah tampil rendah, menggunakan velg berukuran besar, serta sebuah monster yang bersembunyi dibalik kap mesinnya.

Jejalkan Mesin Mercedes-Benz S63 AMG

Emblem Toyota Hilux AGMHLUX

Emblem 6.3 AMG jadi jati diri baru Hilux ini

Cukup ekstrim langkah yang dilakukan Quentin Boyland, sang empunya mobil pengangkut ini. Dijuluki "AMG HLUX", ternyata ia sukses membenamkan satu set mesin Mercedes-Benz S63 AMG ke dalam ruang mesin Hilux. Kalau lantas Anda berpikir kok bisa mesin Mercedes masuk ke mobil Jepang? Jawabanya bisa, ini buktinya!

>>> Temukan promo dan diskon mobil baru Toyota yang paling lengkap dan paling menarik disini

Quentin sendiri memiliki bisnis pemasok suku cadang Toyota di Pretoria, Afrika Selatan. Sehingga ia hafal betul setiap hal mengenai komponen Toyota. Dan suatu saat ini membeli sebuah Mercedes-Benz S63 AMG dalam keadaan rusak. Namun ia menyadari kondisi mesin dari sedan papan atas Jerman itu masih dalam kondisi sempurna.

Ide gila Quentin pun muncul yaitu bagaimana jika mesin yang tak terpakai itu dimasukkan pada salah satu mobil Toyota. Hasilnya, model Hilux yang ia pilih.

Mengaku Tidak Menemukan Banyak Kesulitan

S63 AMG engine on Toyota Hilux

Mesin S63 AMG terparkir sempurna di bonet Toyota Hilux

Dilansir dari Speedhunters, Quentin menilai untuk membongkar mesin M156 6.2-liter V8 dari S63 AMG ke ruang mesin Toyota Hilux tidaklah sulit. Bagian yang cukup memakan waktu saat proses modifikasi Toyota Hilux ini hanya pada mendesain saluran header knalpot karena terbatasnya ruang mesin.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas yang terlengkap dan termurah ada disini

Hal yang cukup sulit malah muncul ketika tenaga 518 hp dari mesin S63 AMG ingin ditingkatkan menjadi 550 hp oleh Quentin. Ia pun mempercayakan MoTec M150 ECU untuk melakukan rekayasa elektronik di ruang mesin tersebut. Nyatanya settingan ini tidak sesuai lantaran mesin masih memakai gearbox bawaan S63.

Kemudian Quentin pun mengganti kopling bawaan Mercedes-Benz dengan gearbox Toyota GD6 6-speed. Tapi lagi-lagi hal ini tidak berhasil. Lantas dicoba dimasukkan kopling D4D yang tanpa disangka malah menyelesaikan sedikit masalah. Lantas Quentin pun mencoba menggandakan piringan kopling ini. Alhasil, mesin mampu berkerja sempurna.

Karena modifikasi Toyota Hilux ini dari sektor mesin sudah sempurna, maka fokus selanjutnya beralih ke bagian kaki-kaki. Quentin memilik velg A-Line 20 inci dipadukan ban 274/40/R20. Sadar tenaga mesin sudah jauh lebih liar, maka piranti pengereman pun diupgrade dengan mempercayakan milik VW Golf.

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya dari seluruh dunia ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Modifikasi BMW M8 Competition Coupe 2020 yang Lebih Buas Racikan Manhart

16/05/2020

Mobil baru

5 menit

Manhart melakukan modifikasi BMW M8 Competition Coupe 2020 yang berfokus pada sektor mesin. Mobil ini pun sekarang mampu meluapkan daya puncak lebih dari 800 hp dengan torsi di atas 1.000 Nm.

Lihat juga

Modifikasi Toyota GR Supra HyperBoost Edition, Full Serat Karbon Bertenaga 750 Hp

08/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Toyota GR Supra HyperBoost Edition merupakan hasil modifikasi dari mantan pembawa acara Top Gear Amerika. Hampir semua bodi mobil ini menggunakan bahan serat karbon dan tenaganya sudah mencapai 750 hp.

Lihat juga

Paket Modifikasi Suzuki Jimny Black Bison Edition dari Wald, Hapus Wajah Aslinya

13/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Suzuki Jimny Black Bison Edition merupakan modifikasi Suzuki Jimny terbaru dari Wald. Penampilannya jauh lebih agresif dibandingkan Jimny standar. Tertarik?

Lihat juga

Review Toyota Hilux D Cab 2017, D-Cab Nan Jinak

24/05/2018

Editor rate:

Pasti banyak orang yang enggak percaya, Toyota Hilux 2.4 V A/T 2017 adalah mobil yang mudah untuk ditaklukkan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan lebih lengkap dalam review Toyota Hilux D Cab 2017.

Lihat juga

Harga mobil Hilux: Daftar Harga Toyota Hilux & Promo Terbaru 2020

01/11/2020

Toyota

Mulai tahun 1968, Toyota Hilux menjadi salah satu model yang terus diberikan pembaruan menarik hingga mencapai generasi kedelapan pada tahun 2015 lalu. Baru-baru ini juga ditawarkan performa mesin baru yakni 2GD-TV untuk varian Single Cabin. Berikut daftar harga Toyota Hilux terbaru.

Lihat juga
 
back to top