Modifikasi MINI Klasik Pakai Mesin Kawasaki Ninja

21/08/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Modifikasi MINI Klasik Pakai Mesin Kawasaki Ninja
Modifikasi MINI klasik yang satu ini cukup ekstrim, karena selain bodinya yang berubah drastis, mobil ini juga menggunakan mesin dari sebuah motor Kawasaki Ninja.

Biasanya modifikasi ekstrim dilakukan dengan menukar mesin standar menggunakan mesin mobil lain. Istilah modifikasi ini sering disebut swap engine. Namun ada yang beda dengan modifikasi MINI klasik yang satu ini.

Alih-alih memakai mesin mobil lain bertenaga luar biasa, mobil yang terkenal karena dipakai dalam karakter film Mr Bean itu malah dipasangi mesin Kawasaki Ninja. Bagaimana hasilnya? Kita telaah sedikit hasil modifikasi AMT Machine Shops dari Vancouver, Amerika Serikat (AS) berikut ini.

>>> Nuansa Nostalgia MINI Electric Klasik dengan Teknologi Masa Depan

Modifikasi MINI Klasik Ini Gunakan Mesin Kawasaki Ninja

Bagian depan modifikasi MINI klasik

Mesin Kawasaki Ninja di mobil ini ditempatkan di jok belakang

Dikutip Cintamobil.com dari Motor1, Jumat (21/08/2020), Adam dari AMT Machne Shops memilih mesin Kawasaki Ninja yang kemudian diletakkan di tengah. Kemudian ia mengubah sistem penggerak mobil jadi rear-wheel drive (RWD). Mengingat keterbatasan ruang di bagian belakang mobil ini membuat Adam harus kreatif saat memasang mesin baru pada unit modifikasi MINI klasik ini.

Alhasil ia harus membobok firewall sehingga antara bagian ruang kemudi dan ruang mesin tak ada lagi pembatas. Sementara bagian depan mobil bertugas untuk menempatkan beberapa pelumas sistem pendingin mesin serta tangki bahan bakar.

Yang menarik Adam masih mempertahankan gearbox bawaan dari Kawasaki Ninja tersebut. Selain itu panel instrumen dari motor ini juga dipasang pula menggantikan panel speedometer asli MINI. Hanya saja perpindahan gigi sekarang menggunakan GP quick-shifter. Selain itu pada kendaraan ini juga dipasang dengan rem tangan hidrolik.

>>> MINI Hadirkan Floating Center Caps Ala Rolls-Royce

Bodi Harus Didesain Ulang

Modifikasi MINI Klasik bagasi

Begini ruang belakang MINI klasik bermesin Kawasaki Ninja

Mengingat pemasangan mesin pada modifikasi MINI klasik ini yang tak biasa, maka harus dilakukan sejumlah pembaharuan pada bagian bodi. Misalnya saja kaca belakang diubah jadi model akrilik yang ditiap sisinya diberi lubang sebagai aluran udara untuk mendukung kinerja mesin.

Kemudian kap mesin dan penutup bagasi belakang juga sudah diganti material serat karbon supaya bobot mobil semakin ringan. Selanjutnya bodykit ekstra lebar dipasang agar menutupi penggunakan velg dan ban yang juga sudah jauh lebih lebar dari ban dan velg standar MINI. Langkah itu dilakuakn agar pengendalian mobil tetap baik saat digunakan.

>>> Review MINI JCW GP 2020: Mini Paling Maxi

Berikut video dari penampakan modifikasi MINI klasik bermesin Kawasaki Ninja ini saat dites di jalanan:

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Modifikasi MINI Cooper S Aspec, Lebih Sangar Pakai Bodykit Buatan Cina

16/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi MINI Cooper S Aspec ini menggunakan paket bodykit dengan desain agresif. Bentuknya terinspirasi dari bodykit pada Lexus LFA.

Lihat juga

Inilah 6 Jeep Gladiator Modifikasi keren dari ajang Easter Jeep Safari 2019

10/04/2019

Event - Promosi

3 menit

Ajang Easter Jeep Safari 2019 merupakang ajang kumpul serta main off-road bareng yang selalu ditunggu penggila Jeep dan Off-road di Amerika. Seperti setiap tahunnya, Easter Jeep Safari juga menampilkan jip konsep modifikasi keren hasil kolaborasi Jeep dan Mopar. Khusus untuk tahun 2019, Easter Jeep Safari menampilkan Jeep Gladiator konsep modifikasi yang tetap bisa dijadikan inspirasi bagi Anda dalam memodfikasi Jeep Wrangler JK atau bahkan JL.

Lihat juga

5 Modifikasi Mobil Bekas untuk Angkat Performa

Ada sejumlah modifikasi mobil bekas yang bisa sobat lakukan untuk mengembalikan performa pengendaraan. Menariknya, modifikasi yang dilakukan tak melulu harus menyentuh sektor mesin. Penasaran apa saja?

Lihat juga

Paket Modifikasi Toyota C-HR dari Artisan Spirits, Bikin Makin Ganteng

08/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Toyota C-HR dari Artisan Spirits yang satu ini menonjolkan sisi sporty. Bodykit yang terpasang juga akan membuat mobil terlihat lebih lebar dan lebih ceper.

Lihat juga

Modifikasi Mercedes-Benz S-Class Cabriolet, Diospyros Seksi dari Carlsson

07/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Mercedes-Benz S-Class Cabriolet yang dilakukan oleh Carlsson kali ini cukup berbeda. Karena warna yang disuguhkan terlihat unik sekaligus lebih eksotis.

Lihat juga
 
back to top