Modifikasi Mercedes-Benz 450 SLC, Semangat JDM di Mobil Eropa

31/01/2020

Mobil baru

5 menit

Modifikasi Mercedes-Benz 450 SLC, Semangat JDM di Mobil Eropa
Modifikasi Mercedes-Benz 450 SLC yang satu ini cukup unik. Pada bagian eksterior dan interiornya pakai AMG, namun mesinnya malah menggunakan mesin dari Toyota.

Takahiro Higuchi memang penggemar mobil-mobil Eropa yang tidak biasa. Diantaranya ia memiliki sebuah Mercedes-Benz 450 SLC. Namun sepertinya, spirit mobil Jepang tetap melekat pada pria berprofesi sebagai dokter gigi itu.

Ia pun melakukan modifikasi Mercedes-Benz 450 SLC kesayangannya dengan beberapa atribut Jepang. Apa saja itu?

>>> AC Schnitzer Hadirkan Aura M3 Pada BMW 3 Series Touring Terbaru

Pakai Mesin Toyota

mesin 2JZ-GTE di Mercedes-Benz 450 SLC

Mesin 2JZ-GTE melesak sempurna di ruang bonet SLC

Menggunakan mesin 4.5-liter V8 yang menjadi standar SLC malah membuat Higuchi san merasa tidak puas. Pilihannya pun unik. Alih-alih menggunakan tuner AMG yang biasanya dijabani para modifikator Mercedes, Higuchi malah memilih mesin lansiran Toyota.

>>> Cari mobil baru Mercedes-Benz dengan promo yang paling menarik klik disini

Mercedes-Benz 450 SLC back

Terlihat simpel dari luar

Ia mempercayakan mesin 2JZ-GTE berkapasitas 3.0-liter yang ditambah turbo. Mesin ini memang jauh lebih kecil dari mesin standar SLC, namun tetap punya daya lebih besar. Menariknya, ruang mesin SLC ternyata fit dengan mesin 2JZ. Menyisakan sedikit ruang ditepi kanan, digunakan untuk meletakkan turbo TD06. Hasilnya, tenaga yang awalnya ada dikisaran 222 hp melonjak jadi 450 hp.

Pakai Beberapa Aksesori AMG

Mercedes-Benz 450 SLC interior

Beberapa part AMG juga dipakai di mobil ini

Saat kap mesin tertutup, tiada yang menyangka mobil Eropa ini sudah berdarah Jepang. Apalagi modifikasi yang dijalani sang pemilik juga tidak terlalu ramai atribut Jepang. Bahkan beberapa aksesoris malah dipilih lansiran AMG. Diantaranya setir dan foglamp.

>>> Ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas dengan harga termurah disini

Untuk bagian kaki-kaki, jika Anda mengira mobil ini memakai velg AMG Penta, maka itu salah besar. Takahiro malah memakai produk besutan HWA Asteroid Wheels. HWA merupakan perusahaan yang memproduksi velg model Penta tapi dengan spesifikasi lebih lengkap. Nah yang ada di mobil ini pakai diameter 17 inci dengan lebar yang cukup agresif.

Penta HWA Wheels

Velg 17 Inci HWA sedikit masuk ke dalam fender

Kemudian velg tersebut terlihat sedikit celup hingga ke bibir fender. Ini berkat suspensi Bilstein yang membuat mobil sedikit lebih rendah tapi sangat stabil dijalan. Untuk penghenti lajunya dipilih rem Brembo Ferrari F50 dan kaliper F430 pada roda depan serta belakang.

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top